Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil AC, Service AC Mobil

Hal yang Menentukan Besaran Harga Freon Mobil Isi Ulang

harga freon mobil

Harga freon mobil isi ulang memang sering kali menjadi pertanyaan para pemilik mobil, karena freon merupakan komponen penting pada AC. Biasanya ketika freon sudah habis, pihak bengkel tidak akan langsung melakukan pengisian, dan akan mencari tahu penyebabnya lebih dulu. Sebab, freon habis itu bisa jadi disebabkan oleh adanya kebocoran pada dinding spare part-nya atau memang karena murni sudah habis. Lalu pertanyaannya berapa biaya untuk isi ulang freon?

Harga Isi Ulang Freon AC Mobil

Ketika freon AC mobil mengalami kebocoran di dinding komponennya. Biasanya akan disarankan untuk diganti dengan yang baru ketika kerusakannya sudah parah. Tetapi apabila kerusakannya tergolong ringan, bagian yang mengalami kebocoran akan ditambal lebih dulu. Biaya tambal dinding freon itu sekitar Rp 100 ribu sampai Rp 300 ribuan dan akan berdasarkan pada kerusakannya.

Apabila kasusnya ternyata memang freon harus diisi ulang, maka Anda mesti tahu lebih dulu jenis freon yang digunakan, apakah tipe R12 atau R134a. Kedua jenis freon itu punya fungsi masing-masing, dimana R12 khusus untuk mobil keluaran lama, sedangkan R134a untuk mobil keluaran baru. Maka dari itu, dipastikan lebih dulu jenis freon yang terpasang di mobil supaya pengisiannya bisa dilakukan secara tepat dan tidak menambah kerusakan pada sistem AC.

Harga freon mobil untuk setiap pengisiannya itu berkisar mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 400 ribu. Tetapi semua harga itu akan ditentukan oleh beberapa faktor, mulai dari harga per tabungnya, merk AC, merk mobil,  sampai dengan komponen tambahan lain yang akan mempengaruhi harga pengisian freon mobil. Namun memang kebanyakan pemilik mobil akan menghabiskan dana sebesar Rp 300 ribu untuk sekali pengisian saja. Kalau memang ada biaya tambahan lain, itu bisa jadi ada kerusakan lain di bagian mesin AC mobil Anda.

Estimasi Waktu Isi Ulang Freon

Biasanya untuk waktu pengisian itu akan memakan waktu sekitar 40 menit, dan itu sudah termasuk melakukan pengecekan kebocoran, penambalan apabila ada, vakum freon dan isi ulangnya. Freon sebaiknya diisi ulang ketika AC mobil sudah terasa tidak dingin. Biaya pengisiannya tidak mahal dan bahkan jadi yang paling murah jika dibandingkan dengan penggantian spare part AC yang lain.

Baca Juga : Otomatis AC Mobil

Itulah tadi harga freon mobil untuk pengisian ulangnya. Jika ingin isi ulang freon, Anda bisa langsung datang ke bengkel Dokter Mobil. Ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan saat isi ulang di bengkel Dokter Mobil, diantaranya waktu pengerjaan yang cepat, suhu maksimal bisa mencapai 5 derajat Celcius dan sudah didukung oleh mesin canggih untuk melakukan pengecekan apakah ada kerusakan di bagian spare part freon atau tidak supaya hasil yang didapatkan lebih akurat. Terakhir, terdapat garansi 100% uang kembali ketika hasil servis yang diperoleh ternyata mengecewakan.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *