Posted by Mekanik Juan Tune Up Mobil

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Hitam dan Perbaikannya

Gejala Knalpot Mobil Keluar Asap Hitam

Gejala knalpot mobil keluar asap hitam menandakan ada masalah sistem pembakaran. Pengecekan pada sistem exhaust perlu segera dilakukan. Karena solusi terbaik hanya bisa didapatkan jika perbaikan sesuai dengan sumber masalah.

Lantas bagaimana mengatasi masalah ini? Juga bagaimana cara mencegah masalah ini tidak muncul kembali?

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Hitam

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, masalah asap hitam pada knalpot mobil terjadi karena adanya kerusakan pada sistem pembakaran. Selain menyebabkan polusi, asap hitam ini menandakan mobil harus segera diperbaiki sebelum kerusakan semakin parah.

Gejala asap hitam ini biasanya akan disertai dengan gejala-gejala lain seperti mesin menjadi lebih boros bahan bakar, dan menjadikan performa mobil menurun. Adapun beberapa hal yang menyebabkan knalpot mobil keluar asap hitam di antaranya adalah:

  • Filter Udara Kotor

    Ketika filter udara dipenuhi debu dan kotoran maka aliran udara pada intake penuh. Hal ini menyebabkan sumbatan pada beberapa saluran penting terutama sistem intake. Sumbatan ini menyebabkan pembakaran menjadi bermasalah, bahan bakar tidak bisa terbakar sempurna sehingga asap mobil keluar warna hitam.

  • Busi Kotor Menyebabkan Knalpot Mobil Keluar Asap Hitam

    Sistem pengapian yang buruk akan menghasilkan residu lebih banyak. Ketika busi kotor, maka sistem pengapian menjadi buruk dan bermasalah. Hal ini menyebabkan bensin tidak terbakar secara sempurna dan menyebabkan warna asap menjadi warna hitam.

  • Masalah di Sistem Karburator Mobil

    Pada intinya asap mobil yang berwarna hitam terjadi karena bahan bakar tidak terbakar dengan sempurna. Menyebabkan masih banyak residu sisa pembakaran (karbon). Kerusakan pada sistem karburator menjadi salah satu hal yang menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna.

  • Banyak Kerak pada Ruang Bakar

    Kerak karbon akan muncul seiring dengan waktu. Ketika kerak karbon sudah cukup tebal, maka proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan menyebabkan keluarnya asap hitam. Oleh sebab itu, kerak karbon pada sistem pembakaran harus dibersihkan secara berkala melalui proses tune up. Agar pembakaran mobil lebih baik maka kepala silinder bisa dibersihkan secara berkala.

  • Kerusakan Sensor MAF/ IAT (EFI)

    Sensor MAF memiliki fungsi menghitung masa udara dan suhu udara pada mesin mobil. Perhitungan yang tepat akan menghasilkan perbandingan yang tepat antara bahan bakar dengan udara. Namun kerusakan pada sensor MAF menyebabkan mobil kurang baik dalam pembakaran mobil. Untuk mengatasi masalah kerusakan sensor MAF biasanya dengan melakukan penggantian sensor.

Dengan mengetahui hal-hal di atas, akan lebih mudah menentukan apa yang menjadi sumber masalah asap hitam pada mobil anda. Cara memperbaiki dan mencegah masalah ini muncul kembali ternyata mudah. Bagaimana caranya?

Cara Mengatasi Asap Hitam dari Knalpot

Untuk mengatasi knalpot mobil keluar asap hitam ada beberapa tindakan perbaikan yang bisa dilakukan. Pastikan mengambil solusi yang tepat sesuai dengan penyebab dan sumber masalah.

Adapun beberapa hal yang menyebabkan keluarnya asap hitam dari knalpot mobil adalah:

Penggantian Exhaust Part yang Bermasalah

Part yang bermasalah dan menyebabkan sistem pembakaran menjadi tidak sempurna sebaiknya diganti. Part yang bermasalah dan harus diganti ini misalnya busi yang sudah lemah, nozzle yang tersumbat atau rusak, ataupun koil yang sudah tidak berfungsi normal.

Setting Ulang Sistem Exhaust Mobil

Exhaust sistem mobil harus dalam settingan yang tepat. Ketika katup gas tidak terbuka dengan normal maka pasokan udara bisa terlalu banyak atau terlalu sedikit dan menyebabkan emisi gas buang yang lebih pekat. Menyetel ulang sistem exhaust bisa membantu mengembalikan gas buang kembali normal seperti baru.

Tune UP Mengatasi Knalpot Mobil Keluar Asap Hitam

Melakukan tune up dapat membantu menyelesaikan masalah knalpot mobil keluar asap hitam. Tune UP bisa dilakukan di bengkel mobil yang memang spesialis tune up. Namun pastikan untuk bertanya apakah jenis masalah yang sedang anda hadapi bisa diselesaikan cukup dengan melakukan tune up.

Setelah mobil diperbaiki, bukan berarti mobil tidak akan mengalami gejala hitam lagi. Oleh sebab itu, pencegahan perlu dilakukan.

Mencegah Knalpot Mobil Keluar Asap Hitam

Mencegah akan selalu lebih baik daripada harus perbaikan. Oleh sebab itu, ada hal-hal yang harus dilakukan dan ada hal-hal yang harus dihindari. Bagaimana caranya?

Demi menghindari kerusakan ataupun masalah asap hitam di mobil, ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan. Perawatan yang dilakukan ternyata cukup mudah dilakukan, yaitu dengan:

Panaskan Kendaraan

Mobil sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan, terutama mobil yang jarang dipakai. Hal ini untuk memastikan mobil sudah siap dalam mengolah bahan bakar dengan sempurna.

Hindari Bahan Bakar Berkualitas Rendah

Bensin memiliki nilai oktan, solar memiliki nilai cetane. Semakin tinggi nilai oktan dan cetane, semakin baik performa pembakaran mobil. Penggunaan bahan bakar dengan oktan dan cetane menyebabkan lebih tingginya karbon sisa pembakaran yang menyebabkan keluarnya asap hitam dari knalpot mobil.

Lakukan Tune UP Secara Berkala

Perawatan terbaik untuk mencegah asap hitam di mobil adalah dengan melakukan tune up secara berkala. Pastikan untuk melakukan tune up dan pembersihan di seluruh komponen yang berhubungan dengan sistem pembakaran. Mulai dari katalitik, intake, valve, head silinder, throttle, dan lain-lain.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab knalpot mobil keluar asap hitam dan cara untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk kita semua dan menjadikan performa mobil kembali normal seperti baru.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *