Posted by Aditya Dokter Mobil Air Coolant, coolant, Uncategorized

Info dan Kisaran Harga Coolant Radiator Mobil

harga coolant radiator mobil

Cairan pendingin radiator biasanya disebut dengan coolant atau air radiator . Orang awam banyak yang belum mengetahui jenis dan berapa harga coolant radiator mobil . Kendaraan roda empat atau mobil biasanya memiliki sistem pendingin cair, yang berguna sebagai penjaga suhu mesin agar tetap stabil dan tidak over heat (panas berlebih). Pendingin cair ini bekerja sama dengan sistem radiator yang terdiri dari Radiator, kipas dan juga waterpump, ketiga fungsi ini nantinya bertugas untuk mengairi jalur pendingin pada mesin sehingga kinerja dan suhu mobil tetap dalam kondisi prima..

Pertanyaan Seputar Coolant Mobil

Dipasaran banyak merk dan tipe coolant beredar, selain perbedaan harga, juga terdapat perbedaan warna dan perlu diketahui jika warna air radiator memiliki beberapa warna seperti hijau, biru dan juga pink. Kebanyakan coolant berwarna hijau pandan muda hal ini sangat diperlukan untuk mempermudah jika ada kebocoran pada radiator sehingga sumber kebocoran sangat mudah terlihat namun warna hijau atau biru tersebut dipengaruhi oleh bahan kimia coolant. Harga Coolant radiator mobil berkisar antara 22.000 rupiah sampai 150.000 rupiah untuk ukuran satu liter, sedangkan ukuran galon (4-5 liter) dijual mulai dari 55.000 rupiah sampai 300.000 rupiah bahkan bisa lebih dari itu tergantung merk serta kelebihannya.

  1. Kenapa harga tersebut bisa berbeda-beda? 

Kembali lagi kepada merk dan juga kualitas air tersebut, perbedaannya jelas pada kelebihan di titik didih. Standar titik didih air coolant radiator di Indonesia rata-rata di 110 derajat celcius dan warna cairan coolant adalah hijau. Ada juga yang memiliki titik didih hingga 128derajat celcius yang memiliki warna cairan coolant berwarna kemerahan dan ini biasanya digunakan pada mobil-mobil ber-cc besar diatas 3000cc karena semakin besar kapasitas mesin maka kebutuhan pendinginnya pun dituntut harus kuat suhu tinggi.

  1. Apakah bisa menggunakan air biasa?
    Sebenarnya jika dalam kondisi darurat, semisalnya saat mobil mengalami kebocoran radiator atau air coolant keluar dari evaporator. Itu terjadi akibat titik didih berlebih (overheat) dan tidak ada penjual air coolant maka bisa menggunakan air biasa . Namun disarankan untuk menggunakan air aki tutup biru atau air AC yang titik korosinya rendah . Perlu di ingat, cara ini adalah cara sementara sampai berjumpa dengan bengkel radiator untuk memperbaiki masalah.
  2. Apakah coolant harus rutin diganti?
    Sama seperti oli mesin, coolant juga perlu diganti agar tetap baik performanya serta anti korosinya tidak rusak. Biasanya waktu penggantian air radiator antara 20.000 km sampai angka jarak tempuh menyentuh 40.000 km namun jika air radiator terlihat keruh, lebih baik segera diganti demi menjaga kualitas air coolant tetap terbaik.

Untuk mengganti air coolant radiator . Anda bisa langsung membuangnya melalui lubang pembuangan air coolant namun disaat mobil dalam kondisi tidak panas. Jika diperlukan melakukan teknik Flushing radiator atau pembersihan radiator dari sisa-sisa air coolant radiator sebelumnya. Hal ini dilakukan agar radiator bisa lebih bersih dari kerak-kerak yang dihasilkan oleh air coolant itu sendiri, apalagi radiator merupakan bagian yang menggunakan bahan logam sehingga tetap terjadi korosi walaupun sedikit. 

baca juga : Akibat Tidak Menggunakan Pengusir kecoa di mobil

Gunakan Flshing Radiator di Dokter Mobil

Flushing Radiator itu sendiri menggunakan cairan beranama radiator flush . Botolnya memang kecil tapi ini termasuk air yang cukup keras bahan kimianya sehingga harus hati-hati dalam menggunakannya. Pemilik mobil bisa menyerahkan pekerjaan pembersihan radiator kepada bengkel yang sudah berpengalaman . Salah satunya Dokter Mobil yang juga memiliki pelayanan pembersihan radiator mobil secara berkala dan memiliki teknik tersendiri dalam melakukan flushing radiator agar sistem pendingin pada mobil tetap aman tanpa adanya kerusakan. 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *