Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil tips

Cara Servis Mobil Yang Bisa Dilakukan Secara Mandiri

cara servis mobil

Cara servis mobil sebenarnya bisa anda lakukan sendiri dirumah asal mangan tahu dasar-dasarnya serta peralatan yang anda miliki lengkap. Melakukan servis sendiri memang tidak akan sebagus yang ada di bengkel. Akan tetapi, dengan melakukannya mungkin bisa jadi alternatif ketika sedang tidak punya budget untuk service ke bengkel.

Mobil yang terawat dengan baik tentu akan tetap terjaga dalam kondisi prima. Saat Anda mengendarai nya memang tidak akan udah makan lebih rapi mulai dari bahan bakar boros, AC yang tidak dingin atau bahkan kendaraan mogok tiba-tiba. Kalau Anda mengabaikan servis rutin ini, cepat atau lambat permasalahan tersebut akan dihadapi.

Cara Melakukan Servis Mobil Mandiri di Rumah

Cara servis mobil sendiri tentunya harus didukung oleh pengetahuan mengenai komponen mobil dan bagaimana cara servis mobil sendiri. Selain itu Anda juga wajib memiliki peralatan yang lengkap dalam servis ini, yang bisa anda miliki sendiri atau meminjam pada orang lain. Berikut ini adalah beberapa cara servis kendaraan mobil sendiri:

  • Gantilah Ban jika Yang Lama Sudah Usang Dan Mulai Botak

Cara servis mobil yang pertama, bisa anda lakukan pengecekan terhadap kondisi ban. Kondisi ban yang sudah botak atau licin bisa berbahaya karena bisa  bisa mengakibatkan kendaraan tergelincir. Peralatan yang diperlukan adalah kunci cadangan, ban baru, dan dongkrak. Selain itu Anda juga harus memastikan ban yang baru memang bagus dan berkualitas.

  • Mengecek Kondisi Fuse Box Dengan Rutin

Cara servis mobil berikutnya yaitu dengan arti mengecek kondisi fuse box. Apabila anda menemui beberapa komponen mobil bermasalah seperti radio, lampu, ataupun bagian komponen listrik lainnya, maka mengecek fuse box ini merupakan suatu keharusan. Namun demikian, jangan asal dalam melakukan pembongkaran bagian ini. Jika memang bermasalah, tentunya perlu dilakukan penggantian.

Baca Juga : Tips Merawat Mobil

  • Mengganti Oli Mobil Jika Sudah Waktunya

Cara servis mobil berikutnya juga jangan lupa untuk melihat kondisi oli. Idealnya, penggantian oli dilakukan setiap 5000 km. Caranya juga cukup mudah, anda menyiapkan dongkrak untuk mengangkat mobil Agar akses ke bagian bawa mobil lebih mudah. Berikutnya, kuras oli lama mobil anda dengan bersih dan kemudian diganti dengan oli yang baru. Ganti oli ini merupakan salah satu yang paling mudah dalam servis mobil.

  • Menjaga Aki Jangan Sampai Kering

Peran kelistrikan dalam mobilitas kendaraan sangatlah penting. karena itulah Anda harus mengecek secara baik dan jangan sampai aki mobil kendaraan ini kering. Periksalah secara berkala apakah air elektronik tetap tersedia. Kehabisan aki bisa berakibat fatal pada kendaraan dan mobil tidak bisa menyala.

  • Mengecek Air Radiator

Hal yang bisa dilakukan berikutnya adalah jangan lupa untuk mengecek kondisi radiator mobil. Jangan sampai oli radiator ini habis, karena bisa menyebabkan mesin mogok karena overheating. Caranya mudah, anda cukup mengeceknya apakah air masih tersedia atau tidak. Umumnya, air radiator diganti setiap 20.000 KM. Cairan yang diganti umumnya adalah coolant.

  • Mengecek Kondisi Busi

Anda mungkin mengalami mobil yang susah dinyalakan. Jika terjadi demikian, salah satu komponen yang wajib dilakukan pengecekan adalah busi. Cirinya yang mulai melemah adalah adalah terasa tidak bertenaga atau lemah dalam proses pengajuan. Umur penggantian busi umumnya setiap 45.000 km, akan tetapi sebaiknya anda mengganti sebelum menyentuh angka tersebut.

Baca Juga : AC Mobil Tiba-tiba Tidak Dingin

Kesimpulannya, cara servis mobil sebenarnya bisa anda praktekkan sendiri di rumah selama alat dan pengetahuan anda seput servis ini memadai. Bagian yang perlu anda cek meliputi ban, fuse box, oli, aki, air radiator dan busi. Semoga artikel bermanfaat bagi anda.

Tags:

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *