Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil AC

Ganti Freon AC Mobil? Berikut Kisaran Biaya & Waktu yang Tepat

ganti freon ac mobil

Saat AC mobil terasa kurang dingin. Maka, Anda perlu mengecek pada bagian freon AC. Bisa saja Anda diharuskan untuk ganti freon AC mobil. Ya, AC mobil tidak dingin ini bisa saja disebabkan oleh kurangnya freon AC mobil. Alhasil, Anda harus mengisi ulang freon AC mobil di bengkel terdekat.

Lalu, apakah ada ciri-ciri khusus yang menandakan bahwa freon AC mobil telah habis? Memang, terdapat beberapa gejala dan ciri-ciri saat AC mobil kehabisan freon. Apabila freon AC mobil tidak segera diisi. Bisa jadi, terdapat beberapa masalah yang menyebabkan kerusakan pada komponen AC mobil. Seperti saluran selang AC mobil kering hingga munculnya kerusakan pada kompresor AC mobil.

Ciri-Ciri Dari AC Mobil yang Kehabisan Isi Freon

Ada beberapa gejala ataupun ciri-ciri saat freon AC mobil telah habis. Gejala atau ciri tersebut tentu membuat Anda tidak nyaman saat berkendara. Sebab, kabin mobil terasa panas dan ada gangguan pada komponen AC mobil. Untuk itu, ini dia beberapa ciri dari AC mobil kehabisan freon. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Hembusan Udara AC Mobil Terasa Panas

Umumnya, ciri dari AC mobil kehabisan freon adalah hasil hembusan udara yang dihasilkan terasa panas. Ya, freon merupakan suatu gas yang menghasilkan udara dingin. Sehingga, kinerja kompresor AC mobil akan sia-sia apabila freon mobil dalam keadaan kurang ataupun kosong. Sehingga, kompresor hanya menghembuskan angin yang terhisap dari mesin mobil. Oleh sebab itu, kabin mobil Anda terasa gerah karena AC mobil hanya mengeluarkan udara panas saja.

  1. Tidak Adanya Embun Di Selang Low Pressure AC

Apabila isi freon AC mobil telah habis, maka tanda-tanda yang pasti dengan mudah dikenali adalah tidak adanya embun pada selang low pressure AC. Selang tersebut berada di saluran refrigerant ke evaporator. Selang tersebut selalu mengembun karena fungsinya adalah untuk menyalurkan udara dingin dari refrigerant ke evaporator.

Kemudian, dari evaporator ini disalurkan ke blower AC mobil. Apabila freon mobil mengalami kerusakan. Maka, Anda perlu ganti freon AC mobil. Tentu saja biaya penggantian tersebut tidaklah murah. Sehingga, Anda perlu melakukan pengecekan ulang apakah freon dalam keadaan baik-baik saja atau mengalami kerusakan.

Perkiraan Biaya Ganti Freon AC Mobil Di Bengkel Terdekat

Terkadang, banyak bengkel-bengkel nakal  ini mencoba menipu pemilik kendaraan yang masih awam terkait biaya dan harga penggantian freon AC mobil. Ya, bengkel-bengkel nakal tersebut bisa saja “memainkan harga” agar mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Alhasil, pemilik kendaraan pun mau tidak mau akan mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mengganti freon AC mobil.

Lalu, berapa kisaran harga pasaran untuk ganti freon AC mobil ? Sebetulnya, harga untuk mengganti freon AC mobil ini tidaklah mahal. Hanya tergantung pada jenis kendaraan yang akan diisi ulang freon AC mobilnya. Jenis mobil dengan single blower ini dikenai tarif termahal sekitar Rp. 250.000 hingga Rp. 275.000 untuk sekali penggantian freon AC mobil.

Baca Juga : Penyebab Mesin Diesel Mati Mendadak

Lain halnya dengan jenis mobil yang memiliki dua blower AC mobil. Mobil dengan dua blower AC mobil ini dibanderol seharga Rp. 300.000 hingga Rp. 350.000 untuk sekali proses penggantian freon AC mobil. Nah, apabila Anda ditawari harga diatas pasaran pergantian freon AC mobil. Maka, bisa jadi bengkel tersebut sengaja mencari keuntungan tambahan dengan menipu customer.

Jadi, mengganti freon AC mobil yang telah habis ini wajib dilakukan segera. Sebab, apabila Anda membiarkan gas freon habis. Maka, dapat menyebabkan kebocoran pada sistem pendingin mobil. Nah, proses ganti freon AC mobil ini harus dilakukan di bengkel mobil terpercaya.

Ya, banyak bengkel-bengkel nakal yang berupaya menipu pemilik mobil dengan menaikkan harga isi ulang freon secara tidak wajar. Untuk itu, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu bengkel mobil terpercaya untuk mempercayakan proses pengisian ulang freon AC mobil Anda.

Ingin Udara Selalu Sejuk di Dalam Mobil? Waktunya Ganti Freon

Tags:

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *