fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Uncategorized

Kenali 4 Ciri Kompresor AC Mobil Lemah dan Solusinya

Ketika kompresor AC mobil mulai melemah, biasanya ditandai dengan ciri kompresor AC mobil lemah hingga berujung dapat rusaknya beberapa komponen. Jangan tinggal diam jika anda tindak ingin mengganti part kerusakan AC, sebab untuk mendapatkan sebuah kompresor AC, anda harus merogoh kocek dalam-dalam.

Umumnya kompresor AC mobil memiliki umur pakai kisaran 5 – 10 tahun, namun tidak menutup kemungkinan dapat rusak lebih cepat tergantung dari pemakaian serta perawatan yang diberikan. Apakah mobil anda mengalami tanda atau ciri-ciri dibawah ini?

Muncul Bunyi Kasar

Ciri pertama kompresor mulai melemah yakni munculnya bunyi kasar atau bising ketika AC pertama kali dihidupkan. Suara kasar tersebut yang dihasikan oleh piston atau bearing karena pelumasan oli tidak berjalan optimal. Umumnya gejala ini disebabkan oleh oli kompresor yang sudah aus atau habis. Indikasi bunyi ini merupakan tanda bahwa terdapat kerusakan internal mesin AC hingga berujung kerusakan.

Oleh sebab itu maka sangat disarankan untuk melakukan pergantian oli kompresor secara berkala setiap menempuh jarak 20 kilometer guna terhindar dari kerusakan part lainnya.

Perlahan AC Tidak Dingin

Ciri selanjutnya yakni kesejukan AC akan berkurang perlahan. Umumnya, ketika pertama kali dinyalakan Ac masih sejuk, namun lama-kelamaan kesejukan akan berkurang dengan sendirinya. Gejala ini biasanya dinamakan dengan kehilangan kompresi atau tekanan karena kompresor AC sudah mulai melemah. Dampaknya yakni AC bisa tidak dingin sama sekali sebab kompresi sudah benar-benar hilang.

Freon Bocor

Jangan anggap sepele ciri yang satu ini, bisa jadi freon bocor sebab dampak dari kompresor yang melemah. Freon yang bocor tidak dapat menyalurkan uap dengan optimal oleh kompresor. Sebaiknya segera atasi, bila tidak maka freon akan habis total dalam hitungan bulan saja.

Dampak yang ditimbulkan dari gejala freon bocor yakni uap dapat terhisap dengan bebas oleh pengendara mobil. Hal ini dapat mengancam kondisi kesehatan, salah satunya gangguan pernafasan, iritasi pada mata, bahkan kienrja jantung yang dapat terganggu.

Kadang Dingin, Kadang Panas

Apakah anda mengeluhkan kondisi yang satu ini? Biasanya hal ini dikeluhkan terutama pada masyarakat perkotaan ketika dilanda macet. Sudah pasti dapat menurunkan kualitas kenyamanan berkendara. Nah, hal ini disebabkan oleh kondisi magnetic clutch yang sudah lemah. Alhasil suhu AC akan terasa panas, karena sirkulasi udara dan uap freon yang terganggu.

Nah, apakah mobil anda juga mengalami ciri kompresor ac mobil lemah seperti diatas? Jangan tunda segera untuk membawa ke bengkel spesialis terdekat agar segera mendapatkan penanganan oleh mekanik tepat. Dokter Mobil dapat anda jadikan opsi pilihan bengkel terbaik untuk melakukan servis dan perbaikan kompresor ac mobil lemah.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button