Posted by imam developer Aki, Tune Up Mobil

Inilah Cara Membuat Aki Tahan Lama dan Awet, Anda Wajib Tahu!

Cara Membuat Aki Tahan Lama

Ada beberapa cara membuat aki tahan lama dan awet. Ya, aki mobil adalah komponen kelistrikan kendaraan yang berperan cukup vital. Sehingga, pemilik kendaraan wajib merawat aki mobil agar kendaraan dapat berfungsi secara normal. Apabila aki mobil rusak, maka Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Harga aki mobil baru pun cukup mahal, yakni di kisaran harga Rp. 450.000 hingga Rp. 600.000. Untuk itu, Anda disarankan agar merawat aki mobil agar tidak rusak dan tetap awet. Beberapa pemilik kendaraan justru tidak tahu bagaimana cara merawat aki mobil agar tahan lama dan tidak mudah rusak.

Cara Membuat Aki Tahan Lama dan Awet Agar Tidak Mudah Tekor dan Soak

Cara Membuat Aki Tahan LamaSebetulnya, membuat aki mobil untuk tetap awet dan tidak mudah tekor atau soak ini cukup mudah. Anda hanya perlu memberi perawatan ekstra agar aki mobil tetap berfungsi secara normal. Maka dari itu, ini dia cara membuat aki mobil Anda tetap awet dan tahan lama. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Selalu Memanaskan Mesin Mobil

Pertama, sering-seringlah memanaskan kendaraan. Tujuannya agar aki mobil tetap berfungsi secara normal. Apabila Anda jarang memanaskan mesin mobil, maka akan terjadi pelemahan fungsi yang membuat aki tekor atau soak.

  1. Jangan Menggunakan Perangkat Elektronik Ketika Mobil Tidak Digunakan

Kedua, jangan pernah menghidupkan dan menggunakan perangkat elektronik ketika mesin mobil tidak dinyalakan. Hal ini membuat aki mobil harus bekerja secara ekstra. Sehingga, aki mobil pun cepat rusak apabila aki mobil dipaksa bekerja secara ekstra.

  1. Selalu Mengecek Kadar Air Aki

Ketiga, lakukan pengecekan kadar air aki secara berkala. Sebab, aki mobil yang kehabisan air aki dapat menyebabkan kerusakan secara permanen. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk selalu mengecek kadar air aki setidaknya 2 minggu 1 kali agar Anda dapat mengetahui kadar air aki dalam mobil Anda. Sehingga, kerusakan komponen aki secara permanen dapat dihindari.

  1. Waspadai Kebocoran Aki Mobil

Keempat, waspadai kebocoran aki mobil Anda. Sebab, kebocoran aki mobil ini disebabkan karena kurangnya perawatan dan adanya benturan antar komponen mesin mobil. Cara membuat aki tahan lama dan awet adalah memberikan perawatan ekstra agar aki mobil tetap berfungsi secara normal.

Bagaimana Jika Aki Mobil Mengalami Kerusakan ?

Aki mobil adalah “nyawa” dari kendaraan. Apabila aki mobil rusak, maka kendaraan tidak dapat difungsikan secara normal. Alhasil, beberapa fungsi kendaraan mengalami malfungsi. Akibatnya, mobil Anda pun tidak dapat distarter. Maka dari itu, Anda wajib melakukan langkah solutif agar kendaraan dapat kembali normal.

Langkah solutif yang diambil harus sesuai dengan penyebab kerusakan pada aki mobil. Apabila aki mobil kurang air, maka silahkan mengisi ulang air aki agar komponen tersebut dapat berfungsi normal kembali.

Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu melepas dan mengisi ulang dengan mengisi air zuur di tiap-tiap katup aki mobil. Hal ini menjadi salah satu cara membuat aki tahan lama dan tetap awet.

Langkah solutif selanjutnya adalah memeriksa kondisi aki mobil. Lakukan pengecekan pada aki mobil apabila kendaraan mengalami masalah kelistrikan. Silahkan cek tegangan aki mobil apakah mengeluarkan tenaga listrik atau tidak. Apabila ada kabel yang putus, maka segera sambung kembali agar tegangan listrik dari aki dapat didistribusikan ke komponen mesin lainnya.

Baca Juga : Penyebab Ac Mobil Boros Bensin Dan Cara Mengatasinya

Dan langkah solutif yang terakhir adalah penggantian unit aki. Hal ini harus Anda lakukan ketika aki mobil tidak dapat diservice. Aki mobil adalah salah satu komponen yang harus diperhatikan betul oleh pemilik kendaraan. Maka dari itu, ketika aki mobil rusak tentu Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Apabila Anda berniat untuk service sekaligus penggantian unit aki mobil, maka Anda dapat memilih Dokter Mobil sebagai tempat untuk merawat serta mengganti unit aki mobil. Disini, Anda dapat memilih merk aki mobil yang sesuai dengan budget. Maka dari itu, segera ke Dokter Mobil cabang terdekat untuk mengetahui cara membuat aki tahan lama dan penggantian unit aki mobil yang tekor dan soak.

Tags:

About Author