Posted by Intan Mobil Masalah dan Solusi Mobil

Penyebab Terbakarnya Mobil Keluaran Terbaru yang Dibawa Mudik

Kasus Ketika Dibawa Mudik Mobil Baru Terbakar Ternyata Meningkat

Pernah ada kejadian di mana saat dibawa mudik mobil baru terbakar hebat di tol Jagorawi. Setelah diselidiki, penyebabnya ternyata karena overheat. Lantas mengapa kejadian ini seolah tidak pernah ada habisnya? Mengapa mobil yang baru dibeli bisa mengalami hal ini?

Mudik bawa mobil baru menjadi kebanggaan tersendiri bagi para pengguna mobil. Namun mobil baru seolah tidak bisa lepas dari masalah. Kejadian seperti air bag yang tidak bisa mengembang, overheat, ataupun rem yang selip bisa menimpa mobil keluaran lama maupun keluaran terbaru.

Mobil baru memang tak membutuhkan perawatan khusus layaknya mobil lama. Namun, anda wajib waspada jangan sampai ketika dibawa mudik mobil baru justru terbakar! Kok bisa terbakar?

Penyebab Kasus Ketika Dibawa Mudik Mobil Baru Terbakar

Penyebab Ketika Dibawa Mudik Mobil Baru Terbakar di Tengah Perjalanan

Ternyata mobil baru juga bisa rawan terbakar lohh jika terdapat masalah dibawah ini;

1. Kebocoran pada bahan bakar minyak

Tiap kendaraan bermesin termasuk mobil pasti memiliki sejumlah cairan mudah terbakar, salah satunya bahan bakar minyak atau lebih dokenal dengan bensin. Langkah awal untuk mencegah terjadinya hal ini adalah selalu pastikan tertutup rapat jika sudah selesai mengisi BBM di SPBU. Tidak peduli mobil baru atau lama, jika hal ini terjadi maka kebakaran akan terjadi.

2. Hawa Panas dari Tangki

Selain kebocoran tangki, penyebab mobil terbakar bisa saja diakibatkan oleh hawa panas. Bahan bakar minyak di dalam tangki bisa terbakar dengan sendirinya karena hawa panas berlebihan yang dihasilkan oleh mesin. Maka dari itu, pastikan performa mesin bekerja dengan sempurna.

3. Mesin overheat

Mesin mobil yang bekerja terlalu keras bisa menyebabkan suhunya menjadi panas atau dikenal dengan isitilah overheat. Biasanya hal ini dapat terjadi karena adanya kerusakan pada bagian pendinginan atau radiator. Rusaknya komponen radiator dapat menyebabkan mesin tidak beroperasi secara efisien. Gesekan pada komponen mesin menimbulkan kenaikan suhu yang signifikan dan akhirnya memicu kebakaran pada mobil.

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya overheat dengan menggunakan coolant dan oli berkualitas yang memang direkomendasikan dari bengkel specialist anda.

Baca Juga : Cara Mudah dan Cepat Membedakan Oli Asli dan Palsu

4. Kerusakan listrik

Kerusakan pada aki dan kelistrikan sering kali menimbulkan hubungan arus pendek yang jadi salah satu faktor penyebab mobil terbakar.

Aki mobil yang bermasalah bisa menciptakan gas hidrogen yang berkumpul di ruang mesin. Hal ini bisa berbahaya bila ada kelistrikan yang rusak, misalnya saja kabel yang korslet dan menimbulkan percikan api. Percikan api yang mengenai gas hidrogen dapat menyulut kebakaran pada mobil. Api kemudian mengenai bagian bensin atau bahan-bahan yang mudah terbakar lainnya.

5. Kecelakaan

Mobil masa kini memang dirancang dengan kerangka yang aman untuk mengatasi dampak benturan jika terjadi kecelakaan.

Namun, jika benturan sangat keras, bahan bakar minyak atau oli bisa saja bocor dan terbakar akibat percikan api yang ditimbulkan oleh benturan serta gesekan. Kecelakan pun jadi penyebab paling umum hingga mobil terbakar.

Pencegahan Sebelum Terjadinya Mobil Terbakar

Kasus Ketika Dibawa Mudik Mobil Baru Terbakar Ternyata Meningkat

Musibah memang dapat datang dimana saja tanpa memandang usia, namun kita sebagai manusia dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan atau musibah tersebut. Bagaimana acaranya?

Cek Performa Mobil Secara Berkala

Pastikan tidak terrdapat masalah yang menganggu pada mobil anda, seperti ac bunyi berisik, hanya keluar angin, injakan pegas terlalu dalam, dll. Segera lakukan perbaikan jika memang anda paham bagian komponen mobil. Bagi anda yang masih awam dunia otomotif, silahkan datangin bengkel specialist terdekat anda untuk segera melakukan perbaikan mobil. Sangat tidak dianjurkan untuk memperbaiki sendiri, sebab akan memperparah komponen yang ada.

Ingat, sayangi mobilmu seperti kamu menyayangi dia keluargamu.

Lakukan Pengecheckan dan Service di Dokter Mobil

Nah, itulah ulasan terkait Jangan Sampai Dibawa Mudik Mobil Baru Terbakar. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

Butuh Jasa Bengkel Mobil?

Dokter Mobil adalah Solusi Tepat Untuk Anda !

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami. Dapatkan pengalaman pelayanan service berkualitas dan jaminan garansi hanya untukmu, DomoLovers..

Bagi anda yang tertarik untuk menservice mobilnya, dapat menghubungi atau mengunjungi Dokter Mobil di alamat :

KELAPA GADING CIBUBUR SERPONG BEKASI
Jalan Boulevard Raya Kawasan Niaga Citra Gran RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya,
Blok QJ1 No.17 Blok R6 No 6 blok Orange no.5 Depan Pintu Tol Ramp Off
Kelapa Gading Jl. Alternatif Km 4 Gading Serpong Tol Becakkayu – Pondok Kelapa
☏ (021) 2245 4429 ☏ 085817653292 ☏ 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887
WA : 087787133366 WA : 085817653292 WA : 0813-1991-2289 WA : 087887589899

Itulah beberapa hal seputar kasus ketika dibawa mudik mobil baru terbakar hebat di perjalanan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Senang bisa membantu.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button