Posted by Intan Mobil Masalah AC Mobil Bau Busuk, Masalah AC Mobil Kurang Dingin, Masalah AC Mobil Tidak Dingin, Masalah dan Solusi Mobil

5 Ciri AC Mobil Kotor dan Bahayanya Bagi Kesehatan Kita

Waspada Ciri AC Mobil Kotor dan Bahaya yang DItimbulkan

Kita semua tentu setuju bahwa ciri AC mobil kotor adalah adanya bau tidak sedap. Namun seringkali AC mobil kotor tidak mengeluarkan bau loh. Tau-tau anda atau penumpang mobil lainnya sudah mengalami gangguan pernafasan karena ada bakteri atau kuman masuk ke saluran pernafasan.

Kok bisa? Tentu saja bisa karena AC mobil yang kondisinya kotor akan menjadi sarang tumbuhnya berbagai kuman penyakit.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mulai merawat dan membersihkan AC mobil secara berkala. Karena membiarkan kuman penyakit hanya akan mengganggu kesehatan anda dan penumpang mobil.

Fakta Dampak AC Mobil Kotor

Menurut data dari WHO, dipastikan 7 orang meninggal setiap tahun akibat polusi udara yang buruk. Apa hubungannya dengan mobil?

Perlu untuk diketahui, udara yang masuk ke dalam mobil bisa tercampur dengan bakteri, kuman, dan berbagai organisme patogen (sumber penyakit) lainnya. Menyebabkan gangguan pada organ pernafasan, masalah kulit, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

Membiarkan AC mobil semakin kotor sama artinya dengan menumpuk dan membiarkan organisme patogen untuk berkembang biak. Namun sayangnya, banyak orang yang tampak tidak sadar bahwa AC mobilnya sebenarnya dalam kondisi yang kotor dan sudah harus dibersihkan.

Ciri AC Mobil Kotor

Pada dasarnya AC mobil yang kotor itu memiliki ciri menghasilkan bau tidak sedap. Pada tingkat lebih lanjut, menyebabkan pengemudi dan penumpang menjadi cepat lelah, pusing, ataupun jatuh sakit. Terutama dalam hal pernafasan.

Selain itu, walaupun tidak ada tanda-tanda di atas, namun jika terakhir kali anda melakukan perawatan AC mobil adalah 3-6 bulan yang lalu, maka dipastikan bahwa AC mobil anda sudah kotor.

Setidaknya ada beberapa komponen yang kerap kotor dan harus dibersihkan. Komponen tersebut adalah kondensor AC mobil, evaporator AC mobil, dan filter AC mobil.

Waktu Tepat Perawatan AC Mobil

Normalnya, perawatan untuk mencuci AC menempuh kisaran waktu 3 hingga 6 bulan sekali secara berkala.

Namun kebiasaan sudah melanda sebagian pengguna mobil di Indonesia dimana selagi AC mobilnya belum menujukkan gejala maka enggan atau malas untuk merawat cuci AC mobil. Stigma inilah yang harus dilurukan oleh seluruh pengguna mobil bahwa pentingnya melakukan perawatan cuci AC mobil. Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi AC tetap prima dan bebas dari penyakit.

Baca Juga : Inilah Hal Umum Penyebab Kompresor AC Mobil Tidak Dingin

Berdasarkan tayangan diatas, terlihat jelas perbedaan antara kondisi part baru yang masih sehat dengan kondisi part yang sudah menumpuk kotoran. Kondisi tersebut diakibatkan oleh pengguna yang malas melakukan cuci AC mobil selama lebih dari 6 bulan. Kotoran menumpuk inilah yang menjadi sumber penyakit.

Yakin masih malas buat cuci AC mobil? Jangan menunggu ciri AC mobil kotor tampak jelas baru mau melakukan pengecheckan dan perawatan AC mobil. Karena jika ciri-cirinya sudah mulai nampak, artinya kotoran dan bakteri sudah cukup banyak berkembang biak.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *