fbpx
 
Posted by Mekanik Juan AC

Gerah Karena AC Mobil Kurang Dingin pada Siang Hari? Ini Solusinya

Beberapa pemilik mobil kerap merasa heran karena AC mobil kurang dingin pada siang hari namun normal saat malam. Ini sebab dan solusi mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Oh iya, sangat penting untuk terlebih dahulu tahu apa penyebab masalahnya. Karena beda penyebab masalah, beda juga solusinya.

Ini yang Bikin AC Mobil Kurang Dingin pada Siang Hari Loh!

Kasus di mana AC mobil kurang atau bahkan tidak dingin memang sering ditemukan. Namun pada beberapa mobil, kasus tidak dingin ini terjadi hanya pada siang hari. Mengapa bisa terjadi hal seperti itu?

Ada beberapa faktor yang menjadi sumber masalah, di antaranya adalah:

  1. Masalah di Magnetic Clutch

    Seluruh Komponen Magnetic Clutch Harus Dalam Keadaan Baik Sehingga Kemagnetannya Tetap Ada Walaupun Terkena Panas Matahari
    Cuaca di siang hari menyebabkan magnetic clutch ikut panas. Dan panas dapat menurunkan sifat magnetism sebuah magnet. Akibatnya, performa magnetic clutch menjadi turun. Hal tersebut menyebabkan munculnya gejala AC mobil kurang dingin.

    Solusi
    Jika kualitas magnetic clutch bagus, kemagnetannya tetap maksimal walaupun terkena panas. Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah ini penggantian magnetic clutch sebaiknya dilakukan. Pastikan untuk mengganti dengan yang baru dan kompatibel dengan jenis mobil anda.

  2. Kualitas Freon AC Mobil

    Penggantian Freon dengan Kualitas Lebih Baik Wajib dengan Cara Flushing untuk Memastikan Saluran Freon Bebas Frosting dan Mencegah Kelebihan Isi Freon
    Kualitas freon juga dapat mempengaruhi performa kerja AC mobil. Jika kualitas freon kurang bagus, freon kehilangan kedinginannya ketika terpapar panas saat siang hari. Hal ini menjadi penyebab AC mobil kurang dingin saat siang hari.

    Solusi
    Dengan menggunakan freon AC mobil dengan kualitas lebih baik, masalah ini bisa diatasi. Silahkan melakukan penggantian freon dengan kualitas lebih baik di bengkel AC mobil.

    Lihat Juga: Tips Agar Tidak Tertipu Saat Isi Ulang Freon AC Mobil

    Namun sebagus apapun freon AC mobil, jika terkena panas terus menerus kemampuan pendinginannya akan berkurang. Oleh sebab itu, pemasangan selubung yang bisa memantulkan panas di saluran AC mobil bisa digunakan. Dengan selubung ini, saluran AC mobil tidak mendapatkan radiasi panas terlalu banyak.

  3. Thermistor Bermasalah

    Thermistor Dipasang Bersebelahan dengan Evaporator dan Bekerja Berdasarkan Suhu pada Evaporator
    Faktor lain yang menjadi masalah adanya kerusakan pada thermistor. Sebagai sensor suhu, termistor menjadi pemicu kerja AC mobil. Ketika suhu panas, thermistor memancing AC mobil untuk bekerja lebih keras untuk melakukan pendinginan. Saat thermistor rusak, AC mobil bekerja ala kadarnya dan hanya menghasilkan hembusan angin yang kurang dingin.

    Solusi
    Jika memang thermistor diketahui bermasalah, penggantian part ini wajib dilakukan. Namun tentunya perlu dicari tahu juga apa yang menyebabkan kerusakan thermistor.

Itulah beberapa hal yang menjadi faktor utama AC mobil kurang dingin pada siang hari namun normal di malam hari. Semoga informasi yang diberikan ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Senang bisa menjadi jembatan informasi untuk banyak orang.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *