Posted by Aditya Dokter Mobil AC, Perawatan Mobil

Pilihan Alternatif dan Estimasi Harga Pasang AC Mobil yang Perlu Diketahui

AC mobil hanya mengeluarkan suhu panas

Diantara Anda pasti sudah menyadari pentingnya unit Air Conditioner (AC) pada mobil. Perangkat pengatur suhu udara kabin ini tak hanya penting di musim kemarau saja, tetapi juga di musim dingin. Inilah alasannya mengapa semakin banyak pemilik mobil yang ingin mengetahui alternatif dan perkiraan harga pasang AC mobil.

Harga Pasang AC Mobil Sesuai Pilihan, Double Blower, Bekas Copotan atau Set Baru 

Tak hanya ingin memasang baru, semakin banyak pemilik mobil yang ingin mengganti AC mobil mereka karena dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan. Diantara mereka, ada yang memilih AC Double Blower, AC bekas copotan mobil lain hingga pasang baru meskipun harga pasang AC mobil set utuh ini bisa saja cukup mahal.

Pilihan tersebut, tentu saja  hal ini harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pemilik mobil . Terhadap perangkat AC . Ada yang ingin AC bisa dingin hingga ke kabin belakang. Ada pula yang ingin ganti AC dengan komponen ori untuk hasil terbaik. Namun ada pula yang ingin mengganti seluruh sistem AC dengan set yang baru.   

Pasang AC Double Blower

Menggunakan AC jenis Double Blower ini diharapkan hembusan hawa dingin bisa mencapai ke kabin belakang secara optimal. Ini karena tak sedikit pemilik mobil yang mengeluhkan hembusan hawa dingin hanya terasa di kabin depan saja. Namun penggunaan AC jenis ini memiliki konsekuensi terhadap performa kendaraan.

Produk unit AC Double Blower ini sudah banyak ditawarkan oleh bengkel AC mobil dengan merek yang semakin beragam. Tentu saja, hal ini memudahkan pemilik mobil untuk memilih sesuai anggaran dan keinginan. Diantara produk AC Double Blower yang populer karena kualitasnya adalah produk Thailand yang diharga sekitar Rp 3 jutaan dan ND yang dibanderol sekitar Rp 5 jutaan. 

Perlu diketahui bahwa pemasangan AC Double Blower ini tidak selalu mengganti unit kompresor AC bawaan mobil. Namun demikian, kapasitas penampungan  zat refrigerant sistem AC mobil menjadi lebih banyak. Umumnya, bengkel AC profesional akan memberikan garansi perbaikan mulai 6 bulan atau bahkan lebih.   

Pasang AC Bekas Copotan

Tak jarang pula pemilik yang mempertimbangkan memasang AC bekas yang didapat dari unit mobil lain karena dirasa lebih ramah dengan budget, mulai dari Rp 500 ribu hingga jutaan rupiah. Biasanya, pilihan ini juga dikarenakan oleh kondisi mendesak yang mengharuskan pemilik untuk memasang AC pada mobil, namun memiliki anggaran yang terbatas. Tentu saja, pemilik pun harus berani berspekulasi dengan kondisi barang bekas tersebut.

Tentu saja, pemilik hanya bisa memilih AC bekas yang sesuai dengan mobil yang akan dipasangi. Pemilik juga harus memastikan bahwa bengkel AC yang dipercaya, sanggup memasangkan AC bekas tersebut dengan benar untuk menghindari timbulnya masalah lain. Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, pemilik juga bisa menanyakan garansi kepada penjual AC bekas tersebut. 

Pasang AC 1 Set Baru  

Pemilik juga bisa membawa mobil ke bengkel AC untuk melakukan pemasangan sistem AC baru. Tentu saja, biaya pemasangan AC mobil secara keseluruhan ini lebih mahal dibanding kedua opsi yang telah dijelaskan. Kisaran harga untuk untuk pasang set baru ada di angka Rp 5 jutaan sesuai dengan parts dan spesifikasi yang dipilih. 

Tentu saja, pemilik juga akan mendapatkan garansi untuk perbaikan dari bengkel dan sparepart sesuai kebijakan merek yang dipilih. Idealnya semakin berkualitas teknisi dan sparepart . Maka akan semakin tinggi pula harga yang harus dibayarkan. Namun tentu saja, pilihan ada di tangan pemilik mobil.

baca juga  : Menghitung Profit Pengusaha Bengkel Mobil Yang Baru Dirintis

Estimasi Harga Pasang AC Mobil

Seperti yang dijelaskan di atas, tarif pemasangan baru AC mobil mulai di kisaran Rp 5 jutaan dimana nominal ini bisa sedikit berbeda di lain daerah. Biasanya, bengkel AC menawarkan sistem paket untuk pemasangan AC mobil yang dapat dipilih sesuai keinginan dan anggaran pemilik mobil. Namun demikian, berikut ini estimasi harga AC mobil dan tarif pemasangan yang bisa Anda jadikan sebagai tambahan referensi

AC Single Blower

Jenis AC mobil dengan 1 blower ini sudah sangat beragam. Pemilik bisa memasang AC jenis ini hanya dengan berbekal dana mulai Rp 2 jutaan. Pilihan ini biasanya menjadi alternatif paling terjangkau yang ditawarkan bengkel AC mobil.

AC Double Blower

Alternatif kedua adalah memasangkan sistem AC double blower yang dibanderol mulai Rp 3 jutaan sesuai penjelasan di atas. Paket ini mungkin tidak merubah kompresor AC bawaan mobil, namun menambahkan kapasitas freon agar dapat dihembuskan hingga ke belakang kabin secara optimal. Artinya, jenis mobil tertentu bisa saja membutuhkan lebih banyak kapasitas, misalnya

  • AC double blower untuk mobil pickup ada di kisaran Rp 4,5 jutaan

  • AC double blower untuk mobil Hardtop sekitar Rp5,5 jutaan

  • AC double blower untuk mobil truk sekitar Rp 6 jutaan

  • AC double blower untuk mobil MPV sekitar Rp 5 jutaan

Estimasi di atas merupakan tarif dalam skema paket yang tentu saja bisa berbeda antara bengkel AC atau lain daerah. Besaran tarif pemasangan AC mobil sendiri biasanya didapat dari harga unit kompresor dan sparepart, isi freon, dan jasa kelistrikan sesuai mobil. Selain itu, tarif juga bisa dipengaruhi oleh adanya fasilitas lain seperti garansi dan sebagainya.

Demikianlah penjelasan tentang harga pasang AC mobil berdasarkan alternatif yang dipilih, mulai dari AC single blower, AC double blower, AC bekas copotan dan set AC baru. Jika lebih jelasnya anda bisa pergi ke Dokter Mobil. Bengkel tersebut juga spesialis dalam pasang dan bongkar AC mobil. Segala masalah pada AC mobil bisa teratasi di bengkel Dokter Mobil.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *