Posted by Intan Mobil Tips Mudik 2019

Panduan Singkat Cara Mudik Bawa Mobil Sendiri Bagi Pemula

Meningkatnya Jumlah Orang yang Mudik Bawa Mobil Ternyata Belum Diimbangi Kesadaran untuk Mengecheck Kondisi Mobil Sebelum Berangkat
Mendekati akhir tahun 2019 ini jumlah orang yang hendak mudik bawa mobil meningkat tajam. Sayangnya banyak yang hanya modal nekat. Pulang ke kampung halaman tanpa memperhatikan terlebih dahulu kondisi mobil. Akibatnya masalah-masalah yang muncul selama di perjalanan tidak bisa diatasi dengan baik.
Mudik tinggal menghitung beberapa hari bagi masyarakat perkotaan. Hanya di Indonesia, mudik juga sudah menjadi momen tradisi masyarakat urban untuk pulang ke kampung halaman melepas rindu sana keluarga selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Apakah anda salah satunya?
Mudik bawa mobil pribadi masih menduduki posisi teratas sebab dinilai lebih fleksibel, nyaman, dan hemat untuk memboyong keluarga sebanyak 4-5 orang. Ingin mencoba pulang kampung atau melakukan perjalanan jauh dengan mobil kesayangan? Yuk ikuti beberapa tips berikut ini.

Tips Mudik Bawa Mobil Pribadi Bagi Pemula

Tips Mudik Bawa Mobil Pribadi Bagi Pemula
Untuk anda yang ingin mudik, mimin domo akan hadirkan tips mudik dengan mobil bagi pemula. Yuk simak tips berikut ini;

1. Periksa Kondisi Mobil Sebelum Berangkat

Ini wajib banget. Sebelum berangkat mudik, periksa semua bagian kendaraan mulai dari AC mobil, oli, bahan bakar, rem, lampu-lampu, ban, radiator, suspensi dan lainnya.

Pastikan mobil dalam keadaan baik dan siap untuk dikemudikan. Jika terdapat kendala atau gejala masalah, segera lakukan penanganan tepat salah satunya dengan membawa ke bengkel mobil specialist terpercaya. Dokter Mobil solusinya !

2. Pahami Kode atau Lambang Kendaraan

Sebelum ngaciirrr berangkat mudik, alangkah baiknya anda perlu perhatikan kode-kode tertentu yang terdapat pada mobil. Ambil contoh keberadaan posisi tangki BBM. Setiap mobil memiliki posisi tangki yang berbeda-beda, entah di kiri atau di kanan.

Untuk bisa mengetahuinya, cukup melihat pada layar speedometer anda. Dalam simbol yang menyerupai tangki itu biasanya terdapat tanda panah di sebelah kanan atau kiri.  Jika letaknya di sebelah kanan, maka tangki bensin ada berada di kanan, begitu juga kalau ada di sebelah kiri, maka ada di sebelah kiri.

3. Mengetahui Rute Mudik

Agar tidak bingung di perjalanan, sebelum berangkat anda harus mengetahui tahu rute atau jalur mudik Anda. Termasuk juga paham harus masuk dan keluar pintu tol jalur mana jika melewati jalan tol. Pastikan saldo uang elektronik anda mencukupi, sebab kebanyakan sistem di tol sudah tidak menerima uang cash lagi.

4. Istirahat di Tempat Yang Aman

Mengemudi berjam-jam hingga seharian pasti melelahkan. Jangan paksakan diri jika sudah merasa lelah. Sebaiknya istirahat di tempat aman, misal di rest area tol, posko mudik, atau SPBU terdekat. Pastikan juga barang bawaan aman selama berisitirahat, sebab kejahatan dapat mengintai dimanapun dan kapanpun.

Saat beristirahat, manfaatkan juga untuk mengecek mobil Anda. Alangkah baiknya jika istirahat di posko mudik atau bengkel siaga yang banyak disediakan oleh APM kendaraan selama arus mudik.

5. Mudik Bawa Mobil Bukan Berarti Perlu Bawa Banyak Barang

Bawalah barang secukupnya, misal tas atau koper untuk membawa pakaian dan barang berharga lainnya. Semakin banyak beban muatan dalam mobil, tentu mempengaruhi laju kendaraan mobil, terlebih saat barang bawaan berada di atas mobil. Untuk hal ini maksimal barang bawaan 50kg di atas mobil. Jangan lupa lindungi dengan terpal atau sejenisnya agar tidak kehujanan sebab prediksi cuaca tak menentu.

Nah, ada cara yang lebih efektif. Barang yang hendak dibawa bisa dikirimkan terlebih dahulu melalui ekspedisi atau kargo.

6. Bawa Surat Lengkap Perjalanan

Terakhir, jangan lupa bawa surat-surat lengkap seperti KTP, SIM dan STNK. Hal ini sangat penting agar mobil anda aman dari razia polisi atau jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan, anda dapat menunjukkan surat-surat tersebut kepada pihak yang berwenang.

7. AC Mobil

Ingin perjalanan mudiknya terasa nyaman? Pastikan kondisi AC mobil dingin dan sejuk ya. Karena perjalanan jauh dengan AC bermasalah akan menyebabkan semua yang ada di dalam mobil cepat merasa lelah. Selain itu, emosi juga akan cepat naik.

Oleh sebab itu, pastikan untuk mengecheck kondisi AC mobil dengan sebaik-baiknya.

Nah, itulah ulasan terkait tips mudik bawa mobil sendiri bagi pemula. Mimin Domo ucapkan selamat mudik dan hati-hati dijalan. Selalu patuhi aturan rambu lalu lintas. Selalu berhati-hati sebab sanak keluarga menunggu kedatangan anda.

Mengecheck Kondisi AC Mobil Sebelum Berangkat Mudik

Melakukan perjalanan dengan membawa mobil pribadi tentu terasa membanggakan. Namun agar perjalanan tetap terasa menyenangkan walaupun perjalanan jauh dan macet maka pastikan AC mobil dalam keadaan baik. Ada beberapa hal di AC mobil yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah:

  1. Filter AC Mobil

    Kotornya filter AC bisa menyebabkan bau dari AC mobil. Selain itu, kotornya filter AC juga bisa menyebabkan AC menjadi tidak dingin, serta menyebabkan ada kotoran dan virus yang disebar.

  2. Oli Kompresor

    Melakukan pengecheckan oli kompresor merupakan salah satu tips mudik bawa mobil bagi pemula yang wajib dilakukan. Oli kompresor ini sangat penting agar AC mobil tetap dingin dan tidak jebol saat dinyalakan. Pastikan mencari tahu kapan terakhir anda melakukan ganti oli kompresor.

  3. Ada Tidaknya Hal Tidak Normal di AC Mobil

    Saking banyaknya komponen di AC mobil maka tidak heran banyak pula jenis masalah yang muncul. Nah, ada baiknya sebelum berangkat mudik bawa mobil sendiri maka check apakah ada hal-hal tidak normal pada performa AC mobil anda. Misalnya akhir-akhir ini keluar bunyi berisik, keluar hawa panas, atau sering on-off sendiri.

Dokter Mobil sebagai bengkel mobil spesialis tune UP dan AC mobil adalah Solusi Tepat Untuk Anda ! Di Dokter Mobil anda bisa mengecheck kondisi mobil secara menyeluruh dengan gratis loh.

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami. Dapatkan pengalaman pelayanan service berkualitas dan jaminan garansi hanya untukmu, DomoLovers..

Bagi anda yang tertarik untuk menservice mobilnya, dapat menghubungi atau mengunjungi Dokter Mobil di alamat :

KELAPA GADING CIBUBUR SERPONG BEKASI
Jalan Boulevard Raya Kawasan Niaga Citra Gran RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya,
Blok QJ1 No.17 Blok R6 No 6 blok Orange no.5 Depan Pintu Tol Ramp Off
Kelapa Gading Jl. Alternatif Km 4 Gading Serpong Tol Becakkayu – Pondok Kelapa
☏ (021) 2245 4429 ☏ 085817653292 ☏ 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887
WA : 087787133366 WA : 085817653292 WA : 0813-1991-2289 WA : 087887589899

Itulah beberapa tips mudik bawa mobil bagi pemula ataupun orang yang baru pertama kalinya melakukan perjalanan ini. Semoga dengan adanya informasi ini, perjalanan pulang kampung yang kita lakukan bisa berjalan dengan aman dan nyaman ya.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button