fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Uncategorized

Biaya dan Lama Pengerjaan Mobil yang Mengalami Turun Mesin

Estimasi dan Cara Menghitung Berapa Lama Perbaikan Mobil Turun Mesin

Anda perlu mengetahui berapa lama pengerjaan turun mesin mobil yang ideal. Karena semakin lama, biaya perbaikannya akan semakin tinggi. Namun tentunya, jangan terlalu bernafsu untuk mendapatkan hasil yang instan. Pastikan mobil memang ditangani dengan sebaik mungkin.

Jika terburu-buru dalam melakukan service turun mesin, dikhawatirkan akan menimbulkan masalah. Contohnya adalah kasus di mana ada part yang lupa dipasang. Atau ada part yang tidak dipasang dengan benar.

Berapa Lama Pengerjaan Turun Mesin Mobil yang Ideal? Ini Jawabannya!

Sebenarnya pengerjaan turun mesin membutuhkan waktu yang berbeda-beda. Tergantung pada jenis mobil, dan tingkat kerusakannya. Selain itu, pengerjaan turun mesin ini juga ditentukan oleh faktor-faktor seperti:

  1. Ketersediaan Part Pengganti

    Jika bengkel memang memiliki cadangan part, maka pengerjaan bisa lebih cepat. Namun jika part tidak ready, mau tidak mau mobil harus opname. Dan biasanya bengkel akan memberikan biaya opname Oleh karena itu, pastikan anda memilih bengkel yang memang ready stock untuk setiap part dan onderdil.

  2. Jumlah Teknisi

    Semakin banyak teknisi yang menangani mobil anda, semakin cepat turun mesin dapat dilakukan. Namun seringkali penanganan masalah turun mesin di bengkel hanya ditangani oleh seorang teknisi. Akibatnya, lama pengerjaan turun mesin mobil menjadi menjadi sangat panjang.

  3. Jumlah Mobil yang Sedang Dikerjakan

    Kalau bengkel sedang ramai, maka mobil harus siap-siap mengantri. Menunggu giliran perbaikan. Oleh sebab itu, disarankan untuk mulai bersabar jika bengkel yang anda percayakan memang sedang memiliki list antrian yang cukup panjang.

  4. Ketersediaan Alat dan Keterampilan Teknisi

    Semakin canggih alat-alat perbengkelan yang dimiliki, semakin mudah pengerjaan turun mesin mobil. Apalagi jika ditunjang oleh teknisi-teknisi yang handal dan berpengalaman. Pengerjaan bisa menjadi jauh lebih cepat selesai.

Berdasarkan hal-hal di atas, sebenarnya dapat disimpulkan bahwa pengerjaan turun mesin dapat dilakukan hanya dalam 1 hari saja. Namun bisa juga lebih dari 1 hari jika ada kendala-kendala seperti yang disebutkan di atas.

Idealnya, pengerjaan turun mesin pada mobil adalah 2-5 hari. Dengan maksimal lama pengerjaan adalah 1 minggu. Lebih dari itu, biasanya terjadi karena memang bengkel tersebut tidak memiliki spare part yang sesuai dengan jenis mobil anda. Dan spare part pengganti perlu diambil dari tempat yang cukup jauh sehingga memerlukan waktu lebih lama.

Estimasi Rata-Rata Biaya Turun Mesin pada Mobil

Biaya turun mesin tiap-tiap bengkel berbeda-beda. Juga berbeda-beda tergantung jenis mobilnya. Dan akan berbeda-beda juga tergantung pada:

  1. Lama pengerjaan
  2. Banyaknya onderdil yang perlu diganti
  3. Kualitas onderdil yang dibeli
  4. Merk onderdil
  5. Biaya lain-lain (lama opname, biaya pengecheckan, dll)

Namun setidaknya, anda perlu mempersiapkan uang minimal 6 juta untuk dapat melakukan turun mesin hingga tuntas. Tetapi bisa saja membutuhkan biaya yang jauh lebih besar lagi.

Adapun biaya turun mesin hingga tuntas pada umumnya dapat dihitung menggunakan rumus 7,5 persen dari harga baru mobil tersebut. Sebagai contoh, mobil dengan harga 200 juta, maka biaya maksimal dan ideal melakukan turun mesin adalah 200 juta x 7,5% = 15 juta.

Namun hitung-hitungan di atas dapat berbeda tergantung pada tingkat kerusakannya. Oleh sebab itu, disarankan untuk melakukan pengecheckan terlebih dahulu ke bengkel dan meminta estimasi biaya berdasarkan laporan data pengecheckan tersebut.

Demikianlah detail singkat turun mesin mobil berapa lama dan biaya yang diperlukan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca.

Tags: , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *