Posted by Intan Mobil Mesin Mobil

5 Kelebihan Mobil Diesel Dibandingkan Dengan Mobil Bensin

kelebihan mobil dieselkelebihan mobil diesel

Ketangguhan mesin menjadi kelebihan mobil diesel yang sering membuat kagum banyak orang. Selain itu, mobil ini identik dengan tenaga yang besar. Ada beberapa kelebihan lain yang dimiliki oleh kendaraan jenis ini sehingga peminatnya semakin banyak.

Sampai saat ini, berbagai kompetitor mobil terus berinovasi menciptakan keunggulan dari masing-masing merk mobil. Sudah tahu kelebihan mobil diesel dibandingkan mobil bensin ?

Selain memiliki keunggulan dibidang mesin yang sudah teruji, faktanya masih tersimpan beberapa kelebih lainnya yang jarang diketahui oleh pengguna. Mau tau apa saja? Yuk intip ulasannya dibawah ini.

Kelebihan Mobil Diesel yang Membuat Kagum

Pada beberapa kasus banjir kemarin, kita semua dibuat kagum pada beberapa mobil diesel yang sukses melalui banjir. Padahal mobil-mobil tersebut merupakan jenis mobil lama.

Ya, awet dan daya tahan yang sangat tangguh merupakan satu dari sekian banyak kelebihan mobil diesel. Nah, berikut ini adalah beberapa kelebihan lainnya dari kendaraan berbahan bakar solar ini. Kelebihan tersebut antara lain adalah:

1. Torsi Maksimum pada RPM Rendah

Sudah bukan rahasia lagi jika kelebihan mobil diesel adalah hematnya konsumsi bahan bakar dibanding mobil berbahan bakar bensin. Mengapa bisa begitu ya? Mobil diesel menghasilkan torsi yang lebih rendah dibanding mobil bensin.

Nah, mesin diesel mampu melakukannya pada RPM rendah sehingga konsumsi bahan bakar pada mobil diesel jadi lebih efisien. Sederhananya, kelebihan mobil diesel satu ini adalah, konsumsi bahan bakar yang sedikit saja sudah bisa menghasilkan tenaga yang begitu luar biasa sehingga jauh lebih hemat dibanding mobil bensin.

2. Lebih Sulit Overheat

Apa sih penyebab utama mobil bisa over heat? Yakni adanya uap yang dikeluarkan oleh konsumsi bahan bakar, dan biasanya uap ini dihasilkan oleh mobil berbahan bakar bensin. Untuk mobil diesel yang berbahan bakar solar, tidak akan mengeluarkan uap sehingga potensi mobil akan over heat atau kebakaran jauh lebih kecil dibanding mobil bensin.

Hal ini tentu menjadi salah satu kelebihan mobil diesel ketika membawa mobil di jalan raya yang sibuk dan rentan dengan suhu panas yang tinggi.

3. Lebih Tahan Lama

Rasanya hal ini juga bukan rahasia umum lagi jika mobil diesel dapat bertahan selama bertahun-tahun. Mengapa bisa begitu ya? Rata-rata mobil diesel tidak membutuhkan pengapian yang begitu tinggi sehingga resiko kerusakan mesin sangat kecil. Tidak hanya itu, pada masa sekarang, mesin diesel sudah dilengkapi dengan turbo sehingga mobil diesel jadi lebih sempurna lagi karena kelemahan-kelemahan mesin diesel yang lalu semakin diminimalisir.

Jika Anda mencari mobil yang tahan bertahun-tahun, kelebihan mobil diesel yang satu ini bisa menjadi referensi Anda untuk beli mobil dengan mesin diesel.

4. Pengapian Otomatis

Kelebihan mobil diesel lainnya adanya pengapian otomatis yang tidak didapatkan pada mobil bensin. Maksudnya apa ya? Mobil diesel tidak menggunakan busi dan kawat sehingga Anda akan diuntungkan dengan pemeliharaan yang lebih efisien dibanding mobil bensin. Artinya, mobil diesel hanya menggunakan komponen sedikit untuk beroperasi, sedangkan mobil bensin menggunakan semua komponen hanya untuk membuat pengapian.

Lihat Juga: Mobil Diesel Susah Hidup

Dengan adanya pengapian otomatis ini tentu akan menguntungkan pengendara mobil diesel sebab biaya pemeliharaan mobil jauh lebih murah.

5. Biaya Perawatan Cenderung Lebih Sedikit

Menimbang dari biaya perawatan yang sangat minim dari mobil diesel, bisa dikatakan seseorang yang mempunyai mobil diesel akan lebih diuntungkan dari segi biaya operasional. Khusus dalam hal bahan bakar, mobil diesel jauh lebih hemat dibanding mobil bensin sehingga perbedaan biaya yang dikeluarkan untuk mobilitas antara mobil diesel dan bensin terpaut jauh. Belum lagi nilai penyusutan mobil diesel tidak begitu turun secara signifikan, lebih menguntungkan pemilik ketika ingin menjual mobil diesel. Mengapa bisa seperti itu?

Melirik kualitas yang dimiliki oleh mobil diesel, mobil jenis ini tidak mengalami penurunan harga yang berarti ketika dijual kembali secara bekas sehingga perbedaan harga beli dan jual tidak berbeda jauh. Hal ini yang tidak bisa didapatkan pada mobil bensin.

Demikianlah beberapa hal seputar kelebihan mobil diesel jika dibandingkan dengan mobil bensin pada umumnya. Namun tentu saja bukan berarti mobil bensin kurang bagus. Asalkan dirawat dengan baik, maka performa mobil pasti akan maksimal.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *