Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil masalah mobil

4 Penyebab Kompresor AC Mobil Tidak Berputar Dengan Baik

kompresor ac mobil tidak berputar

Salah satu kendala yang paling sering ditemui yakni kompresor AC mobil tidak berputar, merupakan masalah yang cukup menjengkelkan. Kompresor AC sendiri berfungsi untuk memompa freon agar bersirkulasi. Jika kompresor bermasalah otomatis freon tidak akan bersirkulasi dengan baik sehingga AC menjadi tidak dingin. Jika sudah begini tentu Anda sangat ingin mengetahui penyebabnya bukan?

Penyebab Kompresor AC Mobil Tidak Berputar Dengan Baik

Anda harus memahami sebelumnya, bahwa kompresor AC terdiri dari dua unit yaitu unit kompresor yang menjadi penekan serta magnetic clutch. Magnetic clutch kopling menjadi salah satu penentu kapan kompresor bekerja serta kapan waktunya diam. Sehingga saat kompresor tidak berputar semestinya berarti kemungkinan disebabkan oleh magnetic clutch yang tidak bekerja.

Guna mencari tahu apakah magnetic clutch atau kompresor yang mengalami kerusakan, Anda perlu memastikan apakah terdengar suara “tek” ketika AC dinyalakan. Biasanya suara ini diakibatkan oleh magnetic clutch dengan pulley. Jika suara ini tidak terdengar saat AC dinyalakan, ada kemungkinan kerusakan timbul dari magnetic clutch.

Anda juga dapat memperhatikan kondisi RPM mesin, jika kompresor bekerja seharusnya stasioner mesin naik dengan otomatis. Kalau stasioner mesin stabil padahal AC sudah menyala, bisa dipastikan jika magnetic clutch yang bermasalah. Selain itu berikut beberapa penyebab kompresor AC mobil bermasalah.

  • Putusnya sekring magnetic clutch 

Sekering berfungsi sebagai pengaman device saat ada aliran arus berlebih. Sekring bisa putus jika ada arus yang mengalir melebihi arus sewajarnya ke magnetic clutch. Jika sekring putus, rangkaian kelistrikan juga akan terputus dan menyebabkan magnetic clutch tidak dapat bekerja.

Jika sekring putus Anda cukup mengganti sekringnya dengan yang baru, jika sekring putus bisa juga menandakan terjadi korsleting. Dikarenakan hanya korsleting yang dapat memicu arus diluar kewajaran.

  • Kerusakan magnetic clutch 

Penyebab lainnya adalah kerusakan pada device magnetic clutch, Ini dikarenakan komponen elektrikal memang mudah rusak. Sehingga Anda tak perlu berpikir keras penyebab magnetic clutch rusak.

Guna memastikan magnetic clutch mengalami kerusakan, Anda harus mengujinya dengan menggunakan multimeter. Cukup dengan mengecek arus input ke magnetic clutch, jika ada arusnya berarti rangkaian aman sehingga bisa dipastikan jika magnetic clutch yang mengalami kerusakan.

  • Masalah di sensor tekanan AC

Penyebab kompresor AC tidak berputar selanjutnya adalah masalah pada sensor tekanan freon AC. Sensor ini berfungsi sebagai salah satu yang menandakan waktunya magnetic clutch nyala dan kapan waktunya diam.

Jadi pada saat AC dinyalakan, magnetic clutch akan menyala tapi saat tekanan pada freon mencapai maksimal, sensor akan membuat tekanan freon tidak bertambah dan menurun karena telah menonaktifkan magnetic clutch.

  • Ada masalah pada sensor suhu AC

Penyebab selanjutnya adalah sensor tekanan pada freon, dimana sensor suhu AC akan mempengaruhi aktivasi pada magnetic clutch. Sehingga sensor akan berfungsi sebagai feedback dengan mendeteksi suhu pada kabin. Sehingga, saat Anda mengatur suhu AC tidak terlalu dingin, sensor suhu akan langsung menonaktifkan magnetic clutch jika suhu kabin yang diatur.

Baca Juga : Cara Menurunkan RPM Mobil Injeksi

Kemudian, sensor suhu akan kembali menghidupkan magnetic clutch pada saat suhu kabin menurun dan di bawah suhu yang telah diatur. Kerusakan sensor inilah yang akan membuat terjadinya error pada pembacaan suhu kabin. Ini juga yang membuat sensor dapat menonaktifkan magnetic clutch terus menerus walaupun suhu di kabin sangatlah panas.

Masalah pada AC mobil memang akan sangat mengganggu karena menyebabkan Anda dan penumpang merasa panas. Apalagi masalah ini cukup sering dialami akibat adanya gangguan pada kompresor AC mobil tidak berputar saat switch AC dinyalakan. Jika sudah begini, Anda dapat mencocokannya dengan penyebab di atas atau langsung membawanya ke bengkel. Agar segera diatasi dan mendapatkan solusi terbaik untuk AC mobil Anda.

Tags:

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *