fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih dan Air Bening

Solusi Mengatasi Knalpot Mobil Keluar Asap Putih dan Air dengan Mudah dan Cepat

Masalah yang menyebabkan knalpot mobil keluar asap putih dan air harus ditemukan. Dengan demikian, perbaikannya akan lebih mudah. Namun tahukah anda, ada cukup banyak hal yang menjadi penyebab munculnya masalah ini.

Ya, beda penyebab masalah tentunya beda juga solusinya. Perbaiki segera sebelum masalah merembet dan menyebabkan kerusakan semakin besar.

Faktor yang Menyebabkan Knalpot Mobil Keluar Asap Putih dan Air Menetes

Pada normalnya, knalpot putih tidak mengeluarkan asap yang berwarna tebal (entah itu warna putih, hitam, biru, kuning, ataupun warna lainnya). Untuk masalah asap putih pada mobil anda, kemungkinannya adalah karena ada oli yang terbakar, atau ada air coolant yang ikut terbakar.

Jika knalpot memunculkan air, maka kemungkinan besar karena ada pengembunan di sistem gas buang mobil. Untuk kasus keluarnya asap putih dan adanya air di knalpot mobil, maka faktor penyebabnya antara lain adalah:

  1. Kebocoran Air Coolant Bocor ke Ruang Bakar dan Exhaust
    Jika coolant bocor dan masuk kedalam ruang bakar, maka coolant pasti dibakar. Menyebabkan keluarnya asap putih susu dari knalpot mobil anda.Selain itu, masuknya air coolant ke exhaust sistem juga menyebabkan air coolant berubah jadi uap berwarna putih. Dan dikeluarkan oleh sistem mobil melalui knalpot.

    Penyebab kebocoran biasanya karena ada retakan di silinder mesin. Bisa karena faktor usia mesin, bisa juga karenaa hal teknis lainnya.

    Satu hal yang cukup diwaspadai adalah tingkat kepekatan asap mobil. Semakin pekat asap mobil, artinya kebocoran sudah pada tahap yang semakin parah. Sebelum hal tersebut terjadi, maka perbaikan segera harus dilakukan.

  2. Kebocoran Oli ke Ruang Bakar
    Oli yang bocor ke ruang bakar akan dibakar dan menghasilkan asap berwarna putih. Ada beberapa hal yang membedakan antara asap putih karena oli terbakar, dan asap putih karena air coolant terbakar.Jika oli terbakar, maka asap yang keluar adalah berwarna putih kebiru-biruan. Sementara itu, jika air coolant terbakar, maka yang keluar adalah asap putih berwarna putih pekat.

    Jika masalah asap putih disebabkan oli terbakarnya oli mobil, maka perbaikan wajib dilakukan segera. Karena mesin mobil anda sedang bekerja dalam kondisi kekurangan oli. Membawa mobil yang oli mesinnya kurang hanya mempertinggi resiko jebolnya komponen mesin secara keseluruhan.

    Ada beberapa hal yang menjadi penyebab oli bocor ke ruang bakar dan menimbulkan gejala knalpot mobil keluar asap putih dan air. Biasanya kebocoran ini terjadi karena adanya keausan pada silinder mesin, kebocoran pada gasket ataupun klep, dan adanya retakan pada dinding silinder mesin.

  3. Ada Pengembunan di Gas Buang
    Masalah ini biasa terjadi pada mobil-mobil keluaran lama. Terutama mobil yang sistem pembakarannya tidak sempurna sehingga bahan bakar dan udara tidak terbakar dengan baik.

    Karena mobil bersistem injeksi pembakarannya sempurna, maka pengembunan ini tidak terjadi pada mobil injeksi. Nah, jika mobil keluaran lama mengeluarkan air tanpa asap, maka sebenarnya kondisi mobil baik-baik saja. Jika asap putih dan air keluar dari knalpot, maka kemungkinan besar ada masalah pengembunan di mobil, atau ada kebocoran oli ataupun air coolant.

  4. Knalpot Mobil Kemasukan Air
    Air bisa saja terperangkap di dalam knalpot. Misalnya karena anda melalui jalanan banjir, atau ada genangan air yang terciprat dan masuk ke dalam knalpot. Bisa juga karena setelah cuci mobil, ada air yang masuk ke knalpot mobil.

    Biasanya setelah beberapa saat asap dan air ini akan hilang. Dan biasanya hal ini tidak beresiko. Namun jika asap putih dan keluarnya air tidak kunjung berhenti, maka segera lakukan pengecheckan kondisi mobil, dan mintalah penanganan segera pada bengkel langganan anda.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya masalah di mana knalpot mobil keluar asap putih dan air yang menetes. Untuk memastikan kondisi mobil tetap prima, langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan rutin melakukan perawatan. Dan segera melakukan pengecheckan dan service ketika muncul hal yang tidak normal pada kondisi mobil.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *