Posted by Intan Mobil tips

Pengguna Mobil Wajib Tahu, Ini Lho Fungsi Stabilizer Mobil

Fungsi stabilizer mobil adalah untuk meredam terjadinya getaran yang berlebihan saat pengendara dan para penumpang ada di dalam mobil. Tanpa adanya stabilizer ini, mobil akan berguncang lebih besar dari yang kamu rasakan bahkan di mobil-mobil besar yang melaju kencang.

Kalau kamu masih bingung, jangan skip artikel di bawah ini, karena berikut ini telah kami sediakan penjelasan lebih mendalam tentang fungsi dari stabilizer yang ada di mobil kamu!

Manfaat atau Fungsi Penggunaan Stabilizer Mobil

Bahkan tak hanya fungsinya, kami juga sudah menyediakan berbagai jenis stabilizer yang kira-kira cocok untuk kebutuhan kamu. Langsung cek ulasan di bawah ini, ya.

  • Mencegah kemiringan saat kendaraan membelok

Rasanya tidak ada jalanan yang benar-benar lurus seratus persen. Selama melakukan perjalan dengan mobil kesayangan, bisanya kamu akan dihadapkan pada berbagai belokan-belokan. Ada belokan yang biasa saja, lalu ada juga belokan yang cukup curam dan sedikit menukik.

Kalau dipikirkan, adanya belokan ini akan menyebabkan terjadinya kemiringan pada mobil. Biasanya hal ini terjadi kalau mobil besar tetap melaju kencang saat di belokan.

Tapi, pada umumnya kalau mobil melaju tidak terlalu kencang dan sesuai standar saja, mobil tidak akan miring ke arah belokan. Hal ini disebabkan oleh stabilizer mobil yang membantu meredam kemiringan, sehingga supir dan para penumpang yang ada di mobil tetap bisa duduk dengan nyaman selama berkendara.

  • Fungsi stabilizer mobil juga menjaga kendaraan tetap stabil

Saat mobil sedang membelok, tentu dibutuhkan daya dan tenaga yang lebih tinggi. Tapi tahukah kamu? Mobil kamu tetap akan bisa terjaga dan stabil seperti saat berjalan di jalanan yang lurus. Hal ini diakibatkan oleh adanya stabilizer yang berfungsi dengan baik dan benar.

Akhirnya, meskipun sedang melewati jalan yang membelok dan butuh tenaga yang lebih besar, mobil kamu tetap bisa bergerak dan bekerja dengan stabil.

  • Daya cengkram ban mobil meningkat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jalanan yang berkelok membuat mobil membutuhkan daya yang lebih kuat. Begitu juga dengan daya cengkram ban mobil. Stabilizer mobil membantu ban mobil mencengkram dengan lebih kuat saat berada di belokan.

Tanpa adanya stabilizer, mobil kamu bisa-bisa tergelincir dan terpeleset saat sedang membelok, lho.

Jenis-Jenis Stabilizer Mobil

Selain fungsinya, kamu juga perlu mengetahui beberapa jenis-jenis stabilizer yang ada serta masing-masing fungsinya. Mau tahu apa saja? Yuk, kita cek bersama-sama.

  • Underbrace

Pertama, ada underbrace. Komponen satu ini berada di bagian bawah, depan, tengah, dan belakang mobil kamu. Fungsi dari underbrace ini adalah untuk mengurangi kelenturan sasis mobil. Dengan berkurangnya sasis ini, beban kerja suspensi untuk meredam benturan jadi lebih tinggi, lho. 

  • Sway bar

Kalau sway bar, fungsinya adalah menghubungkan pangkal suspensi sisi roda, baik yang sebelah kanan dan kiri. Biasanya sih pemasangan sway bar hampir digunakan semua pemilik mobil. Komponen ini untuk melengkapi suspensi mobil bagian depan. Dengan adanya sway bar ini, ketika mobil melewati belokan, mesin mobil akan terasa lebih stabil dan pengguna mobil jadi lebih nyaman. 

Stabilizer jenis ini paling banyak digunakan oleh pengguna mobil Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki APV, dan lain sebagainya. Dengan adanya stabilizer ini, bagian belakang mobil akan lebih stabil selama digunakan.

  • Strut bar

Stabilizer jenis ini biasanya akan dipasang di bagian atas dari suspensi mobil. Fungsinya sendiri ada dua, lho. Pertama untuk membuat konstruksi suspensi dan kedua membuatnya menjadi lebih kaku. Penggunaan strut bar juga menjadikan mobil kamu tampak lebih gagah. Kalau kamu sering melewati jalanan yang rusak dan banyak lubangnya, stabilizer jenis ini cocok kamu gunakan. Strut bar ini tidak mengurangi jarak suspensi dan mulus saat melewati belokan.

Baca Juga : Cara Menurunkan RPM Mobil Injeksi

Sekarang kamu sudah mengetahui fungsi stabilizer mobil serta jenis-jenis yang bisa kamu pilih. Silahkan pilih jenis stabilizer yang paling sesuai dengan keperluan mesin mobil kamu, ya. Kalau masih bingung, kamu juga bisa mendiskusikannya dengan mekanik di bengkel langganan kamu dan tanyakan jenis apa yang paling cocok untuk kamu.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *