Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Masalah dan Solusi Mobil

Cara Atasi 6 Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

lampu indikator mobil menyala terus

Lampu indikator mobil menyala terus memang menjadi momok yang menakutkan bagi setiap orang, karena kita dibayangi ketakutan akan ini. Oleh sebab itu, hari ini saya akan membahas lampu indikator apa saja yang menyala terus beserta solusinya. Ayo simak artikelnya ya.

Solusi dari Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

  1. Lambang Oli Menyala Terus

Jika lambang ini muncul pada dashboard anda dan menyala terus menerus maka bisa dinyatakan bahwa oli sudah habis, dengan kata lain ruang mesin kekurangan banyak pelumas. Bila hal ini terjadi, anda dapat mengganti oli mesin yang lama dengan yang baru.

Caranya, pastikan mobil dalam kondisi hangat. Kemudian dongkrak bagian depan mobil, letakkan wadah pembuangan oli. Kemudian buka tutup oli, biarkan oli jatuh ke wadah pembuangan sampai habis dan tidak menetes. Selagi menunggu buka filter oli, lalu pasang filter oli yang baru. Setelah dilihat tidak ada oli menetes anda bisa menutup baut pembuangan oli. Setelah itu anda bisa menuang oli baru.

  1. Lambang Aki Menyala Terus

Jika lambang ini muncul pada dashboard anda dan menyala terus menerus maka menjadi pertanda bahwa aki mobil hilang daya, jika hal ini dibiarkan malah akan merembet sampai ke dinamo starter dan bagian pengapian. Oleh karena itu, anda bisa mengisi daya kembali dengan cara di charge ulang. Namun jika bukan hilang daya penyebab lampu indikator menyala terus maka penyebabnya bisa karena soket alternator kendor atau karbon brush yang habis atau aus, sehingga dinamo alternator tidak bisa bekerja menghasilkan listrik.

Cara mengatasinya yaitu lakukan pengecekan kondisi karbon brush di dynamo alternator. Jika ada salah satu atau keduanya habis maka segera diganti. Jika aki rusak anda harus segera menggantinya sebelum berimbas pada mesin. Kemudian untuk merawat aki mobil disarankan tidak menggunakan perangkat mobil yang berkaitan dengan suplai listrik dengan daya tinggi atau berlebihan seperti memasang sound system dengan ekstrim sampai bodi mobil bergetar.

  1. Lambang Engine Check Menyala Terus

Jika lambang engine check menyala terus maka hal ini berkaitan dengan sensor yang eror. Untuk hal ini anda bisa melakukan dua cara, yaitu anda bisa mencabut konektor dari aki negative, lakukan saat mesin mati ya. Lalu tunggu 3 detik dan pasang lagi. Biasanya jika sudah melakukan cara ini indikator engine check tidak akan menyala lagi.

Jika masih menyala, anda bisa melakukan cara kedua yaitu melakukan scanner ulang. Biasanya cara ini untuk mengetahui dengan lebih pasti sensor apa saja yang sedang mengalami kerusakan, jika sudah ditemukan baiknya segera diperbaiki ya dengan mengganti sensor atau memperbaiki sensor yang rusak dengan cara remap ECU.

  1. Lambang Airbag Menyala Terus

Untuk hal ini biasanya terjadi pada kendaraan model terbaru. Alasan umum lampu indikator menyala terus pada indikator airbag adalah karena ada sesuatu yang mengganggu saklar pada sabuk pengaman. Saklar ini memiliki sensor yang mendetetksi apakah sabuk diikat dengan benar.

Jika lampu indikator airbag menyala, pastikan tidak ada benda yang mengganggu saklar sabuk pengaman. Kemudian masalah potensial lain yang terkait langsung pada airbag adalah masalah pada kabel clock spring. Clock spring merupakan alat rotas putar yang terdapat tepat di belakang stir. Clock spring ini berguna untuk klakson, airbag dan remote audio. Jika clock spring tidak bekerja maka airbag tidak bisa dibuka. Alasan lain bisa saja ketika mobil mengalami kecelakaan yang bisa memicu sensor tabrakan mobil. Jika hal ini terjadi maka harus diatur ulang dengan membawanya ke bengkel resmi terpercaya.

  1. Lambang Antilock Braking System (ABS) Menyala Terus

ABS adalah sistem keselamatan yang memungkinkan roda pada kendaraan tidak terkunci atau berhenti berputar pada pengereman yang bersifat mendadak. Nah sistem ABS ini terdiri dari komponen utama seperti speed sensor, katup, control unit dan modulator unit. Jadi jika indikator ABS menyala terus bisa jadi ada malfungsi atau kabel speed sensor putus, bisa juga karena sensor ABS kotor. Namun anda tidak perlu panic jika indikator ini menyala terus, karena anda masih bisa mengerem. Malah sebaiknya anda segera ke bengkel terdekat untuk memperbaiki sistem malfungsi ini.

  1. Lambang Handbrake Menyala Terus

Jika lampu indikator menyala terus pada lambang handbrake dan handbrake sudah dilepas maka penyebabnya ada diantara ketiga hal ini. Pertama saklar rem tangan rusak atau tidak berfungsi, kedua minyak rem yang berada di tabung reservoir habis atau bisa jadi adanya kebocoran minyak rem dan ketiga minyak rem di dalam tabung reservoir ada di level LOW akibat menipisnya kampas rem. Jika bukan karena ketiga hal ini anda masih bisa memeriksa switch handbrake.

Baca Juga : Penyebab Mobil Limbung

Masalah ini memang jarang sekali terjadi, namun tidak salahnya anda memeriksa. Setelah itu anda juga periksa ketinggian minyak rem yang terdapat pada tabung reservoir. Periksa juga apakah ada kebocoran pada sistem rem. Kebocoran dapat terjadi pada selang rem, kaliper disc brake, drum brake wheel cylinders atau pada master cylinder serta master kopling. Jika kendaraan menggunakan satu aliran minyak rem dan minyak kopling biasanya akan terlihat basah pada sambungan selang-selang rem. Jika sudah dicek tidak ada kebocoran maka hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah cek kampas rem, mungkin sudah saatnya kampas rem untuk diganti.

Lampu indikato mobil menyala terus memang merupakan indikator ada sesuatu yang terjadi di bagian itu. Namun, bukan seharusnya menjadi momok menakutkan. Justru dengan pengetahuan tentang hal seperti ini membuat anda semakin sadar dan paham untuk merawat kendaraan kesayangan anda.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *