Kompresor AC mobil

Image courtesy of ClearMechanic.com

KOMPRESOR AC MOBIL

Fungsi utama kompresor AC mobil adalah menghisap freon pada tekanan rendah dan mendistribusikannya ke kondensor dalam tekanan dan suhu tinggi. Singkatnya mengkompres suhu dan tekanan refrigerant yang akan disalurkan ke kondensor.

Kompresor AC pada mobil Di Indonesia sendiri merupakan komponen yang sering rusak. karena Indonesia negara tropis, kerja kompresor akan lebih keras. terbukti impor kompresor untuk ac mobil terbesar ke-3 didunia, dan terbesar di Asia. 

SIKLUS SISTEM PENDINGIN PADA MOBIL

Suhu tekanan rendah freon disalurkan, di kompres oleh kompresor dan disalurkan kembali ke air condensor. 

KOMPONEN KOMPRESOR AC

Seringnya ketika AC mobil tidak dingin yang di rekomendasikan oleh bengkel untuk diganti adalah Kompresor AC nya. Karena harganya yang mahal dan pengerjaan nya yang relatif mudah atau karena teknisi yang kurang mengerti teori sistem ac mobil. 

Maka dari itu kami Dokter Mobil akan menjelaskan tipe – tipe kompresor ac mobil dan tanda-tanda jika kompresor ac sudah tidak layak, sehingga anda dapat mendapatkan diagnosis yang tepat sebelum mengambil keputusan untuk mengganti part ac yang paling mahal.

Ilustrasi Piston Tipe Pisau

TIPE KOMPRESOR AC MOBIL

TIPE PISTON 

Tipe ini adalah yang paling sering digunakan dan paling tahan lama. Tipe piston memiliki swash plate yang digunakan untuk menggerakkan piston – piston tersebut untuk menghasilkan tekanan dan kompresi sehingga sistem ac mobil dapat berfungsi maksimal. Tipe ini membutuhkan oli kompresor AC mobil untuk melumasi bagian-bagian besi yang bergesekan layaknya mesin mobil.

TIPE SCROLL ATAU KEONG

Kompresor tipe ini menggunakan putaran dan plat yang berbentuk keong untuk mendorong dan memberikan tekanan pada freon yang ada, tipe ini cukup tahan banting karena tidak banyak part besi yang bergesekan antara satu dengan lainnya, tapi jika oli kompresor berkurang, maka kompresor akan panas dan akan membakar part yang lainnya seperti magnet clutch nya.

TIPE WOBBLE PLATE

Kompresor AC tipe wobble plate di dalamnya terdapat banyak piston dan bekerja dengan satu sisi kerja. Dan di dalam setiap silindernya terdapat katup suction dan katup discharge. Cara kerja kompresor tipe ini yaitu piston dapat bergerak karena digerakkan oleh drive plate dan wobble plate.

TIPE BLADE ATAU PISAU

Prinsip kerjanya menggunakan blade pada sisi rotor. Udara masuk lewat inlet yang dikompresi oleh sudu-sudu dalam casing menuju outlet.

Merupakan bagian dari tipe Kompresor AC rotary vane.

Jenis kompresor tiap tipe mobil memang berbeda. Tetapi semua jenis kompresor ac membutuhkan rasio atau perbandingan OLI dan Freon yang presisi untuk mengasilkan kinerja kompresor ac yang sempurna. Karena jika oli kompresor terlalu sedikit atau sudah jelek maka daya lumasnya pun tidak akan bisa sempurna. Ini akan menyebabkan lecet atau keausan pada part kompresor ac mobil.

VISKOSITAS OLI KOMPRESOR AC

Oli Kompresor AC mobil juga ada beberapa macam menurut kekentalannya. Kekentalan ini dinyatakan dengan satuan viskositas, untuk di indonesia paling banyak ada tiga tipe:

Viskositas < 50

Avanza

Calya

Rush

Innova / kijang

Fortuner / hilux

Harrier

Camry

Vios

Yaris

Altis

Alphard

Land cruiser

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Accordion Content

Semua tipe

Semua tipe

Semua tipe

Semua tipe

Semua tipe

Semua tipe

Semua tipe

Viskositas < 110

Livina

 

Elvira

 

Evalia

 

Juke

 

Xtrail

Captiva

 

Aveo

Viskositas > 110

Colorado

Beberapa tipe Ford

Bila viskositas yang tidak sesuai dimasukkan ke dalam sistem ac, maka kompressor akan bekerja lebih berat atau tidak terlumasi dengan baik. Menghasilkan umur kompresor yang lebih pendek dan mudah rusak. Maka dari itu jika bengkel ac anda menganggap oli kompresor AC hanyalah sekedar pelumas maka bisa dipastikan bahwa bengkel itu tidak bisa mengerjakan AC mobil anda dengan benar. 

AC mobil mulai terasa bermasalah? Cek langsung ke Dokter Mobil terdekat dari lokasi anda!

× Konsultasi