Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Tune Up Mobil

Fungsi Tune Up Mobil Yang Penting & Tidak Boleh Disepelekan

fungsi tune up mobil

Fungsi tune up mobil memang tidak boleh diremehkan karena merupakan salah satu perawatan ringan menjaga performa kendaraan tetap prima. Meskipun demikian, sayangnya masih banyak orang yang mengabaikan hal ini dan malas melakukan tune up. Penyebabnya banyak, dan yang paling utama adalah kesibukan. Padahal, sebaiknya tune up ini dilakukan secara berkala paling tidak setiap enam bulan sekali.

Banyak orang yang berpendapat bahwa tune up ini sama dengan servis, padahal keduanya merupakan hal yang cukup berbeda. Servis mobil pada dasarnya hanya melakukan pengecekan pada bagian komponen filter udara,rem, sistem injeksi dan fluida, tanpa dilakukan pengecekan lanjut terhadap mesin. Sedangkan, tune up mobil dilakukan dengan sangat mendetail dari mulai pada bagian mesin hingga katup.

Beberapa Fungsi Tune Up Mobil dan Manfaatnya

Jika Anda ingin kondisi mobilnya tetap prima dengan performa yang stabil maka diperlukan tune up mobil. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fungsi tune up mobil tersebut:

  • Meningkatkan Performa Mesin Kendaraan

Fungsi tune up mobil yang paling penting tentunya agar meningkatkan performa mesin mobil agar makin optimal. Mobil yang digunakan dengan frekuensi sangat sering tanpa disertai perawatan yang maksimal, tentu akan lebih rentan mengalami kerusakan. Oleh karena itu, jangan remehkan perawatan rutin pada mobil termasuk tune up secara berkala ini.

  • Memastikan Komponen Bekerja Baik

Saat anda melakukan tune up mobil pada saat itu juga memastikan komponen kendaraan bekerja dengan baik. Pengecekan pada tune-up akan jauh lebih lengkap daripada service. Pemeriksaannya mulai dari sistem pendingin, sistem pelumasan, sistem bahan bakar, sistem pengapian, sistem katup, dan sebagainya.

  • Menghindari Terjadinya Kerusakan Yang Lebih Parah

Fungsi tune up mobil yang berikutnya tentunya untuk menghindari kerusakan yang lebih parah. Saat anda merasa ada ketidakberesan terutama pada bagian komponen-komponen sistem didalam mobil, selain servis berkala, tune up juga perlu dilakukan. Hal ini untuk menghindari kerusakan yang lebih parah dan dapat mengakibatkan mobil berhenti mendadak saat di jalan.

  • Memastikan Semua Komponen Bekerja Optimal

Fungsi tune up mobil secara berkala tentunya juga untuk memastikan semua komponen mobil bekerja dengan semestinya. Jangan sampai menunggu ada ketidakberesan pada kendaraan Anda, baru melakukan tune up. Prakteknya, sebaiknya anda lakukan di bengkel terpercaya paling tidak enam bulan sekali.

  • Memaksimalkan Fungsi Penghematan Bahan Bakar

Bahan bakar yang hemat tentu jadi keinginan setiap pemilik kendaraan. Dengan melakukan pemeriksaan sistem pengapian dan bahan bakar kendaraan lewat tune up ini, tentu akan lebih mengoptimalkan lagi, dan bisa berdampak pada konsumsi bahan bakar yang akan lebih hemat.

  • Memperpanjang Umur Kendaraan

Perawatan yang baik terhadap kendaraan melalui tune up secara berkala, tentu akan memperpanjang umur mobil. Perawatan yang rutin dilakukan tentu akan membuat kinerja mesin tetap berjalan bagus dan nyaman dikendarai. Selain itu, ke depannya apabila anda ingin menjual kendaraan, tentu tetap dalam kondisi prima dan harga jualnya jadi tetap dalam posisi tinggi.

Baca Juga : Oli Transmisi Mobil

Kesimpulannya, ada banyak fungsi tune up mobil yang tidak boleh disepelekan oleh para pemiliknya. Fungsi tersebut mulai dari memastikan komponen mobil bekerja dengan baik, mengoptimalkan fungsi komponen kendaraan, memastikan komponen mobil bekerja dengan semestinya, mengoptimalkan penghematan bahan bakar, serta cara untuk memperpanjang umur kendaraan. Sejumlah fungsi tersebut sangat penting dan mobil akan nyaman dikendarai.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *