fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Ketika Knalpot Mobil Ngebul Saat Mesin Dingin Ini Solusinya

5 Penyebab Knalpot Mobil Ngebul Saat Mesin Dingin dan Solusi Pencegahannya

Sebenarnya wajar knalpot mobil ngebul saat mesin dingin atau di pagi hari. Namun masalah ini perlu segera dicheck dan diatasi. Karena dikhawatirkan dapat merembet dan menimbulkan masalah lainnya.

Untuk dapat mengatasi masalah ini, anda perlu mengetahui apa yang menyebabkan munculnya asap mengebul dari knalpot. Terutama di pagi hari.

Penyebab Knalpot Mobil Ngebul saat Mesin Dingin atau di Pagi Hari

Ada cukup banyak faktor yang menyebabkan knalpot mobil anda ngebul. Namun jika ngebulnya saat mesin dingin biasanya disebabkan oleh faktor-faktor seperti:

  1. Suhu Mesin Berubah Mendadak

    Knalpot ngebul biasa muncul pada mobil yang semalaman terguyur hujan, atau semalaman berada di daerah yang sangat dingin. Karena suhu mesin terlalu dingin, saat mesin mulai panas, terjadi pengembunan di knalpot. Akibatnya, muncul titik air di dalam knalpot. Hal tersebutlah yang menjadikan knalpot mobil ngebul.

  2. Uap Air di Dalam Knalpot Mobil

    Hal ini biasa terjadi pada mobil yang lama tidak digunakan. Mobil yang jarang digunakan akan memiliki banyak kandungan uap air yang terjebak di dalam knalpot mobil. Ketika mesin digunakan, air di dalam knalpot akan berubah jadi kebulan asap.

  3. Terlalu Banyak Bahan Bakar Masuk ke Ruang Pembakaran

    Bahan bakar yang diolah di saluran pembakaran harus sesuai dan seimbang antara volume udara, dan volume bahan bakar. Kelebihan bahan bakar yang terbakar akan menyebabkan munculnya asap ngebul di knalpot mobil.

    Pada mobil diesel, kelebihan bahan bakar solar akan menyebabkan munculnya asap putih. Pada mobil bensin, kelebihan bahan bakar dapat menyebabkan munculnya asap hitam.

  4. Seal Klep dan Ring Piston Rusak

    Jika knalpot terus menerus mengeluarkan asap ngebul, kemungkinan besar terjadi kerusakan pada seal klep ataupun ring piston. Kerusakan pada komponen tersebut menyebabkan oli mobil masuk ke ruang pembakaran.

    Penanganan segera perlu dilakukan jika menemui masalah ini. Karena masalah ini dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros dan komponen lainnya di mobil mengalami kerusakan.

  5. Kerusakan pada Pompa Bahan Bakar

    Pompa bahan bakar yang rusak juga menjadi penyebab knalpot mobil mengeluarkan asap ngebul saat dingin. Kerusakan ini biasanya ditandai dengan keluarnya asap hitam dan turunnya tenaga mobil.

Untuk menjaga agar mobil tetap dalam kondisi terbaiknya, dan untuk mengatasi knalpot mobil ngebul saat mesin sedang dingin, maka perawatan berkala perlu dilakukan. Tune UP adalah solusi yang bisa anda pilih.

Pastikan memilih tune Up yang membersihkan seluruh sistem pembakaran di mobil anda. Dengan demikian, sistem pembakaran bisa bersih seperti baru. Karena  memang pada dasarnya masalah ngebul ini terjadi karena ada kendala di sistem pembakaran mobil.

Itulah beberapa faktor penyebab knalpot mobil ngebul saat mesin dingin yang sering terjadi. Jika masalah asap ngebul terus berlanjut, pastikan untuk segera melakukan penanganan.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *