Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Masalah dan Solusi Mobil

Kisaran Harga Koil Mobil dan Ciri Kerusakannya

harga koil mobil

Koil merupakan bagian atau komponen penting dalam sistem pengapian makanya kisaran harga koil mobil diperlukan supaya mempermudah Anda untuk menganggarkannya. Syarat mesin mobil agar bisa hidup adalah dengan terjadinya panas yang ditimbulkan oleh percikkan bunga api. Dalam hal ini koil berfungsi dalam sistem pengapian untuk mengatur percikkan tersebut.

Peranan koil mobil sangat penting yaitu untuk mengkonversi tegangan listrik yang rendah dari 12 volt menjadi tegangan yang tinggi yaitu 10.000 volt atau lebih. Dalam sistem pengapian ini, pembakaran diteruskan dari motor ke bagian busi pengapian, lewat kabel bertegangan tinggi. Karena pentingnya peranan koil ini, Anda harus melakukan pengecekan dan perawatan dengan baik agar kerusakan yang bisa merembet pada mesin bisa dihindari.

Ciri-ciri Kerusakan Pada Koil Mobil

Informasi mengenai ciri kerusakan dan harga koil mobil ini cukup penting diketahui. Memang, mungkin anda tidak bisa melakukan perbaikannya secara langsung, namun paling tidak, Anda bisa mengetahui ciri-cirinya. Jika terjadi masalah, mekanik bengkel lebih mudah mengetahuinya dari informasi Anda. Berikut beberapa ciri kerusakan yang umum dijumpai:

  • Terasa Panas Saat Diraba

Ciri pertama dari koil mobil yang melemah adalah rasa panas sekali saat anda merabanya. Panas ini tidak biasa dari pada kondisi koil yang bekerja dengan normal. Panas yang tidak normal lagi ini biasanya disebabkan karena usia pemakaiannya yang sudah lama, sehingga nilai resistansi pada gulungan kawatnya, baik primer maupun sekunder menjadi terlalu besar.

  • Percikan Api Yang Tidak Normal

Informasi tentang harga koil mobil memang penting, akan tetapi paham ciri kerusakan koil juga patut dipahami dan salah satunya dengan adanya percikkan api yang tidak normal. Bunga api yang dihasilkan sangat kecil, lemah, dan berwarna kemerahan. Kondisi koil yang bagus terlihat dari percikan berwarna biru, terlihat kuat, serta cukup besar saat menyala.

  • Waktu Menyalakan Starter Lebih

Ciri lainnya dari koil mobil yang mulai melemah adalah waktu yang diperlukan untuk mesin bisa hidup distarter terasa lebih lama. Ini disebabkan campuran dari bahan bakar dan udara yang yang sifatnya insulator tidak dapat mengalirkan arus listrik dengan baik. Apalagi, kalau tekanan udaranya makin meningkat, maka butuh arus listrik lebih besar lagi supaya percikkan api dapat lompat pada kepala busi. Lemahnya percikkan api di busi, membuat waktu starter lebih lama dari pada kondisi koil normal.

  • Mesin Terasa Mberebet Serta Tidak Stabil

Informasi kisaran harga koil mobil penting, sama halnya mengenali gejala kerusakannya. Salah satu ciri koil yang mulai melemah adalah mesin yang menyala tidak stabil dan mberebet. Permasalahan ini disebabkan pembakaran yang tidak sempurna dan hanya di sebagian silinder saja, sedangkan pada yang lain normal.  Pada tahap lebih lanjut lagi, bisa terjadi mesin yang mati mendadak.

Kisaran Harga Koil Mobil

Informasi mengenai berapa kisaran harga koil mobil memang cukup penting bagi anda. Saat Anda mengabaikan harganya, mungkin akan kaget saat harus dilakukan penggantian karena nominalnya yang cukup mahal. Pada beberapa marketplace, kisaran harganya di antara Rp250.000 sampai dengan Rp700.000 tergantung tipe kendaraan. Pada koil racing, memiliki harga lebih tinggi dari pada koil yang biasa.

Baca Juga : Kompresor AC Mobil Mati

Kesimpulannya, cukup penting bagi anda untuk mengetahui berapa kisaran harga koil mobil yang ada di pasaran sekarang. Hal tersebut agar anda bisa menganggarkan biaya penggantian saat memang sudah seharusnya. Membiarkan koil yang tidak berfungsi dengan baik dan memaksakannya tetap bekerja pada mesin, bisa membuat mobil makin rusak. Hal yang lebih parah, kendaraan bisa mati mendadak saat Anda dikendarai.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *