Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih saat Hujan Lebat

Faktor Utama Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih saat Hujan dan Solusinya

Adapun penyebab utama knalpot mobil keluar asap putih saat hujan adalah karena ada air yang masuk ke sistem exhaust. Masalah ini biasanya segera hilang. Namun jika asap putih tidak kunjung hilang, maka anda perlu melakukan tindakan.

Ya, asap putih yang muncul dari knalpot saat hujan memang biasanya berasal dari air atau uap air yang terjebak di knalpot. Namun ada beberapa sumber masalah lain yang wajib anda waspadai. Apa saja sumber masalah tersebut?

Penyebab Utama Knalpot Mobil Keluar Asap Putih saat Hujan

Setidaknya ada 3 hal utama yang menyebabkan permesalahan ini. Pastikan memperbaiki dan mengatasinya segera. Karena asap putih dari knalpot seringkali menjadi indikator datangnya “TURUN MESIN”.

Adapun penyebab knalpot ngebul asal putih ketika hujan adalah:

  1. Ada Air Terjebak di Dalam Knalpot Mobil

    Merupakan penyebab utama dan paling sering ditemui. Biasanya masalah asap putih yang ngebul akan segera hilang. Terutama setelah tidak ada lagi hujan. Namun jika masalah tidak kunjung selesai, maka pengecheckan lebih lanjut perlu dilakukan.

  2. Kebocoran Oli

    Bisa jadi saat berjalan di tengah hujan, ada masalah di seal oli sehingga oli bocor dan masuk ke saluran pembakaran. Akibatnya, oli bercampur dengan bahan bakar. Ciri dari masalah ini adalah masalah ngebul muncul kembali meskipun cuaca sudah tidak hujan.

  3. Pengembunan di Dalam Sistem Pembakaran

    Di dalam sistem pembakaran, komposisi yang tepat antara udara dan bahan bakar akan menghasilkan pembakaran yang sempurna. Namun saat hujan, suhu di dalam sistem pembakaran bisa berubah sangat dingin. Akibatnya udara mengembun dan berubah jadi air.

    Bahan bakar yang tercampur dengan air ini menjadikan knalpot mengeluarkan asap putih. Namun biasanya masalah ini bisa hilang dengan sendirinya.

Yang manakah sumber ngebul pada knalpot mobil anda? Pastikan untuk mengecheck kondisi mobil secara menyeluruh. Dan jika masalah tidak kunjung beres, segera melakukan tindakan sesegera mungkin.

Untuk mencegah resiko turun mesin, pastikan untuk secara berkala memeriksakan kondisi mobil. Dan secara berkala melakukan tune UP pada saluran pembakaran mobil anda.

Itulah beberapa hal yang menjadi faktor penyebab masalah knalpot mobil keluar asap putih saat hujan lebat. Semoga bermanfaat dan memecahkan masalah anda.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button