Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Masalah dan Solusi Mobil

3 Cara Atasi Knalpot Keluar Asap Hitam yang Jarang Diketahui

knalpot keluar asap hitam

Salah satu masalah umum dalam penggunaan sebuah mobil adalah knalpot keluar asap hitam. Masalah ini jangan sampai membuat Anda panik. Tanpa perlu ke bengkel, Anda sendiri dapat menyelesaikan masalah tersebut. Dokter Mobil siap memberikan solusi praktis untuk Anda.

Saat knalpot mengeluarkan asap hitam berarti performa mobil pasti terganggu. Selain itu menurunkan rasa percaya diri karena pasti membuat pengendara lain komplain pada Anda saat di jalan. Asap berwana hitam biasanya disebabkan pembakaran yang tidak sempurna.

Ada 3 penyebab Knalpot Keluar Asap Hitam Beserta Solusinya

Oleh sebab itu segera cek penyebab asap hitam mobil Anda. Lalu lakukan langkah-langkah solutif berikut:

  1. Setelan pembakaran mesin boros

Pada umumnya, rasio Air Fuel Mixture (AFM) ada di perbandingan 14:1. 14 molekul udara berbanding dengan 1 molekul bensin. Rasio ini adalah rasio standar dan perlu dijaga konsistensinya.

Saat rasio berubah jadi 12:1 maka bensin tidak akan tercampur sempurna dengan udara. Efeknya, bensin tidak langsung terbakar secara spontan. Semakin banyak bensin yang tidak terbakar, berarti dari knalpot keluar asap hitam dalam jumlah banyak.

Solusi masalah ini adalah melakukan pengecekan ke area karburator. Sebab karburator-lah penjaga utama rasio pembakaran. Bagian yang perlu dicek adalah:

  • Bila gas buang berwarna hitam saat idle atau saat RPM langsam artinya setelan idle air mixture tidak pas. Anda cukup memutar sekrup setelan idle air mixture. Lakukan trial and error beberapa kali hingga menemukan setelan tepat.
  • Bila masalah asap hitam terjadi saat RPM sedang hingga tinggi, maka berarti ada masalah di main jet. Kalau sudah begitu, berarti Anda harus mengganti karburator.
  • Bila asap hitam hanya keluar saat beban mobil sedang berat-beratnya atau saat melewati jalan menanjak, maka masalahnya ada di sistem power karburator. Anda tidak perlu khawatir, ini fenomena biasa. Sistem power karburator memang akan bekerja memberi suplai bensin lebih maksimal. Sehingga rasio AFM jadi boros.

Point sepele tapi sering dilupakan lainnya adalah melakukan pengecekan katup choke. Jaga katup choke tidak tertutup. Karena akan membuat rasio AFM jadi boros saat katup tertutup.

Jika mobil Anda menggunakan sistem injeksi, idealnya lampu check engine pasti menyala jika masalah pembakaran mesin terjadi. Jika masalah ini terjadi, Anda sebaiknya memang harus pergi ke bengkel. Sebab mobil Anda perlu melakukan penggantian komponen.

  1. IAC macet

Apabila dari knalpot keluar asap hitam hanya saat RPM langsam, bisa jadi masalah ada di idle air control (IAC).

Idle air control adalah katup pengatur udara di bagian throtle body. Saat katup terbuka penuh artinya udara masuk dalam jumlah banyak. Sebaliknya, saat terbuka sedikit artinya udara masuk jadi sedikit.

Saat udara yang masuk sedikit sedangkan volume bensin yang masuk masih sama makan akan rasio campuran jadi boros. Saat itulah Anda perlu mengecek area throtle body dan membuka IAC.

Bersihkan katup pengatur udara ini. Setelah itu bersihkan saluran idle dengan karburator cleaner. Cairan cleaner itu sanggup membersihkan kerak di area IAC dan saluran idle.

  1. Filter kotor

Penyebab umum berikutnya adalah filter udara yang kotor. Efek pertama kotornya filter udara adalah jeleknya kualitas udara yang masuk ke intake.

Saat kualitas udara yang masuk ke intake jelek, secara otomatis ini akan memberi efek ke performa IAC, karburator, atau sistem injeksi.

Baca Juga : Suara Mesin Mobil Kasar saat Dingin

Solusi masalah filter adalah tune up secara teratur dan menjaga kebersihan filter. Saat filter sudah terlalu kotor, berarti Anda harus mengganti dengan yang baru.

Tiga faktor penyebab knalpot keluar asap hitam di atas semoga akan memudahkan Anda. Harapannya, Anda akan bisa memperbaiki mobil Anda sendiri. Dengan begitu pengeluaran untuk servis mobil jadi lebih bisa ditekan. Selamat mencoba.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *