Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil tips

7 Tanda Lampu Indikator Kunci Menyala dan Maknanya

lampu indikator kunci menyala

Memahami arti lampu indikator kunci menyala menjadi salah satu cara untuk mengenali kondisi dari mobil Anda dan cara untuk merawatnya. Adanya lampu indikator akan membuat Anda tidak lagi harus repot untuk mengecek setiap bagian mobil. Cukup mengetahuinya melalui lampu indikator yang telah terpasang. Berikut ini tujuh lampu indikator mobil yang perlu dipahami artinya agar bisa mendeteksi masalah yang terjadi pada mobil sedini mungkin:

Perhatikan! Arti dari 7 Lampu Indikator Kunci Menyala

  1. Lampu Indikator Check Engine

Malfunction Indicator Lamp (MIL) atau yang sering disebut lampu check engine merupakan lampu indikator pada mobil yang sifatnya krusial. ketika Anda memasukkan kunci dalam lubang lalu memutarnya ke posisi ON, secara otomatis lampu check engine akan menyala. Tetapi jika Anda lampu indikator ini akan mati pada saat Anda men-starter mobil. Namun, jika mesin sudah menyala dan lampu check engine juga masih menyala, maka itu artinya ada masalah pada mobil Anda yang harus segera diatasi.

  1. Lampu Indikator Sabuk Pengaman

Demi memberikan keamanan ketika berkendara, pihak produsen biasanya selalu menyematkan lampu indikator sabuk pengaman di mobil buatannya. Itulah mengapa, ketika sabung belum dipasang oleh pengemudi atau penumpang, biasanya lampu indikator ini akan menyala. Bahkan untuk mobil-mobil keluaran terbaru, tidak hanya lampu indikator tetapi juga suara yang cukup nyaring.

  1. Lampu Indikator Tanda “SRS”

Lampu Indikator ini menandakan bahwa mobil anda sudah dilengkapi airbag dan biasanya memiliki ikon orang yang sedang duduk memangku bulatan atau hanya bertuliskan “SRS”. Fungsi airbag sendiri yaitu melindungi penumpang pada saat terjadi tabrakan. Tidak jauh berbeda dari safety belt, lampu indikator yang satu ini juga sangat penting untuk menjaga keamanan Anda ketika berkendara. Apabila lampu indikator kunci menyala pada bagian ini, itu artinya terjadi malfungsi di bagian airbag mobil Anda, dan tidak akan berfungsi dengan normal ketika tabrakan terjadi.

  1. Lampu Indikator Suhu Mobil

Kebanyakan dari pengemudi sering lalai untuk mengecek lampu indikator suhu atau temperatur mesin pada bagian dashboard mobil. Sampai akhirnya membuat mesin tiba-tiba keluar asap akibat terjadinya overheat. Padahal hal semacam itu bisa diminimalisir dengan cara melihat lampu indikatornya. Apabila menunjukkan warna kuning atau oranye, maka itu artinya temperatur mesin masih aman. Tetapi, kalau sudah warna merah, maka sangat penting untuk menepi lebih dulu dan mematikan mobil.

  1. Lampu Indikator Aki

Tidak dapat dipungkiri kalau aki menjadi salah satu elemen yang memiliki peran penting untuk sebuah sistem mobil. Apabila tidak terjadi pengisian atau kondisinya berada dalam keadaan tidak normal, maka akan membuat seluruh sistem dengan tenaga listrik di mobil Anda mati. Itulah mengapa, apabila jika lampu indikator aki menyala, maka segeralah bawa mobil ke bengkel agar bisa segera diperiksa.

  1. Lampu Indikator “ABS”

Lampu indikator yang bertuliskan “ABS” menunjukkan kondisi dari fitur anti-lock braking System yang dimiliki oleh mobil Anda. ABS adalah sistem yang fungsinya untuk mencegah terjadinya penguncian roda ketika terjadi pengereman secara mendadak. Apabila lampu indikator kunci menyala pada bagian ABS, maka itu artinya terdapat masalah di bagian fitur ABS pada mobil Anda dan harus segera dilakukan pengecekan.

  1. Lampu Indikator Oli

Keberadaan lampu indikator oli bisa dibilang sangat penting. Melalui lampu indikator tersebut, Anda bisa mengetahui kondisi oli mobil Anda. Apabila lampu indikatornya berwarna merah, maka itu artinya Anda diminta untuk segera melakukan penambahan atau penggantian oli.

Baca Juga : Mobil Mati Mendadak Saat Berjalan

Itulah arti dari tujuh lampu indikator kunci menyala pada mobil Anda. Jangan pernah anggap remeh jika lampu-lampu indikator tersebut menyala, karena lampu-lampu itulah yang menunjukkan keadaan mobil Anda. Segera bawa ke bengkel agar ditangani lebih lanjut dan jangan ditunda-tunda untuk meminimalisir kerusakan lebih parah pada mobil Anda.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *