Posted by Mekanik Juan radiator

Simak Cara Mengatasinya, Kenali Ciri-ciri Radiator Mampet

Kalau mobil mengalami beberapa ciri ciri radiator mampet segera tangani supaya tak menyebabkan kerusakan lebih parah di kemudian hari. Air radiator memiliki peran yang sangat penting bagi mesin mobil kamu.

Dengan adanya kipas radiator berupa viscous fan atau motor fan radiator, panas yang ada di mesin akan terbuang dan mesin mobil akan didinginkan. Dengan kata lain, radiator bekerja untuk menjaga mesin mobil tidak overheat.

5 Ciri-Ciri Radiator Mampet yang Sering Terjadi

Kalau sampai mobil mengalami overheat atau terlalu panas, mesin mobil akan terganggu dan menyebabkan mobil mogok sesaat atau bahkan mati total. Kalau hal ini sampai terjadi, pastinya akan sangat mengganggu perjalanan kamu, kan?

Nah, untuk mengenalnya, ternyata ada beberapa ciri-ciri radiator mampet yang bisa kamu ketahui dan pelajari. Tanpa berlama-lama lagi, yuk mari kita cek bersama-sama

Mobil mengalami overheat

Mobil kamu bisa mengalami panas yang berlebihan, ketika radiator mobil mampet. Adanya air radiator mampu mendinginkan mesin saat panas sudah terlalu tinggi. Jadi kalau tiba-tiba mobil kamu panas dan tak kunjung dingin, bisa jadi hal ini merupakan ciri-ciri dari radiator yang bermasalah. 

Jadi, ketika mesin mobil tiba-tiba panas dan bahkan mengeluarkan asap, besar kemungkinan ada masalah pada radiator kamu. Bisa jadi karena radiator mampet atau juga air radiator yang sudah habis dan butuh segera diisi.

Air pendingin sering habis

Sudah diisi tapi air pendingin sangat cepat habis? Wah, hal ini bahaya. Padahal, air pendingin berguna sebagai media yang menghantar panas dari mesin menuju radiator. Biasanya, kalau hal ini terjadi, bisa saja menjadi penanda adanya kebocoran di radiator. Hal ini harus segera kamu tangani, supaya air radiator tidak tiba-tiba habis saat kamu sedang berada dalam perjalanan jauh dan sulit menemukan air.

Bumper depan mengeluarkan tetesan air

Jika bumper mobil kamu di bagian depan sering mengeluarkan air, ini pertanda radiator kamu mampet atau bocor. Segera cek lokasi pastinya. Jika berada di tengah, besar kemungkinan tetesan itu merupakan air AC. Tapi kalau tetesan air ada di bawah bumper mobil kamu, artinya kebocoran terjadi pada radiator mobil kamu. Jika hal ini terjadi, segera isi dulu air radiator mobil kamu, lalu bergegas pergi ke bengkel, supaya mobil kamu segera mendapat perbaikan dari mekanik handal di bengkel langganan kamu, ya.

Korosi di permukaan radiator

Coba cek bagian permukaan radiator mobil kamu. Apakah terdapat warna coklat berupa korosi? Kalau iya, hal ini  jelas menunjukkan terjadinya kerusakan pada mesin mobil kamu. Mungkin, saat kamu menemukan korosi tersebut, mesin mobil masih bisa bekerja dengan normal. Artinya, mesin masih menyala saat distarter dan bisa berjalan. 

Tapi, tahukah kamu? Adanya korosi ini bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan pada radiator mobil kamu, lho. Untuk itu, kamu perlu segera lakukan pembersihan hingga korosi hilang, supaya radiator mobil kamu bisa bekerja dengan normal lagi.

Lihat Juga: Biaya Perbaikan Transmisi Manual

Sekarang kamu sudah mengetahui beberapa ciri-ciri radiator mampet. Kalau empat hal di atas terjadi pada mobil kamu, segera bawa ke bengkel, ya. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari resiko mobil yang mogok atau mati di tengah jalan. Sekali lagi kami mau mengingatkan, sering-sering cek kondisi dan performa mesin mobil kamu, ya. Supaya, kamu bisa menggunakan mobil dengan tenang dan lebih nyaman.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *