Posted by admin AC, bengkel mobil

Cara Mudah Merawat AC Mobil Agar Awet dan Dingin

cara-mudah-merawat-ac-mobil

Ada Cara Mudah Merawat AC Mobil agar lebih dingin dan awet. Jika AC mobil dalam kondisi bagus, maka  kegiatan berkendara menjadi lebih nyaman hingga berpergian jarak jauh.

Sebab itu, komponen AC mobil menjadi perangkat wajib harus ada di dalam setiap kendaraan roda 4 dalam menjawab kebutuhan konsumen yang beraneka ragam.

Cara Mudah Merawat AC Mobil

Untuk Cara Mudah Merawat AC Mobil agar lebih dingin dan awet, sebaiknya sobat perlu lakukan hal dibawah ini jika;

  • Karpet mobil dan filter kabin kotor

Kondisi karpet yang kotor dapat mengakibatkan evaporator juga kotor dan lambat laun akan berlendir. Hal ini dikarenakan debu atau kotoran jenis remah makanan yang ada dikarpet akan tersedot oleh blower AC Mobil, bahkan mobil keluaran terbaru yang mempunyai filter kabin.

Perlu diketahui bahwa filter kabin tidak dapat menyaring semua kotoran yang ada, sifatnya hanya meminimalisir kotoran yang tersedot. Filter kabin juga perlu diperiksa kebersihannya, sebaiknya diganti setiap 1 tahun sekali tergantung kondisi filter tersebut.

Namun, jika kurang dari 1 tahun sudah terlalu kotor, lebih baik diganti dengan yang baru.

Untuk mengatasi hal tersebut, seringlah mencuci kendaraan mobil dan karpet sobat. Selain itu juga wajib untuk membersihkan filter kabin bagian dalam mobil, juga pastikan agar kondisi AC mobil sobat selalu terjaga.

  • Menghidupkan AC pada saat suhu di mobil sangat panas

Tindakan ini seringkali dilakukan oleh pengendara mobil, alasannya supaya kondisi cepat dingin. Tetapi hal tersebut sangat tidak disarankan, sebab AC mobil akan bekerja lebih berat untuk mendinginkan ruangan di bagian kabin mobil tersebut sehingga menjadikan umur pakai dari AC mobil akan berkurang.

Sebab terjadi perubahan suhu yang drastis, akan mengakibatkan dashboard didalam kabin mobil mengalami retak-retak.

Solusinya, sobat dapat membuka jendela mobil dan menyalakan blower (hanya kipas) terlebih dahulu agar kondisi suhu dalam kabin turun dengan sendirinya. Jika sudah merasakan suasana sejuk, barulah menyalakan AC mobil.

  • Sebaiknya tidak menyalakan AC mobil saat RPM tinggi

Mekipun sepele, tetapi tindakan ini dapat membuat AC mobil sobat menjadi cepat rusak, hingga kompressor untuk AC dapat terlepas. Sebab ketika RPM sedang tinggi lalu sobat menyalakan dan mematikan AC secara berulang-ulang, mengakibatkan kompresor langsung menerima tekanan besar dari mesin hingga dapat terlepas dari tempatnya.

Tentu sangat berbahaya bukan?

Sobat dapat menghidupkan dan mematikan AC mobil pada saat RPM berada di titik rendah, contohnya jika sedang dilampu merah atau ketika berkendara dengan kecepatan rendah. Hal tersebut akan menjadikan magnetic clutch kit dan bagian kompresor lain tidak  sontak kaget menerima daya besar dari mesin.

Dokter Mobil,
Jalan Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 08788088457

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *