Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil radiator

Kenali 3 Ciri Ciri Busi Mobil Sudah Lemah yang Jarang Diketahui

ciri ciri busi mobil sudah lemah

Busi adalah komponen yang berfungsi sebagai sumber perapian guna menyalakan mesin mobil. Untuk itu, kenali ciri ciri busi mobil sudah lemah. Sebab, mesin mobil tidak akan menyala apabila fungsi busi telah melemah. Maka, Anda harus mengganti busi mobil bila busi tersebut telah mengalami malfungsi. Untuk mengganti busi mobil ini, Anda dapat melakukannya sendiri dirumah.

Kapan pemilik mobil harus mengganti busi mobil? Penggantian busi mobil ini wajib Anda lakukan saat lemahnya fungsi busi mobil milik Anda. Sebagai pemilik kendaraan, maka Anda wajib mengerti dan mengetahui ciri dari busi mobil yang telah lemah.

Ini Dia 3 Ciri Ciri Busi Mobil Sudah Lemah

Cukup riskan memang mengendarai mobil bermasalah, seperti adanya masalah di bagian busi mesin mobil. Masalah tersebut dapat menyebabkan mobil tersebut mogok dijalan kala Anda kendarai. Oleh sebab itu, kenali beberapa ciri-ciri adanya masalah pada bagian busi mobil. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Adanya Masalah Saat Mobil Dalam Posisi Idle

Salah satu ciri ciri busi mobil sudah lemah ini dapat Anda ketahui saat mobil dalam posisi Idle. Dalam posisi Idle atau RPM stabil tanpa menekan pedal gas ini, Anda dapat mengetahui apakah busi mobil masih bagus atau sudah usang.

Apabila busi mobil sudah lemah, maka akan menunjukkan beberapa gejala. Mulai dari kesulitan saat menghidupkan mesin mobil, munculnya suara berdesing setelah mesin dihidupkan, adanya getaran-getaran di RPM rendah, hingga tarikan tuas gas terasa berat saat Anda mengendarai mobil tersebut.

Gejala-gejala tersebut memang disebabkan oleh busi mobil yang sudah usang ataupun mati. Untuk mengatasinya, Anda cukup mengganti busi lama dengan busi yang baru.

Adanya Gangguan Saat Mengendarai Mobil

Sudah menjadi resiko apabila Anda tetap memaksa menggunakan mobil yang mengalami masalah pada bagian busi mesin mobil. Gangguan gangguan tersebut berupa kesulitan saat mesin mobil berakselerasi.

 Ya, saat Anda ingin memacu mobil di kecepatan diatas 50 hingga 60 kilometer. Maka, Anda akan merasakan guncangan bahkan kecepatan mobil dapat turun secara tiba-tiba. Masalah tersebut disebabkan oleh melemahnya fungsi busi mobil.

Baca Juga : Tekanan Freon AC Tidak Stabil

Lemahnya fungsi busi mobil ini juga disebabkan oleh kurangnya perawatan dan perbaikan mobil. Untuk itu, lakukan perawatan dan perbaikan mobil secara berkala agar mobil tetap nyaman saat Anda gunakan berkendara.

Mengecek Warna Busi Mobil

Dan ciri ciri busi mobil sudah lemah selanjutnya adalah dengan mengecek warna busi mobil. Bagaimana caranya ? caranya memang cukup mudah. Saat mesin mobil dalam keadaan mati, maka Anda hanya perlu membuka kap mesin dan cari bagian busi mobil. Setelah itu, cek warna busi mobil. Apabila busi mobil berwarna coklat, maka masa dan fungsi busi sudah hampir habis. Sehingga disarankan untuk mengganti busi mobil segera.

Apabila busi mobil berwarna merah atau kuning, maka, hal tersebut menandakan bahwa Anda terlalu sering memanaskan mobil dalam kurun waktu yang cukup lama ataupun adanya masalah di bagian sistem kompresor mesin.

Bila busi mobil berwarna hitam peka, maka ada masalah di bagian saluran bahan bakar mobil. Dan jika busi mobil rusak atau meleleh, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh adanya kebocoran di bagian kompresi mesin mobil.

Jadi, jangan anggap remeh adanya masalah yang disebabkan oleh busi mesin mobil. Sebab, busi mobil ini menjadi salah satu komponen penting, yakni sebagai sumper perapian mesin mobil Anda. Untuk itu, kenali beberapa ciri ciri busi mobil sudah lemah. Apabila busi mobil mengalami masalah, maka solusi terbaiknya adalah mengganti busi mobil lama dengan busi mobil yang baru.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *