fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Kenali Penyebab Mesin Bensin Keluar Asap Hitam Pada Mobil

Jangan anggap remeh penyebab mesin bensin keluar asap hitam. Segala permasalahan mobil memang tidak ada habisnya, salah satunya knalpot yang mengeluarkan asap hitam. Hal ini disebabkan oleh sistem pembakaran yang tidak sempurna.

Sebagian pengguna bersifat apatis atau tidak peduli selagi mesin mobil masih dalam kondisi baik-baik saja. Namun sadarkah anda bahwa asap hitam yang ditimbulkan secara langsung dapat menggaggu kenyamanan pengguna jalan lainnya akibat polusi yang dihirup? Selain itu, asap hitam pada knalpot baik motor, mobil, maupun kendaraan besar dapat memicu polusi pencemaran udara. Tentu hal ini sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh. Masih mau ngebul asap hitam dijalanan?

Ada baiknya anda kenali penyebab mesin bensin keluar asap hitam dibawah ini kerusakan tidak menjalar atau merembet ke komponen lainnya, keep scroll…

Busi Kotor atau Rusak

Penyebab pertama, anda patut curigai komponen busi pada mesin mobil. Tidak ada salahnya untuk mengecek secara langsung. Amati dan perhatikan dengan seksama. Jika pada ulir dan pemantik busi terdapat kotoran mengganggu, sebaiknya segera bersihkan dengan cairan khusus bernama carbon cleaner.

Bagaimana cara penggunaannya?

Tuangkan cairan tersebut pada sebuah wadah secukupnya, lalu masukkan busi hingga seluruh permukaan budi terendam. Diamkan sekitar 10-20 menit, dijamin busi akan seperti baru kembali. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di bengkel maupun situs marketplace terpercaya anda. Untuk soal harga pun terbilang terjangkau.

Jika masih nihil, berarti terdapat kerusakan pada busi mesin anda. Umumnya kerusakan disebabkan oleh umur busi yang sudah tua. Tidak heran bila busi sudah seharusnya mendapatkan pergantian dengan busi baru. Sebaiknya gantilah busi keseluruhan agar terhindar dari gejala mobil pincang.

Kotornya Filter Udara

Tidak hanya busi, namun filter udara yang sudah kotor juga turut mempengaruhi kinerja mesin sehingga asap hitam dipicu dari indikasi tersebut. Kotornya filter udara tak lain disebabkan oleh pengguna yang jarang melakukan perawatan servis pada ruang pembakaran.

Mengapa filter udara dapat kotor?

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara dari partikel kotoran yang selanjutnya dijadikan kontimen dalam proses pembakaran bersama bensin. Tingginya intensitas pengguna kendaraan, maka tidak heran bila filter udara dapat kotor dengan cepat.

Solusinya tidak lain yakni membersihkan filter udara atau mengganti dengan part baru agar filter dapat menyaring udara optimal.

Itulah sekelumit penyebab mesin bensin keluar asap hitam. Solusi terbaik yakni lakukan tune up untuk mengembalikan performa mobil anda. Tidak hanya bebas asap, namun dapat menjadikan bahan bakar lebih efisien sehingga dapat mengehemat pengeluaran anda. Yuk hubungi Dokter Mobil..

 

 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button