Posted by admin Ganti Oli Mobil

Ini Aturan Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Oli mobil

Pedoman Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Oli Mobil

Kesalahan dalam menentukan kapan ganti oli mobil dapat menyebabkan turunnya performa mobil. Penting untuk anda mencari tahu patokan waktu yang ideal. Mengapa? Karena terlalu sering ganti oli tentu boros. Namun terlambat pun dapat menyebabkan kerusakan pada mobil.

Oli adalah sebuah kebutuhan bagi mobil anda. Namun seiring waktu, baik volume maupun kualitas oli di dalam mesin mobil anda akan semakin berkurang. Oleh sebab itu, mengganti oli pada mesin mobil anda dengan yang baru harus secara berkala anda lakukan.

Masalah yang Terjadi Jika Anda Lupa Ganti Oli

Jika anda malas atau lupa maka mobil dapat mengalami masalah-masalah seperti  :

  • Mesin menjadi cepat panas dan overheating
  • Mesin mobil menjadi berisik dan terdengar seperti suara besi saling beradu
  • Mesin dapat retak dan pecah
  • Mobil seperti kehilangan tarikan
  • Mobil mogok
  • Mobil mengalami turun mesin

Harga oli mobil sendiri tidaklah murah. Jika anda terlalu sering mengganti oli, pengeluaran anda akan sangat besar. Namun jika anda terlambat mengganti oli, mobil anda dapat mengalami kerusakan. Oleh sebab itu sangatlah penting untuk tahu kapan ganti oli mobil yang ideal.

Waktu yang Tepat untuk Ganti Oli Menurut Ahli

Mengganti oli sangat diharuskan untuk dilakukan secara berkala. Namun ternyata, waktu berkala di sini adalah sesuatu yang relatif dan bervariasi.

Menurut bengkel
Bagi kebanyakan bengkel, penggantian disarankan untuk dilakukan setelah sekitar 5.000Km. Namun beberapa oli seperti oli full synthetic bisa saja diganti tiap 10.000Km.

Menurut buku panduan mobil
Lain bengkel, lain pula keterangan yang dianjurkan oleh buku manual mobil yang dapat anda baca. Dalam buku tersebut, umumnya dijelaskan bahwa penggantian oli mesin sebaiknya dilakukan setelah jarak 10.000Km.

Jadi Kapan Ganti Oli Mobil Seharusnya Dilakukan ?

Ternyata toleransi oli, terutama oli-oli dengan teknologi terbaru dapat menempuh jarak lebih dari 10.000Km. Namun sebaiknya, sebelum mencapai 10.000Km oli sudah harus diganti untuk mengantisipasi kemungkinan seperti filter oli mengalami kebocoran sehingga oli menjadi kotor dan tidak lagi layak pakai.

Penggunaan mobil juga ternyata mempengaruhi kapan waktu untuk mengganti oli. Untuk mobil-mobil yang harus bekerja berat seperti harus sering melaju di daerah menanjak seperti pegunungan, ataupun harus mengangkut banyak beban berat, oli umumnya lebih cepat mengalami penurunan kualitas. Oleh sebab itu, anda harus sering mengecheck kualitas dan volume oli mesin setiap 3.000Km.

Tempat Terbaik Mengganti Oli

Untuk anda yang ingin mengganti oli mobil anda, anda dapat langsung mengunjungi bengkel Dokter Mobil yang beralamat di :

Dokter Mobil,
Jalan Boulevard Raya Blok QJ1 No. 17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Aurell : 087880884576

Mengapa Dokter Mobil? Ada beberapa alasan mengapa sebaiknya ganti oli mobil di Dokter Mobil. Di antara alasan-alasan tersebut antara lain adalah:

Oli Mobil
Oli di Dokter Mobil adalah oli dengan kualitas terbaik sehingga memiliki jarak tempuh yang sangat jauh. Selain itu, kualitasnyapun sangat baik dalam melindungi mesin mobil anda dari gesekan dan panas.

Tersedia dalam beberapa varian seperti 5W-30, 5W-40, dan 10W-40. Dan harga yang sangat terjangkau.

Mesin Cuci Darah
Di Dokter Mobil ganti oli dilakukan oleh mesin canggih yang dapat menyedot 100% oli bekas di dalam mesin mobil anda. Menjadikannya benar-benar bersih. Proses cuci darah ini tidak hanya cepat, namun juga sangat bersih dan memberikan efek performa mobil yang lebih baik.

Itulah beberapa aturan terkait kapan ganti oli mobil yang ideal. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan tuliskan melalui kolom komentar di bawah ini.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *