Posted by Mekanik Juan Mobil Kurang Tenaga, solusi, tenaga mobil

Kenali Penyebab Umum Mobil Pincang Saat Dingin dan Solusi

Kenali Penyebab Umum Mobil Pincang Saat Dingin dan Solusi

Bagaimana rasanya mobil pincang saat sedang terburu-buru untuk pergi? Kesal berkecamuk bingung menyelimuti suasana hati anda. Ya, gejala mobil pincang saat dingin bisa muncul secara tiba-tiba karena minimnya perawatan ringan pada mobil.

Pincang pada mobil yang dimaksud adalah mesin tidak dapat menyala seperti normalnya. Umumnya, mesin dalam kondisi sehat butuh waktu starter sekali hingga dua kali. Jika lebih dari itu, maka dipastikan mobil dalam keadaan bermasalah meskipun belum menujukkan gejala spesifik.

Jangan anggap remeh, gejala ini dapat menyebabkan merembet ke komponen mesin lainnya. Ada baiknya untuk mengetahui penyebab selengkapnya dibawah ini agar mobil mendapati penanganan tepat. Yuk keep scroll;

1. Busi Bermasalah

Penyebab pertama, anda dapat mencurigai mesin sebagai sumber mobil anda pincang. Cobalah periksa busi mesin. Jika terdapat kotoran menganggu maka lepaskan busi dan segera bersihkan dengan amplas.

Busi yang kotor dapat berpengaruh pada hasil percikan bunga api oleh busi. Jika pembakaran terjadi sempurna maka bunga api pada busi pastinya besar. Namun sebaliknya, jika bunga api hanya terjadi sedikit, inilah yang menyebabkan mobil susah distarter.

Jangan lupa pastikan jarak kerenggangan busi tidak terlalu rapat ataupun terlalu renggang sebab sangat berpengaruh pada hasil percikan bunga api busi.  Disarankan ukuran berkisar 0.01 mm.

2. Aki Sudah Lemah

Penyebab selanjutnya yakni aki mobil yang sudah melemah. Tanpa aki, mustahil mobil dapat menyala. Umur pakai mobil juga turut mempengaruhi kinerja aki, wajar saja bila aki sudah masanya habis.

Solusinya tidak lain ialah dengan mengganti aki mobil untuk jenis aki kering, sementara untuk aki basah bisa mengisi cairan aki.

Jangan lupa perhatikan kebersihan aki mobil anda. Bila terdapat kerak noda berwarna baik dikutub negatif maupun positif, sebaiknya segera bersihkan dengan air hangat.

3. Pompa Bahan Bakar Bermasalah

Pompa bahan bakar yang bermasalah dapat menyebabkan mobil brebet atau pincang. Ini pentingnya pompa bahan bakar bagi performa mobil anda. Fungsinya tidak lain untuk memompa bahan bakar ke karburator mobil untuk proses pengapian.

Tidak heran bila komponen ini bermasalah dapat menyebabkan mobil tidak bisa menyala karena aliran bensin terhambat.

4. Masalah Sensor Suhu Radiator

Waspadai jika sensor sudah bermasalah, pasalnya bila sudah mengalami kerusakan maka perlu dilakukan pergantian yang cukup memakan budget. Tidak hanya pincang saat dingin, namun kerusakan lainnya akan menghampiri mobil anda, salah satunya timbul overheat.

Cara mengatasinya cukup bersihkan radiator yang tersumbat. Namun sebaiknya dapat dibawa ke bengkel spesialis terdekat untuk dilakukan penanganan secara tepat.

5. Filter Udara Mobil Anda Kotor

Penyebab mesin mobil brebet saat dingin yang terakhir karena bagian filter udara mobil dalam kondisi kotor. Kotornya saluran pembakaran juga dapat mengakibatkan BBM menjadi boros.

Oleh sebab itu, cara mengatasinya yakni dengan melakukan tune up di bengkel servis keterpercayaan anda. Dengan melakukan tune up, maka  saluran pembakaran menjadi bersih dan kinerja mobil menjadi optimal kembali.

Baca Juga : Tune Up Mobil Diesel, Aman untuk Perawatan Mobil Anda

6. Jarang Memanaskan Mobil Sebelum Digunakan

Penyebab terakhir adalah bisa jadi pengguna jarang memanaskan mobil sebelum digunakan beraktivitas. Sebaiknya dipanaskan rutin setiap pagi meskipun sedang tidak digunakan berpergian. Panaskan mobil kisaran 2 hingga 3 menit.

Mesin yang brebet dapat membuat komponen mesin menjadi lebih cepat rusak hingga memperpendek umur.

Nah itulah informasi mengenai mobil pincang saat dingin. Semoga dapat menjadi solusi bagi permasalahan mobil anda saat ini. Jangan lupa berikan perawatan terbaik dengan melakukan servis ringan secara berkala.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button