Posted by Mekanik Juan AC, Service AC Mobil, Tips merawat ac mobil

Masalah AC Mobil yang Menyebabkan Berkendara Menjadi Tidak Nyaman

Berkendara menjadi tidak nyaman karena AC bermasalah? Kamu patut ketahui Masalah-Masalah AC Mobil yang Menyebabkan Berkendara Menjadi Tidak Nyaman. Jangan buru-buru dibawa ke bengkel, yuk simak ketahui penyebabnya dibawah ini;

1. Freon habis atau kurang

Salah satu penyebab mendasar yang sering menjadi pemicu AC tidak dingin adalah freon yang habis atau kurang. Penyebab pun beragam, salah satunya karena beberapa komponen karet yang getas karena sudah lama atau ada yang tidak beres pada valve kompresornya.
Solusinya?
Segera isi freon dengan batas standar. Jangan melebihi kadar freon, sebab akan mengurangi performa kinerja freon juga.

2. Filter AC tersumbat

Filter ini memiliki fungsi untuk menyaring segala debu dan kotoran yang masuk. Kalau kamu malas untuk membersihkan bagian ini, debu atau kotoran-kotaran lain banyak yang menempel dan tertimbun di bagian filter yang membuatnya menjadi tersumbat. Kalau sudah tersumbat, bisa dipastikan sirkulasi udara yang dihasilkan tidak akan optimal.
Meskipun AC mobil hidup, namun jika filternya kotor dan tersumbat, tidak akan ada udara yang keluar melalui blower. Hal itu yang akan membuat AC mobil kamu tidak terasa dingin.
Solusinya? Bersihkan filter AC dari debu dan kotoran dan pasang kembali.

3. Motor extra fan mati atau lemah

AC yang kurang dingin juga bisa diakibatkan masalah yang terjadi pada Extra Fan.
Jika bagian motor extra fan pada AC mobil kamu sudah mulai lemah atau bahkan mati, tidak ada jalan lain yang bisa kamu lakukan selain menggantinya dengan motor extra fan yang baru.

4. Evaporator kotor

Musuh terbesar dari evaporator adalah Debu atau kotoran halus. Debu menjadi hal utama yang dapat membuat evaporator AC mobil kamu kotor jadi tersumbat. Dampaknya, dapat membuat sirkulasi AC menjadi tidak lancar karena ada yang menghalangi udara yang seharusnya kamu rasakan kesejukan di dalam mobil.

5. Kondensor kotor

Kondensor terletak di bagian depan dekat dengan radiator. Tanpa disadari, posisinya kerap kali mengundang segala kotoran yang mungkin bisa saja hinggap pada saat kita sedang berkendara.
Hal tersebut akan berdampak pada sistem kerja AC yang bisa menjadi tidak dingin. Sebab, kondensor yang kotor akibat lumpur atau kotoran lainnya bisa membuat proses kondensasi menjadi tidak maksimal.

Sudah melakukan lima poin diatas tapi AC mobil masih tidak dingin?

Tidak ada jalan lain selain harus membawanya ke bengkel specialist untuk dibenahi lebih lanjut. 
Jangan sampai karena ditangani orang yang bukan ahlinya, malah membuat AC mobil kamu menjadi tambah rusak yang akan menjadi semakin lebih sulit untuk memperbaikinya.
Nah, itulah ulasan terkait Masalah-Masalah AC Mobil yang Menyebabkan Berkendara Menjadi Tidak Nyaman. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

Butuh Jasa Bengkel AC Mobil?

Dokter Mobil adalah Solusi Tepat Untuk Anda !

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami. Dapatkan pengalaman pelayanan service berkualitas dan jaminan garansi hanya untukmu, DomoLovers..

Hubungi Dokter Mobil untuk melakukan booking di Dokter Mobil.
Jalan Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 08788088457

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *