Posted by Intan Mobil Masalah dan Solusi Mobil

Kupas Tuntas 5 Masalah Mobil Innova Bensin yang Sering Dialami

Mobil Innova bensin merupakan salah satu jenis mobil yang paling banyak diminati oleh kalangan pengguna mobil. Produk andalah Toyota ini digemari bukan tanpa alasan, melainkan mobil tersebut terkenal lebih irit dibandingkan dengan sekelasnya. Tidak hanya itu saja, namun mesin mobil Innova pun terbilang lebih bandel meski pemakaian dan perawatan tidak sebanding bertegak lurus.

Namun segahar mobil apapun pastinya tidak luput dari permasalahan yang sering terjadi. Apakah masalah mobil Innova bensin dibawah ini juga sering anda alami? Jangan panik, simak ulasan selengkapnya berikut ini;

1. Hilang Tenaga

Penyebab yang pertama ialah mobil kerap mengalami hilang tenaga ketika sudah dipakai dalam beberapa waktu. Hilangnya tenaga ini dipicu oleh beberapa  faktor. Apa saja itu?

Filter Bensin

Faktornya dipicu oleh filter bensin sudah mengalami penumpukan kotoran. Mengapa bisa terjadi adanya kotoran dalam bensin? Ini jawabannya.

Kualitas bensin di Indonesia tidak berbending lurus dengan kualitas di luar negeri. Selain itu, mengingat mayoritas masyarakat pengguna kendaraan lebih senang mengkonsumsi bahan bakar oktan rendah dibandingkan dengan oktan tinggi. Hal ini tentu jelas mempengaruhi kinerja bahan bakar.

Semakin rendah oktan pada bahan bakar, maka kualitas tentu semakin kurang bagus sebab penyaringan bahan bakar tidak melalui beberapa proses ketat. Alhasil kotoran pada bensin masih menempel erat dan bermuaralah di filter bensin mobil.

Jika filter bensin sudah kotor, sebaiknya dilakukan pergantian dengan filter baru. Apakah boleh dibersihkan? Jawabannya boleh jika dalam kondisi darurat. Untuk pergantian filter bensin disarankan menggunakan part original agar kualitas terjamin.

Injektor Kotor

Hal ini disebabkan oleh filter udara yang sudah kotor, maka selang beberapa waktu komponen injektor menjadi kotor juga.

Dampaknya yakni pembakaran menjadi tidak sempurna hingga kehilangan tenaga.Solusinya tune up atau dibersihkan secara manual namun tetap lakukan dengan hati-hati.

Throttle Body Kotor

Faktor hilang tenaga juga disebabkan oleh throttle body yang sudah kotor, sebab ketika piranti terbuka sedikit maka udara yang masuk pun tidak banyak sehingga pembakaran menjadi tidak stabil.

2. Overheat

Setelah beberapa waktu pemakaian, mesin Innova bensin menjadi lebih panas hingga dapat memicu terjadinya peluang overheat. Gejalanya ialah timbul ngelitik atau knocking serta AC kurang dingin.

Gejala overheat tidak lain disebabkan oleh beberapa komponen diantaranya;

Radiator Mampet

part radiator mampet. Radiator yang mampet penyebabnya adalah penggunaan air biasa sebagai pengganti coolant hingga menimbulkan kerak kotoran yang mengendap. Endapan inilah menutup saluran radiator sehingga kinerja menjadi kurang maksimal. Tentu gejala ini sangat bahaya bila dibiarkan terus berlanjut.

Solusinya adalah anda dapat membuka selang radiator lalu bersihkan kotoran secara menyeluruh. Jangan lupa kuras air radiator lama anda. Setelahnya, isilah dengan menggunakan coolant.

 Viscofan

Jika di Innova diesel disebut dengan motorfan, nah lain halnya dengan innova bensin disebut dengan visco fan. Visco Fan Clutch Oil atau lebih akran disebut dengan visco fan merupakan kipas radiator yang menggunakan oli atau minyak untuk mengatur kekuatan kipas pada radiator.

Normalnya, kinerja visco fan tidaklah terlalu mencengkram ataupun terlalu loss. Jika putaran visco fan terlalu loss maka putaran kipas menjadi tidak tinggi. Sebaliknya, jika terlalu cengkram maka mesin menjadi meraung-raung atau timbul bising ketika digas.

Cara mengeceknya sangatlah mudah. Ketika kipas sudah dalam kondisi mati, cobalah untuk putar secara manual. Jika terlalu ringan saat diputar ataupun terlalu berat minimbulkan bunyi kencang, maka segeralah cek ke bengkel terdekat. Sebab kerusakan visco fan tidak terlihat secara kasat mata.

Radiator Bocor

Penyebab radiator mengalami kebocoran disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya tutup, packing, selang sudah rusak, dll. Bocornya pada radiator dipicu oleh tekanan yang berlebih karena saluran yang mampet. Mampetnya saluran dapat berimbas menjadi tekanan yang baik karena terhalang oleh kontimen kotoran.

Solusinya harus dilakukan perbaikan segera mungkin dan lakuka service menyeluruh pada bagian ini.

3. Brebet atau Pincang

Gejala ini paling banyak disebabkan oleh;

Koil Rusak

koil yang sudah rusak. Meskipun koil Innova Toyota memang cukup lama, namun inilah yang menjadi sebab si pengguna tidak turut melakukan perawatan jauh lebih lanjut sehingga imbasnya koil menjadi rusak. Koil rusak terjadi karena bocor atau tidak menembak api sama sekali.

Solusinya hanya mengganti koil dengan terbaru.

Baca Juga : Mencari Penyebab Innova Brebet dengan 5 Langkah Mudah

Busi Aus

Busi aus atau habis juga menjadi penyebab mobil pincang atau brebet. Solusinya hanya mengganti busi dengan terbaru.

4. AC Bermasalah

Tidak hanya mesin, namun permasalahan lainnya juga mengganggu pada sistem AC mobil. Apa saja yang turut menjadikan AC mobil Innova bensin ini bermasalah?

Angin Kecil

Indikasi gejala angin kecil disebabkan filter atau evaporator yang sudah mampet. Segeralah lakukan pembersihan bila memang indikasi ini anda rasakan.

AC Panas

Untuk indikasi ini, umumnya disebabkan oleh evaporator yang sudah mengalami keropos hingga dapat berimbas bocor. Evaporator yang bocor mengakibatkan freon menjadi keluar sehingga tidak heran bila tidak dingin bahkan panas.

Solusinya harus mengganti dengan part baru.

5. Sensor Mobil

Terakhir ialah sensor yang terdapat pada mesin. Apakah dua sensor ini sering anda alami?

Timing Belt

Umumnya, timing belt rutin dilakukan pergantian ketika mencapai 150 ribu kilometer. Anda akan mendapat reminder sppedometer mobil dengan lampu indikator t-belt. Ketika sudah diganti, notifikasi t-belt tersebut juga harus direset ulang.

MAF Sensor

Sensor ini paling sering dialami oleh pengguna Innova bensin. MAF sensor berfungsi menghitung air flow (angin) yang masuk. Ketika sensor mengalami kerusakan maka kinerja mesin menjadi brebet. Anda dapat mengetahui MAF sensor mengalami kerusakan ketika check engine menyala.

Solusinya mau tidak mau harus dilakukan pergantian. Namun anda harus merogoh kocek lebih dalam sebab sesor MAF terbilang lebih mahal.

Jangan lupa lakukan perawatan MAF sensor secara berkala setiap service rutin agar terhindari dari kerusakan sensor.

Itulah ulasan mengenai masalah mobil innova bensin yang sering dialami oleh penggunanya. Apakah mobil anda juga mengalami gejala diatas? Jangan ditunda-tunda, yuk segera lakukan perbaikan mobil anda.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *