Posted by Intan Mobil Product Review

Banyak Belum Tahu, Ini Fungsi dan Kegunaan Strutbar Mobil

Mobil sport di Indonesia masih menjadi incaran pengguna mobil sebab mesin yang terbalut memang terkenal bandel serta gahar. Namun tidak jarang problema yang dialami ketika berkendara yakni suara mesin yang bising terlebih dalam rpm tinggi. Bagaimana cara mengatasinya?

Untuk pengguna mobil sport umumnya sudah tidak asing dengan part yang satu ini. Alat ini sangat berguna untuk meredam guncangan ketika berkendara dalam kecepatan tinggi. Sangat cocok untuk pengguna yang memiliki hobi petualang dalam menerjang medan berat. Apakah anda salah satunya?

Pengertian dan Fungsi Strutbar

Strutbar merupakan komponen standar yang umumnya terpasang pada mobil sport. Saat ini strutbar sudah dijual bebas oleh pasaran sehingga mobil non sport pun dapat menggunakannya.

Fungsi strutbar tidak lain adalah untuk menjaga kestabilan mobil ketika melaju dalam kecepatan tinggi. Tidak hanya sebagai stabilitas dalam kecepatan tinggi, namun dapat menambah rigiditas atau kekakuan pada kedua sisi suspensi. Hal ini dapat anda rasakan ketika mobil sedang berbelok mendapat tekanan dari permukaan jalan, strutbar berperan sebagai penjaga keseimbangan.

Strut bar ini umumnya ditemukan pada mobil sport atau yang sudah termofikasi. Strutbar ini berupa palang yang melintang dapat menghubungkan kedua sisi sasis. Strut bar dipasang untuk menghubungkan sisi kanan dan kiri strut tower yang menjadi mounting point dari shockbreaker ke bagian sasis mobil.

Berapa Harga yang Dibanderol?

Untuk merasakan manfaar dari part stutbar, anda harus merogoh kocek kisaran Rp 1 juta hingga Rp 2 juta saja diluar harga jasa pemasangan. Variasi harga tergantung pada jenis dan merk serta kualitas pada strutbar. Harga tersebut merupakan harga umum yang dipatok pada bengkel umum. Sebelum pemasangan, alangkah baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada mekanik bengkel.

Oke itulah ulasan mengenai fungsi dan kegunaan strutbar mobil sport pada umumnya. Sangat berguna sekali bukan? Semoga dapat menambah wawasan anda seputar dunia mobil.

Yuk simak ulasan menarik lainnya hanya di Dokter Mobil

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *