Posted by Mekanik Juan Tune Up Mobil

Fungsi dan Biaya Tune UP Mobil di Berbagai Bengkel Mobil

Banyak sekali pemilik mobil yang baru menyadari pentingnya tune UP mobil ketika mulai ada masalah. Misalnya ada gejala ngelitik dan kurang tenaga. Padahal dengan melakukan tune UP secara berkala, performa dan usia mobil bisa lebih panjang.

Tune UP mobil adalah proses perawatan dan pembersihan seluruh komponen di sistem pembakaran mobil. Mulai dari throttle body, injektor, katalitik, valve, intake, dan piston. Sayangnya tidak semua bengkel mobil membersihkan seluruh komponen tersebut.

5 Manfaat atau Fungsi Tune UP Bagi Performa Mobil

Banyak pemilik mobil yang baru sadar fungsi tune UP ketika masalah mobil sudah parah. Padahal dengan melakukan perawatan ini, performa mobil bisa selalu optimal layaknya baru.

Adapun beberapa manfaat atau fungsi dari Tune UP yang bisa dirasakan antara lain adalah:

  1. Menjaga Performa Mobil

    Banyaknya kotoran dan kerak karbon di saluran pembakaran akan menyebabkan turunnya performa mobil. Gejala yang terasa misalnya mobil menjadi kurang tenaga, serta tarikannya yang terasa lemot. Tune UP menjadi solusi untuk membersihkan kerak karbon tersebut.

    Dengan membersihkan kotoran dan kerak karbon, kondisi seluruh komponen di sistem pembakaran akan bersih seperti baru. Hal tersebut tentu akan membantu menjaga performa mobil di titik optimalnya.

  2. Mencegah Terjadinya Kerusakan

    Ada berbagai jenis masalah mobil yang terjadi karena adanya penumpukan kerak karbon di komponen mobil. Misalnya ketika throttle body kotor, maka gejala RPM naik turun akan muncul. Jika piston kotor, maka gejala ngelitik bisa saja terjadi. Dan banyak lagi gejala-gejala yang bisa muncul.

    Dengan membersihkan seluruh komponen di sistem pembakaran, seluruh gejala kerusakan bisa dihindari. Namun sayangnya tidak semua bengkel mobil menawarkan perawatan tune UP secara menyeluruh. Banyak bengkel mobil yang hanya membersihkan 1-2 komponen saja. Akibatnya, masalah mobil akan muncul dan tidak terasa efek antara sebelum dan setelah melakukan tune UP.

  3. Membantu Mobil Agar Tetap Awet

    Ketika suatu komponen mobil bermasalah, komponen lain di mobil harus bekerja extra. Akibatnya, banyak sekali komponen mobil yang cepat “Tua” atau cepat rusak. Oleh sebab itu, mencegah masalah-masalah mobil yang muncul karena penumpukan karbon akan membantu menjaga mobil agar tetap awet.

    Namun sekali lagi perlu disadar, tidak semua bengkel mobil membersihkan karbon secara menyeluruh. Banyak bengkel tune up mobil yang hanya membersihkan pada 1-2 komponen mobil saja.

  4. Konsumsi BBM Jadi Lebih Irit

    Banyak sekali mobil yang tiba-tiba menjadi lebih boros BBM. Hal ini biasanya terjadi karena banyak kerak karbon di saluran pembakaran. Kerak karbon ini menyebabkan turunnya performa mobil sehingga output yang dihasilkan mesin menjadi lebih rendah. Sementara itu, mobil membutuhkan output yang stabil atau sesuai standart. Karenanya, untuk mencapai output standart mesin akan bekerja extra keras dan menyebabkan konsumsi bahan bakarnya meningkat.

    Nah, dengan membersihkan kerak karbon maka performa mobil akan kembali normal. Konsumsi BBM juga akan lebih irit (dengan catatan kelistrikan mobil tidak bermasalah, tidak ada penggunaan daya berlebihan karena pemasangan banyak barang elektronik, dan hal-hal lainnya).

  5. Menjaga Garansi Tetap Berlaku

    Banyak yang belum tahu, ternyata perawatan ini wajib dilakukan secara berkala agar garansi tetap berlaku. Banyak loh kejadian garansi mobil ditolak karena riwayat perawatan mobilnya banyak bolong-bolong.

    Entah di persyaratan garansi tertulis atau tidak, namun sudah seharusnya kita melakukan seluruh jenis perawatan berkala yang diperlukan mobil.

Bahaya yang Terjadi Jika Lalai Melakukan Tune UP Mobil Secara Bekala

Wah banyak sekali ya manfaatnya. Lantas berapa biaya pengerjaannya? Ternyata ongkos pengerjaannya masih sangat terjangkau dan masih jauh lebih murah ketimbang resiko kerusakan yang dapat terjadi.

Biaya atau Harga Tune UP Mobil

Bicara mengenai biaya, tentu saja akan berbeda-beda antara bengkel yang satu dengan bengkel lainnya. Ada beberapa alasan mengapa terjadi perbedaan tersebut. Misalnya bengkel yang satu hanya membersihkan piston dan throttle body, sementara bengkel lainnya juga membersihkan EGR dan Valve.

Perbedaan harga juga biasanya disebabkan oleh penggunaan bahan pembersih karbon. Ada yang menggunakan bahan-bahan berkualitas, ada yang hanya menggunakan cairan carbon clean murahan. Hal ini tentu akan menyebabkan perbedaan harga dan perbedaan hasil.

Perbedaan biaya juga bisa terjadi karena beda jenis mobil. Ada mobil yang membutuhkan lebih banyak cairan carbon clean, ada juga mobil yang membutuhkan waktu dan tenaga extra agar proses tune UP carbon cleannya bisa berlangsung sempurna.

  • Biaya di Bengkel Umum

    Biayanya sangatlah bervariasi. Mulai dari sekitaran 250 ribuan, hingga sekitar 800 dan 900 ribu Rupiah. Biasanya komponen yang dibersihkan adalah di saluran pembakaran dengan cara menuang cairan carbon clean kedalam saluran pembakaran.

    Setelah melakukan tune UP di bengkel umum, biasanya mobil perlu kembali melakukannya lagi setiap tiga atau 6 bulan.

  • Biaya di Bengkel Resmi

    Ada bengkel resmi yang mematok harga tune UP mobil di atas 1,2 juta Rupiah, ada juga yang mematok harga sekitar 800 sampai 900 ribu Rupiah. Biasanya bengkel resmi akan menawarkan beberapa paket pengerjaan. Semakin lengkap paket pengerjaannya, semakin tinggi biaya pengerjaannya.

    Bengkel resmi biasanya akan menyarankan tune UP setiap 6 bulan sekali. Juga ketika terasa ada masalah di performa mobil.

  • Biaya Tune UP di Dokter Mobil

    Dokter Mobil adalah bengkel mobil spesialis tune UP secara menyeluruh. Mulai dari throttle body, injektor, katalitik, intake, valve, bahkan saluran EGR. Dengan demikian, akan terasa perbedaan antara before dan after service. Selain itu, Dokter Mobil juga berani memberikan garansi pengerjaan pasti mampu mengatasi masalah seperti ngelitik asap hitam, kurang tenaga, brebet, dan masalah lainnya.

    Lantas berapa harganya? Walaupun lebih lengkap dan menyeluruh, biaya di Dokter Mobil masih jauh lebih murah loh dibandingkan dari bengkel resmi. Apalagi tune UP di Dokter Mobil cukup dilakukan 1 tahun sekali.

    Pengerjaan Tune UP di Dokter Mobil Indonesia

    Untuk detail harganya, Domolover bisa menghubungi team Customer Service Dokter Mobil. Silahkan menggunakan fitur Live Chat yang ada di pojok kanan bawah.

Itulah beberapa hal seputar fungsi tune UP mobil dan biayanya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan menghubungi Dokter Mobil melalui kolom komentar ataupun fitur chat yang tersedia di pojok kanan. Apapun mobilnya, service di Dokter Mobil PASTIBERES.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button