fbpx
 
Posted by Mekanik Juan AC

5 Ciri Ciri Kompresor AC Mobil Kurang Oli dan Dampaknya

Mengetahui ciri ciri kompresor AC mobil kurang oli sangatlah penting. Karena ketika oli kompresor kurang, gejala-gejala tertentu akan muncul. Apa saja gejala tersebut? Dan bagaimana mengatasinya?

Ada banyak sekali hal yang menyebabkan oli kompresor berkurang. Bisa karena kebocoran, bisa juga karena sejak awal oli kompresor terisi kurang dari yang seharusnya. Namun bagaimanapun juga sangat penting untuk tahu tanda atau ciri-ciri kompresor yang sedang kekurangan oli.

5 Ciri Ciri Kompresor AC Mobil Kurang Oli

Pengecheckan secara langsung kondisi AC mobil adalah hal yang wajib dilakukan secara berkala. Untuk mendapatkan hasil pengecheckan yang lebih terukur, datang ke bengkel AC mobil merupakan pilihan terbaik. Namun jika sekedar untuk mengetahui apakah kompresor AC mobil kurang oli, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Adapun ciri dari kompresor AC mobil yang kekurangan oli kompresor di antaranya adalah:

  1. Suara Berisik dan Kasar

    Seperti halnya oli mesin, oli kompresor AC juga berfungsi sebagai pelumas. Jika oli kompresor kurang maka akan terdengar gesekan logam di dalam kompresor AC mobil. Jika dibiarkan, tidak hanya menyebabkan gangguan suara, namun beresiko menyebabkan jebolnya kompresor.

  2. AC Mobil Kurang Dingin

    Tekanan di dalam kompresor AC mobil harus tetap stabil sesuai dengan batasan yang sudah ditentukan. Kurangnya oli kompresor akan menyebabkan performa AC mobil jadi tidak maksimal. Alhasil, kapasitas kerja AC mobil dalam menghasilkan hawa dingin akan berkurang.

    Namun tentu saja tidak bisa mengambil kesimpulan AC mobil kurang dingin pastilah karena oli kompresor kurang. Karena masih ada beberapa hal lain yang menjadi penyebab AC mobil kurang atau bahkan tidak dingin.

  3. Kompresor AC Mobil Cepat Panas

    Selain sebagai pelumas, oli kompresor juga membantu pendinginan mesin kompresor. Jika oli kompresor kurang, maka gejala kompresor cepat panas akan muncul. Dan jika dibiarkan, tidak hanya kompresor jadi sering “ngambek tidak mau nyala” secara mendadak, namun juga beresiko menyebabkan kerusakan pada spare part lainnya.

  4. Tenaga Mobil Berkurang saat AC Nyala

    Ciri lain dari masalah kompresor kurang oli adalah gejala mobil kurang tenaga saat AC nyala. Hal ini terjadi karena ketika AC mobil nyala, dibutuhkan beban yang lebih tinggi untuk mempertahankan AC mobil tetap nyala. Dan beban tambahan ini biasanya diambil dari tenaga mobil.

  5. Angka Pengecheckan Tekanan Bawah

    Dengan membawa mobil ke bengkel, anda bisa melakukan pengecheckan dengan menggunakan Gauge AC Manifold. Alat ini dapat mengecheck apakah oli kompresor masih layak pakai. Dengan demikian, alat ini bisa memberikan gambaran yang lebih akurat mengenai kondisi kompresor AC mobil.

Untuk lebih memastikan apakah memang oli kompresor kurang, ada baiknya untuk tidak melakukan asumsi. Membawa mobil ke bengkel bisa menjadi solusi. Dengan menggunakan manifold AC mobil, kondisi kompresor AC mobil bisa diujur.

Ciri Ciri Kompresor AC Mobil Kurang Oli Akan Lebih Akurat dengan Menggunakan Manifold AC Mobil Sebagai Alat Ukur

Adapun pengukuran yang dilakukan di antaranya adalah mengecheck volume oli kompresor, mengecheck kualitas oli kompresor masih layak pakai atau tidak, dan mengecheck freon AC mobil.

Nah itulah beberapa hal yang menjadi ciri ciri kompresor AC mobil kurang. Semoga bermanfaat ya untuk kita semua. Semoga bermanfaat ya.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *