Posted by Mekanik Juan AC

Fungsi Magnetic Clutch dan Efek yang Ditimbulkan saat Rusak

Magnetic Clutch AC Mobil

Sebagai salah satu komponen AC mobil, magnetic clutch seringkali bermasalah. Ketika rusak, AC mobil pasti menjadi tidak dingin. Maka wajar jika dikatakan bahwa komponen ini merupakan komponen utama. Sejajar dengan kompresor AC mobil, evaporator, dan kondensor.

Pada kesempatan kali ini, komponen ini akan dibahas secara lengkap. Mulai dari penjelasan fungsi dan cara kerjanya, efek yang terjadi ketika komponen ini rusak, hingga cara menjaga agar komponen ini tetap awet.

Apa yang Dimaksud dengan Magnetic Clutch?

Magnetic clutch adalah salah satu komponen pada sistem AC mobil yang berupa pulley atau katrol. Pulley ini terus menerus berputar mengikuti putaran mesin yang terhubung melalui fan belt.

Komponen ini juga memilik fungi untuk menghubungkan kompresor dengan putaran mesin. Selain itu magnetic clutch juga berfungsi memutuskan kompresor dengan putaran mesin. Cara kerjanya sangat sederhana:

  1. Ketika Mesin Mobil Bekerja

    Pulley (magnetic clutch) akan ikut berputar mengikuti putaran mesin. Dari putaraan pulley ini, akan ada arus listrik pada magnet spool. Arus listrik ini akan menarik center piece dan menekan permukaan gesek pulley. Adanya arus listrik ini akan menyebabkan center piece berputar mengikuti putaran pulley. Kompresorpun kemudian akan ikut berputar.

  2. Ketika Mesin Tidak Bekerja

    Pulley akan berhenti bekerja karena putaran mesin tidak ada. Efeknya, kompresor AC mobil juga tidak bekerja karena tidak ada arus listrik di magnet spool.

Cukup sederhanakan bagaimana sistem kerja pada clutch? Komponen yang buat beberapa orang ditulis dengan sebutan magnitklat ini bisa dikatakan sebagai alat pengaktif dan penonaktif kerja kompresor. Sudah bisa dibayangkan jika komponen ini sampai mengalami kerusakan?

Efek yang Terjadi ketika Magnetic Clutch Rusak

Kerusakan pada magnitklat umum terjadi. Terutama jika komponen yang dipasang berkualitas rendah, atau tidak kompatibel dengan spesifikasi AC mobil. Ketika magnitklat mengalami kerusakan, maka akan ada beberapa efek yang ditimbulkan. Efek tersebut di antaranya adalah:

  1. Kompresor AC Mobil Tidak Bekerja

    Karena fungsi komponen magnitklat adalah sebagai penghubung dan pemutus kerja kompresor, maka kerusakan komponen ini sama artinya dengan tidak bisa bekerjanya kompresor dengan normal. Namun bukan berarti kerusakan magnitklat pasti menyebabkan kompresor mati total.

    Ya, kadangkala kompresor masih berputar meskipun magnitklat daya kemagnetannya sudah berkurang. Namun tentu saja putaran kompresor akan kurang. Hal ini akan menjadi salah satu penyebab AC mobil tidak dingin.

  2. Bunyi Kasar pada AC Mobil

    Kerusakan pada magnetic clutch juga dapat menyebabkan keluarnya bunyi kasar saat AC menyala. Bunyi ini berasal dari gesekan permukaan magnet pulley dengan pelat center piece.

    Sebenarnya masalah ini tidak terlalu berbahaya, namun tentu saja bunyi ini cukup mengganggu serta membuat was-was. Masalah ini biasanya terjadi karena adanya karat. Bisa juga karena letak dan jarak magnetic pulley dan center piece sudah tidak presisi.

  3. AC Mobil Kurang Dingin

    Kompresor mungkin saja tetap dapat bekerja, namun tidak maksimal karena magnetic clutch tidak mampu menghasilkan putaran yang cukup. Akibatnya, muncul gejala AC mobil yang kurang dingin. Bisa juga menimbulkan gejala AC mobil hanya keluar angin.

Selain ketiga hal di atas, ada beberapa gejala lain yang muncul dan menandakan ada kerusakan pada clutch. Gejala tersebut di antaranya adalah AC mobil tidak dingin saat macet, AC mobil tidak dingin saat siang hari, dan AC mobil kadang dingin kadang keluar hawa panas,

Pernah mengalami salah satu gejala di atas? Kemungkinan besar masalah tersebut terjadi karena adanya kerusakan pada magnitklat.

Penyebab Kerusakan Magnetic Clutch

Lantas apa yang menyebabkan pulley mengalami kerusakan? Ada beberapa hal yang diketahui dapat menyebabkan terjadinya kerusakan. Baik yang menjadikan berkarat, tidak lagi memiliki daya magnetism, maupun yang menyebabkan center piecenya tidak lagi presisi.

Adapun beberapa penyebab kerusakan pulley AC mobil ini antara lain adalah:

  1. Kualitas

    Spare part mobil memiliki kualitas yang bervariasi. Tidak terkecuali magnetikklat ini. Semakin tinggi kualitasnya, semakin lama daya tahannya. Sayangnya, di pasaran banyak magnetikklat dengan kualitas rendah.

  2. Umur Magnetic Clutch

    Spare part ini memiliki umur sesuai dengan kualitasnya. Biasanya berkisar dari sekitar 3 bulan sampai sekitar 5 tahun. Semakin tinggi kualitasnya, spare part atau komponen ini akan lebih tahan lama dan awet.

  3. Kebiasaan Buruk saat Berkendara

    Beberapa pengemudi menyetel temperatur pada level rendah saat mobil melaju di kecepatan tinggi. Tujuannya sederhana, agar kabin tidak terlalu dingin serta agar konsumsi bahan bakar lebih irit. Sayangnya hal ini menyebabkan pulley jadi cepat putus nyambung – putus nyambung. Akibatnya, saat di putaran tinggi maka clutch bergesekan dengan sangat kasar.

    Hal di atas tentu menyebabkan pulley AC mobil jadi cepat aus. Maka dari itu, sangat disarankan untuk menyetel full suhu AC mobil saat mobil melaku pada kecepatan tinggi. Dengan demikian clutch bisa jadi lebih awet.

Agar menjaga komponen-komponen pada AC mobil tetap awet, perawatan berkala wajib dilakukan. Tidak hanya ganti oli, namun juga kebutuhan lainnya seperti tune up, maintenance AC mobil, hingga maintenance radiator mobil.

FAQ: Hal yang Sering Ditanyakan Mengenai Magnetic Clutch

“Apakah magnetic clutch bisa diperbaiki?”

“Magnetic clutch pada AC mobil bisa diperbaiki. Sayangnya magnetic clutch hasil perbaikan tidak awet. Jadi daripada bolak-balik ke bengkel mobil, sangat disarankan untuk langsung ganti baru.”

“Berapa harga magnetic clutch?”

“Harga magnetic clutch di bengkel mobil berkisar di angka 500 ribu sampai 1 jutaan. Tergantung jenis mobil. Harga ini belum termasuk pada jasa bongkar dan biaya pemasangan.”

“Bagaimana cara tahu kalau magnetic clutch rusak?”

“Ketika muncul gejala AC mobil tidak dingin saat macet atau hanya dingin saat malam, maka kemungkinan besar terjadi kerusakan pada magnetic clutch. Juga saat RPM kompresor tidak bisa naik ke RPM standart. Adanya warna merah pada pinggiran pulley juga menjadi tanda keausan.”

Itulah beberapa hal seputar magnetic clutch yang penting untuk diketahui. Semoga informasi ini membantu kita semua untuk semakin memahami masalah-masalah yang sering terjadi pada AC mobil. Senang bisa menjadi solusi masalah AC mobil.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *