Posted by Intan Mobil Masalah dan Solusi Mobil, Mesin

6 Masalah Mobil Avanza yang Sering Dialami Oleh Pengguna

Apakah anda salah satu pengguna mobil Avanza? Mobil ini masih tetap hits dikalangan pengguna mobil hingga saat ini. Diluncurkan perdana pada tahun 2003 oleh kompetitor asal Toyota Astra.

Alasan banyak pengguna yang menggunakan mobil merk ini karena mesin terbilang lebih awet dan tahan lama, serta kabin mobil yang luas dapat menampung total 7 orang. Namun seiring intensitas pemakaian, mobil ini kerap mengalami berbagai keluhan yang hampir dirasakan oleh semua pengguna setia.

Jangan panik sendirian, apakah gejala masalah mobil avanza dibawah ini pernah menjumpai mobil anda? Simak selengkapnya dibawah ini;

1. Mesin Menggelitik

Sewaktu-waktu mesin Avanza dapat mengalami kondisi mengelitik hingga tidak nyaman digunakan. Faktor yang dapat memicu gejala ini yakni salah satunya penggunaan bahan bakar berkualitas rendah (premium, pertalite). Alhasil kerak kotoran semakin menumpuk banyak pada ruang pembakaran. Tidak jarang gejala menggelitik juga diimbangi dengan borosnya penggunaan bahan bakar.

Solusinya mau tidak mau melakukan servis tune up untuk mentuntaskan gejala ngelitik pada mesin.

2. Gejala Overheat

Pernahkah mobil Avanza anda mengalami gejala overheat hingga berujung pada overhaul? Umumnya, mobil Avanza yang sudah dipakai lebih dari 3 hingga 4 tahun lebih akan memicu oleh faktor air radiator yang sudah berkerak hingga menyumbat pada radiator atau termostat. Karena sumbatan inilah kinerja radiator mengalami hambatan hingga berujung mesin mengalami overheat. Overheat dapat terjasi sebab motor fan atau kipas radiator tidak dapat menyala hingga mengakibatkan temperature naik.

Solusinya cukup mengganti motor fan saja dan jangan lupa isi air radiator hingga mencapai batas yaa..

3. AC panas

Mengalami gejala AC panas memang sering dialami oleh pengguna mobil Avanza. Biasanya hal ini dipicu oleh minimnya perawatan yang diberikan oleh si pemilik mobil.

Jika mobil terawat dengan baik, biasanya permasalahan ini hanya berujung pada magnetic clutch yang sudah aus. Magnetic clutch umumnya harus diganti ketika telah menempuh perjalanan sekitar 40 – 90 ribu kilometer.
Jika tidak diganti, maka akan timbul kebocoran, kompressornya macet, atau radiatornya panas hingga berujung gejala ac panas.

4. Mesin Bergetar

Pernahkan mengalami bunyi krek ketika anda starter mesin mobil Avanza? Biasanya dari part engine mounting yang sudah rusak dan membutuhkan pergantian komponen baru.

Gejala mesin bergetar umumnya disebabkan oleh part koil atau busi yang sudah mati. Jika salah satu komponen pembakaran mengalami kerusakan, maka kinerja part lainnya mengalami pincang hingga tidak maksimal. Itulah sebabnya mesin mengalami bergetar.

5. Rem Bergetar

Kapan terakhir kali anda mengganti kampas rem? Hal ini ditandai dari gejala ketika menginjak rem mengalami bergetar.

Solusinya hanya 2 pilihan, yakni mengganti kampas rem baru atau mencari tukang bubut. Namun disarankan untuk mengganti baru saja sebab harga kamaps rem tidaklah terlalu mahal agar performa berkendara semakin nyaman digunakan.

6. Kipas Radiator

Pernahkan merasa panik ketika kipas radiator masih menyala padah mesin sudah dalam keadaan mati?

Hal ini bisa saja disebabkan oleh sensor ECT (Engine Coolant Temperature) yang sudah mengalami kerusakan. Ketika sensor rusak , ECU mengirimkan perintah ke kipas radiator untuk tetap menyala, kenapa? Karena dianggap oleh ECU coolent dalam kondisi terlalu panas jadi harus didinginkan.

Sekian ulasan mengenai masalah mobil Avanza yang sering dialami oleh pengguna. Semoga bermanfaat untuk anda..

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *