fbpx
 
Posted by Intan Mobil Oli Mobil

Bijak Sebelum Membeli, Kenali Ciri Oli Palsu Berikut Ini

Seberapa penting oli mesin bagi mobil anda? Oli mobil merupakan salah satu komponen vital bagi mesin mobil yang berfungsi sebagai pelumasan mesin agar tidak menimbulkan gejala knocking sewaktu mobil dijalankan.

Hingga saat ini, fenomena bengkel abal-abal terus bertebaran di berbagai sudut daerah. Tidak mengherankan bila kasus oli mobil palsu pun juga turut menyertai fenomena ini sebab kendaraan semakin meningkat pesat tumbuh di perkotaan umumnya.

Mengapa Bisa Terjadi Adanya Oli Palsu ?

Kenali Ciri Oli Palsu sebelum anda menjadi korban selanjutnya. Hal ini dimanfaatkan oleh sekelompok oknum nakal yang berusaha mencari profit setinggi-tingginya dengan harga serendah-rendahnya. Maka ide oli palsu dapat tercetus dan korbannya tidak lain adalah customer yang menggunakan.

Ini yang dilakukan !

Mereka mengumpulkan oli-oli bekas yang diwadahkan dalam kolam landai berukuran besar. Setelahnya, diberikan cairan senyawa kimia bernama Bentonit yang berfungsi mengikat semua karbon yang terdapat pada oli bekas.

Setelah didiamkan berapa jam, oli akan mengendap memisahkan molekul. Nah barulah disaring, difilter ulang hingga mendapati oli yang jernih. Setelahnya ditambahkan zat adiktif. Barulah dipackaging serta diberi label kemasan layaknya oli baru.

Jangan sampai kasus ini menimpa Anda

Salah satu kasus yang didapati oleh Dokter Mobil yakni customer pengguna mobil berjenis Alphard. Pengguna mengakui sering melakukan servis rutin pada moobil miliknya. Lubang dari oli pump tertutup sehingga mesin bekerja tanpa oli. Alhasil dampak yang ditimbulkan yakni gear mengalami patah karena tidak ada pelumasan dari oli tersebut. Gear masuk ke ruang mesin hingga hancur sistem mesin pada mobil tersebut.

Total uang yang dikeluarkan mencapai kisaran Rp 36 juta untuk servis mesin hingga seperti kondisi baru kembali. Sangat fatal hanya karena sebuah oli kw atau abal-abal.

Baca Juga : Jangan Anggap Remeh, Ketahui Penyebab Oli Mobil Bocor

Kenali Oli yang Anda Gunakan

Untuk pengguna mobil berjenis merk apapun, sebaiknya simak ulasan berikut ini agar anda tidak terjebak pada oli kw alias abal-abal. Simak selengkapnya dibawah ini;

Pastikan kenali brand oli yang anda gunakan, apakah memang berkualitas atau sebaliknya? Anda dapat melihat dari label kemasan serta pengaman yang digunakan.

Di Dokter Mobil hanya menggunakan jenis satu oli bermerk Ravenol. Ravenol ini memiliki pengaman yang terdapat pada label kemasan serta tutup botol. Pada label kemasan terdapat stiker gosok untuk seller dan buyer yang dapat dimasukkan kedalam sistem aplikasi atau website.

Selain itu, pada tutup botol terdapat pengaman khusus yang didesain menjaga kualitas isi oli tersebut. Sekali ditarik, maka tidak bisa dimasukkan kembali seperti sedia kala. Selebihnya lihat pada video dibawah ini.

Sekian ulasan tips mengenai Kenali Ciri Oli Palsu. Semoga bermanfaat untuk anda. Denhan hadirnya artikel ini semoga dapat menjadikan konsumen cerdas sebelum membeli. Nantikan ulasan bermanfaat lainnya di Dokter Mobil

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button