Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Jika Indikator Aki Menyala, Kamu Wajib Cek Komponen Ini!

Arti Sebenarnya Ketika Indikator Aki Menyala pada Mobil

Adanya ikon-ikon yang bisa menyala tepat di dasbor mobil berfungsi untuk memberi peringatan kepada pengguna apabila mobil bermasalah. Bukan hanya sekedar hiasan yang bisa berkedip-kedip, indikator ini tidak boleh kamu abaikan. Dari sekian banyak indikator, salah satunya adalah indikator aki.

Kalau dalam keadaan normal, lampu tersebut akan mati setelah mesin mulai menyala, Artinya, pengecas aki mobil telah telah berhasil, setelah sistem dinamo sudah menghasilkan listrik. Saat mobil dinyalakan dan indikator aki mobil kamu tetap menyala, artinya ada kemungkinan aki mobil kamu bermasalah. Tapi indikator aki ini tak selamanya menunjukkan aki bermasalah saja, lho. Bisa saja, yang bermasalah adalah sistem pengisian daya mobil kamu. 

Jadi, kalau indikator aki menyala, apa yang harus dicek? Yuk, kita cari tahu sama-sama melalui penjelasan lengkap di bawah ini!

Penyebab Indikator Aki Menyala

Cek kondisi soket alternator. Apabila kondisinya sudah kendur, habis, atau aus, hal ini akan menyebabkan listrik tidak dapat diproduksi, sebab dinamo alternator tidak bisa bekerja dengan baik. Lalu, apa yang harus dilakukan? Kamu harus mengecek carbon brush yang ada di dalam dinamo alternator. Bagaimana kondisinya? Kalau sudah habis, maka kamu perlu segera menggantinya dengan yang baru.

Pengecekan Aki Mobil

Hal ini benar-benar harus segera kamu lakukan. Kalau tidak, nantinya kerusakan ini akan merembet ke aki. Kalau aki sudah bermasalah, mesin mobil kamu bisa mati di tengah jalan! Coba bayangkan, ketika kamu sedang berada di jalanan yang sepi dan kondisi langit sudah gelap. Lalu, mobil kamu mogok karena aki yang bermasalah. Pastinya akan sulit sekali untuk mencari pertolongan untuk memperbaiki mobilmu, kan? Jadi, hindari masalah ini, segera ganti carbon brush mobil milik kamu.

Lihat Kondisi Carbon Brush

Selain mengecek carbon brush, ada baiknya kamu juga mengecek kondisi aki secara berkala. Seperti ilustrasi yang sudah disampaikan di atas. Aki yang bermasalah juga akan memberikan masalah pada dirimu selama berkendara. Sebab, aki punya fungsi yang sangat penting bagi keberlangsungan jalannya mobil kamu. Untuk itu, jika masa pakai aki mobil sudah habis, jangan ragu untuk menggantinya dengan yang baru, ya!

Coba Ganti Air Aki

Cara memperhatikan kondisi aki, kamu harus sering-sering mengisi air aki. Kalau kurang, langsung tambahkan supaya takarannya sesuai. Kemudian, cek juga terminal aki mobil kamu. Jangan sampai kendur. Kalau kendur, langsung putar supaya ketat seperti semula. Kamu juga perlu mengecek kondisi kepala aki, lho. Apabila korosi mulai timbul, segera bersihkan dengan air panas. Dengan begitu, aki akan kembali bersih dan tidak akan menimbulkan masalah. 

Lihat Juga: Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus pada Mobil

Untuk menjaga ketahanan dan aki yang lebih awet, sebaiknya kamu tidak memasang komponen tambahan yang perlu listrik berlebihan. Seperti memasang TV atau sound system yang dayanya terlalu tinggi. Kamu juga sebaiknya tidak sering-sering mengisi daya gadget kamu di mobil. Hal ini boleh saja dilakukan, tapi sebaiknya hanya saat dalam kondisi mendesak saja. Dengan menggunakan listrik yang sesuai, aki mobil kamu akan awet.

Nah, itulah alasan aki menyala serta cara-cara yang bisa kamu lakukan supaya aki tetap bagus dan tahan lama. Jangan lupa lakukan semua tips di atas, supaya performa mobil kamu tetap, tahan lama, dan memiliki masa pemakaian yang lebih panjang. Akhirnya, mobil kesayangan kamu akan siap sering-sering diajak berpetualangan, mengunjungi tempat-tempat yang kamu suka!

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *