fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Faktor Penyebab Avanza Ndut Ndutan dan Solusi Mengatasinya

Cara Mencegah Berbagai Penyebab Avanza Ndut Ndutan Sehingga Mobil Tetap Nyaman untuk Dikendarai

Masalah pada intake kerap menjadi penyebab Avanza ndut ndutan terutama saat RPM rendah. Namun pengecheckan secara menyeluruh tetap diperlukan. Karena ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan hal ini terjadi.

Dengan mengetahui sumber masalah, diharapkan anda dapat menyelesaikan masalah ini dengan efektif dan tepat sasaran. Dan tentunya akan menghemat waktu dan biaya service.

Faktor Penyebab Avanza Ndut Ndutan saat Digas

Ada cukup banyak alasan Avanza bisa mengalami gejala ndut-ndutan. Masalah ini memang cukup mengganggu dan memberikan rasa khawatir.

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan masalah ini muncul antara lain adalah:

Supply Bensin Avanza

Ndut-ndutan pada Avanza bisa jadi merupakan indikator kurangnya supply bensin ke saluran pembakaran. Oleh sebab itu, anda harus mengecheck jangan-jangan bensin di mobil sudah dalam kondisi “sekarat”. Namun jika bensin memang sudah diisi dan gejala ndut-ndutan masih terasa, bisa jadi masalah ini muncul karena:

  • Pompa Bensin Rusak dan Lemah

    Avanza membutuhkan pompa yang berfungsi mendorong bahan bakar (bensin) ke arah saluran pembakaran. Namun jika pompa ini rusak atau lemah, maka supply bensin menjadi tersendat/kurang. Akibatnya, gejala ndut-ndutan terjadi.

  • Filter Bensin yang Mampet

    Fungsi filter bensin adalah menyaring kotoran yang tercampur di bahan bakar agar tidak masuk ke ruang mesin dan ruang pembakaran. Namun semakin banyaknya kotoran menyebabkan kemungkinan mampet di filter bensin akan terjadi. Ketika filter bensin mampet, maka aliran bensin menjadi terganggu. Akibatnya, suply bensin ke saluran pembakaran menjadi kurang dan menyebabkan munculnya gejala ndut-ndutan.

  • Mampetnya Injektor atau Supyer

    Injektor berfungsi menyalurkan bahan bakar ke ruang pembakaran. Namun jika mampet, maka proses pembakaran menjadi tersendat-sendat. Hal inilah yang menyebabkan munculnya gejala ndut-ndutan pada Avanza.

Untuk mencegah penyebab Avanza ndut ndutan ini muncul, serta mengatasi ndut-ndutan karena masalah di ruang bensin, maka melakukan pengecheckan dan tune up perlu dilakukan secara berkala. Jika ditemukan adanya part yang bermasalah, maka penggantian part sangat disarankan untuk dilakukan.

Masalah Supply Udara di Ruang Bakar Avanza

Proses pembakaran di ruang bakar tidak hanya membutuhkan bahan bakar. Udara juga diperlukan untuk menghasilkan pembakaran bensin yang sempurna. Namun masalah di suplay udara menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna dan memunculkan gejala ndut-ndutan.

Setidaknya ada 2 masalah di supply udara yang menyebabkan gejala ndut-ndutan ini, yaitu:

  • Filter Udara Avanza Sudah Kotor

    Kotornya filter udara akan menghambat aliran udara yang dibutuhkan untuk mencampur bahan bakar. Akibatnya, komposisi udara menjadi lebih sedikit dan menyebabkan munculnya gejala overheat.

  • Selang Vakum pada Mobil Mengalami Kebocoran

    Pembakaran juga menjadi tidak stabil jika selang vakum mengalami kebocoran. Adapun indikator masalah pada selang vakum adalah adanya ndut-ndutan yang disertai gejala RPM tidak stabil.

Masalah pada ruang udara ini kerap disepelekan pemilik mobil. Padahal jika dibiarkan masalah ndut-ndutan bisa semakin parah. Bahkan beresiko menyebabkan jebolnya sistem karburator ataupun sistem injeksi pada Avanza.

Untuk mengatasi masalah ini, penggantian filter udara dan penggantian selang vakum diperlukan. Selain itu, pengecheckan berkala juga diperlukan. Jika masalah tetap muncul, melakukan tune up menjadi solusi terbaik yang wajib dilakukan.

Ada Gangguan pada Sistem Pengapian Avanza

Mobil akan berjalan dengan normal dan lancar ketika sistem pengapian berlangsung dengan sempurna. Namun sayangnya, beberapa part yang berhubungan dengan pengapian cenderung cepat rusak.

Adapun beberapa part yang menjadi penyebab pengapian Avanza tidak sempurna dan menyebabkan Avanza ndut-ndutan antara lain adalah:

  • Busi

    Ketika busi sudah lemah, maka gejala ndut-ndutan akan terjadi. Mengapa? Karena percikan api tidak dapat menyala terus menerus. Akibatnya, ada saat di mana pembakaran berlangsung sempurna, dan ada saat di mana pembakaran tidak terjadi. Hal ini menyebabkan Avanza menjadi ndut-ndutan.

  • Kabel Busi

    Bisa jadi busi masih layak pakai, namun ternyata percikan api tidak bisa sempurna dan stabil. Biasanya terjadi karena kabel busi ada yang terkelupas. Untuk mengecheck kabel busi masih layak pakai atau tidak bisa dengan menggunakan ohmmeter. Pada busi layak pakai. biasanya memiliki hambatan tidak lebih dari 25 kilo ohm.

  • Coil dan Delco

    Percikan api dari busi tidak bisa diolah dengan sempurna jika coil maupun delco bermasalah. Oleh sebab itu, mengecheck kondisi coil sangatlah penting. Jika diperlukan, penggunaan coil racing bisa menjadi solusi untuk mendapatkan pengolahan percikan api yang lebih stabil.

Biasanya part pengapian yang bermasalah ini diganti dengan baru. Karena mempertahankan part lama hanya akan menyebabkan masalah brebet kembali muncul tiba-tiba.

Masalah pada Settingan ECU Avanza

Karena ingin meningkatkan performa Avanza, mengubah setelah ECU biasa dilakukan pemilik mobil. Namun kesalahan setting kerap memberikan efek samping seperti mobil jadi boros, ataupun muncul efek ndut-ndutan.

Biasanya settingan yang diubah dan menyebabkan ndut ndutan antara lain pengubahan setelah udara (AFR), setelah RPM stasioner, setelah idle up, dan setelan kalibrasi sistem delco.

Untuk masalah settingan pada ECU ini, ada beberapa solusi yang dilakukan. Solusi tersebut di antaranya adalah:

  • Reset ECU ke Settingan Default

    Cara ini merupakan cara yang cukup aman dan dapat menyelesaikan masalah dengan cepat. Sangat disarankan untuk melakukan reset pada bengkel resmi atau bengkel yang memang memiliki peralatan setting ECU yang memadai.

  • Lakukan Scanning dan Learning

    Biasanya terjadinya ndut-ndutan karena Avanza belum discanning dan dilearning ketika ada komponen yang diubah kondisinya. Pastikan memilih bengkel yang memiliki teknisi berpengalaman dalam hal scanning dan pelearningan.

Bagaimanapun juga ECU adalah otaknya mobil. Oleh sebab itu, setiap settingan pada Avanza harus dicheck apakah memang sesuai dan tidak memberikan masalah pada mobil anda. Jika terjadi perubahan yang menyebabkan ketidaknyamanan berkendara, segera lakukan pengecheckan dan perbaikan.

Faktor-Faktor Lainnya

Selain faktor-faktor di atas, sebenarnya masih ada beberapa penyebab lainnya dari ndut-ndutan ini. Oleh sebab itu, pengecheckan yang memang menyeluruh wajib dilakukan.

Ada beberapa faktor lain yang kerap menjadi penyebab masalah ini, di antaranya adalah:

  1. Throttle Body

    Ketika part ini kotor, baret, ataupun tidak menutup dengan sempurna, maka masalah ndut-ndutan akan muncul. Untuk mengatasi throttle body yang kotor, maka melakukan karburator cleaner dan injektor cleaner merupakan solusi terbaik. Paket pembersihan ini biasanya ada pada tune up.

  2. PCV Valve Rusak

    Ketika part ini bermasalah maka aliran blow-by gas ke intake akan bermasalah. Akibatnya pembakaran menjadi tidak stabil. Gejala ndut-ndutan pun muncul. Untuk mengatasi valve yang rusak/bermasalah maka penggantian merupakan solusi terbaik. Apalagi harga untuk komponen ini sebenarnya sangat murah.

  3. Masalah di Silinder Mobil

    Adanya perbedaan kompresi di silinder juga bisa menjadi penyebab masalah. Biasanya terjadi pada mobil Avanza berumur lebih dari 5 tahun. Nah, untuk kasus ini, maka turun mesin menjadi solusi terbaik.

Karena begitu banyak penyebab ndut-ndutan pada mobil Avanza, maka perawatan rutin dan tune up wajib dilakukan secara berkala untuk pencegahan. Dan perbaikan segera merupakan hal wajib untuk dilakukan.

Demikianlah beberapa penyebab Avanza ndut ndutan atau brebet. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua dan menjadi informasi solusi yang tepat untuk kendaraan kesayangan anda.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *