Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil AC

5 Faktor Penyebab Kompresor AC Mobil Mati Dan Mengatasinya

kompresor ac mobil mati

Masalah yang sering ditemui pada sistem pendinginan kendaraan adalah kompresor AC mobil mati. Fungsi kompresor AC mobil sendiri adalah untuk mengkompresorkan freon supaya sistem pendinginan dalam AC dapat bersirkulasi. Jika kompresor tidak bekerja maka dipastikan tidak akan bisa melakukan pendinginan optimal. Suhu di dalam kabin akan berada membuat tidak nyaman.

Perawatan terhadap komponen mobil, termasuk AC ini harus dilakukan secara rutin. Saat perawatan dilakukan dengan baik, tentu kualitas dalam berkendara jadi lebih tinggi. Jadi, jangan remehkan masalah ini. Kompresor AC mobil yang mati akan sangat mengganggu kenyamanan anda saat berkendara.

Penyebab Kompresor AC Mobil Mati

Informasi tentang apa saja penyebab kompresor AC mobil mati, perlu diketahui oleh para pengguna kendaraan. Hal ini untuk mengetahui tanda-tanda dini adanya ketidak beresan di sistem pendinginan mobil. Pada bagian kompresor sendiri, penyebab yang timbul jika tidak menyala adalah sebagai berikut:

  • Fan Belt AC Terputus

Penyebab pertama kompresor AC mobil mati adalah vanbelt yang terputus. Fungsi fan belt ini sendiri adalah sebagai penghubung antara pulley AC dan puly crankshaft yang terdapat pada mesin. Saat mesin dalam keadaan hidup, putarannya bisa dipakai oleh pulley kompresor untuk dapat memutar pompa. Saat kompresor AC tidak berputar maka pastinya permasalahan adalah fan belt yang terputus, dan Anda harus menggantinya dengan yang baru.

  • Terputusnya Sekring Magnetic Clutch

Masalah yang lainnya saat kompresor AC mobil tidak menyala adalah putusnya sekring magnetic clutch. Terputusnya sendiri bisa diakibatkan oleh beban listrik yang terlalu besar. Lokasi sekring ini sendiri biasanya terdapat dalam kotak box yang yang ada di ruang mesin kendaraan. Saat terputus, tentunya tidak ada jalan yang lain dan harus diganti yang baru.

  • Kerusakan Relay Magnetic Clutch

Permasalahan lainnya saat kompresor AC mobil mati adalah rusaknya bagian relay magnetic clutch. Caranya kerjanya sendiri adalah dengan sistem elektromagnetik, saat saklar AC mobil dalam kondisi on, arus listrik dengan daya yang lebih besar akan mengalir juga kebagian relay magnetic clutch. Saat bagian ini rusak, arus listrik akan terputus dan kompresor akhirnya tidak akan menyala. Untuk mengecek kerusakan pada bagian ini, Anda dapat menukarkan relaynya dengan yang lain asalakna modelnya ada dalam fuse box.

  • Magnetic Clutch Yang Rusak

Penyebab matinya kompresor AC mobil lain adalah magnetic clutch yang rusak. Komponen ini juga bekerja dengan sistem elektromagnetik. Saat ada arus listrik mengalir, akan muncul system magnet dan membuat pulley kompresor menempel dan akhirnya ikut serta berputar sama dengan putaran mesin. Biasanya, masalah yang sering dijumpai adalah berita kabelnya yang terputus.

  • Sensor Tekanan Dan Suhu AC Yang Bermasalah

Masalah lainnya, pada saat AC dinyalakan  dalam posisi on dan bersama dengan puli kompresor. Tetapi, jika sensor AC bermasalah maka akan membuat tekanan freon yang terlalu tinggi dan membuat magnetik clutch tidak aktif. Untuk pemeriksaannya sendiri, sebaiknya Anda serahkan kepada bengkel profesional yang memiliki teknisi berpengalaman dalam perbaikan AC mobil.

Baca Juga : Penyebab Tarikan Mobil Tersendat

Itulah artikel mengenai beberapa penyebab kompresor AC mobil mati. Pengecekan dan perawatan terhadap komponen-komponen sistem pendinginan kendaraan, yang penting dilakukan supaya kondisi kabin tetap sejuk. Apabila anda kurang melakukan perawatan terhadap sistem pendinginan AC mobil, maka umur komponen tersebut tidak akan lama dan bahkan bisa merembet kepada kerusakan yang lainnya.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *