Posted by Mekanik Juan oli, Oli Mobil

Ketahui Penyebab Mesin Mobil Basah dan Cara Mengatasinya

Mengelap Saja Belum Cukup Mengatasi Penyebab Mesin Mobil Basah

Penyebab mesin mobil basah salah satunya adalah karena oli rembes. Jika dibiarkan, bukan hanya performa yang semakin menurun. Bahan bakar pun jadi lebih boros, mesin mobil juga bisa jebol.

Celakanya, masalah ini tidak hanya terjadi pada mobil tua. Masalah ini juga terjadi pada mobil baru yang mempunyai tingkal intensitas pemakaian yang tinggi namun kurang rajin melakukan perawatan mobil.

Resiko yang Terjadi Jika Mesin Mobil ada Tanda Basah

Jika anda menemukan rembesan pada pada sekitar eksterior maupun interior mesin, maka dapat dipastikan anda sedang mengalami kebocoran oli. Gejala ini otomatis akan membuat oli mesin menjadi berkurang. Jika berkurang, maka kinerja mesin lambat laun menjadi tidak stabil hingga dapat ebujung pada gejala overheat.

Dampak dari berkurangnya oli ialah pergesekan diantara komponen mesin juga akan semakin keras dan mengeluarkan suara bising menganggu, sehingga berbagai kerusakan dapat timbul dengan cepat. Bebeerapa komponen seperti dinding silinder piston yang semakin terkikis, kampas kopling menipis, bahkan gigi transmisi yang bisa terganggu. Sangat berbahaya bukan?

Cara Mencari Tahu Penyebab Mesin Mobil Basah

Pertama, kebocoran oli mesin dapat terlihat dengan adanya blok mesin yang selalu tampak basah walapun tidak terkena air apapun. Bagian tersebut selalu dihinggapi bagian debu yang ikut menempel hingga terihat lebih kehitaman.

Kedua, perhatikan tetesan oli pada lantai garasi tempar terparkirnya mobil anda. Amati dan lihat secara seksama, pastikan memang cairan tersebut merupakan oli mesin. Anda dapat mengecek volume oli kendaraan Anda dengan menggunakan alat dipstick. Cek apakah volume oli berkurang secara drastis atau tidak, dengan kembali menggunakan dipstick.

Terakhir, cobalah anda raba pada bagian bawah mesin. Umumnya, remebesan oli akan mengalir pada titik terendah. Amati dan cermati asal oli tersebut bermuara.

Segera Perbaiki Mesin Basah Karena Oli

Jangan sepelekan kondisi ini. Salah satu penanganannya yakni dengan mengganti bagian packing set pada sambungan blok mesin.

Jika masih nihil, tidak ada salahnya untuk segera membawa ke bengkel spesialis mesin mobil agar mobil mendapatkan penanganan secara tepat. Meskipun mobil masih dapat digunakan namun tentu kondisi ini sangat membahayakan bari para penggunanya.

Itulah ulasan mengenai penyebab mesin mobil basah dan cara mengatasinya. Semoga informasi otomotif ini dapat bermanfaat dan dijadikan sebagai rujukan terpercaya anda. Apapun masalah mobilnya, Dokter Mobil bengkelnya.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *