Posted by Intan Mobil Masalah dan Solusi Mobil

Seputar 6 Masalah Mobil Innova Diesel, Kupas Tuntas Disini

Seputar 6 Masalah Mobil Innova Diesel, Kupas Tuntas Disini

Mobil Innova termasuk dalam jajaran produsen asal negeri sakura yakni Toyota. Mobil jenis ini termasuk mobil yang paling banyak diminati sebab sudah tidak ragu lagu soal mesin. Mesin Innova diesel terkenal cap badak karena tahan banting sehingga mudah rewel atau rusak.

Kelebihan produk asal Toyota yakni salah satunya BBM irit dan tidak mudah boros mengingat mesin sudah menggunakan teknologi Dual VVTI. Namun tentu saja hal tersebut harus diimbangi dengan perawatan berkala agar performa mesin tetap terjaga sehingga kegiatan berkendara menjadi nyaman.

Namun tidak jarang penggunanya kerap diliputi masalah mobil innova diesel. Apakah anda juga mengalami masalah dibawah ini? Berikut penjelasan selengkapnya hadir untuk anda.

1. Oli Mesin

Dalam halnya oli, jangan sembarang memilih terlebih tergiur harga murah. Bukan tanpa alasan, karena kinerja mesin sangat bergantung pada oli yang anda gunakan.

Untuk anda pengguna mobil lama, disarankan menggunakan oli kisaran kekentalan 15 w. Penggunaan 10 w pun juga tidak masalah, bahkan menggunakan 5w40 juga tidak menimbulkan gejala apapun sebab sudah common real.

Hindari menggunakan 5w30 sebab tingkat kekentalan oli sangat encer . Baiknya gunakan 10w40 untuk mobil diesel tahun 2007.

2.Transmisi Bising 

Transmisi pun juga dapat menimbulkan masalah yang sangat mengganggu bagi penggunanya. Sebab bunyi yang ditimbulkan dapat membuat pengguna tidak konsentrasi dalam berkendara.

Hal ini bisa disebabkan dari sinkronize yang sudah bermasalah dan didiamkan dalam waktu lama. Solusinya yakni melakukan pergantian part komponen baru.

Kuncinya ialah gaya anda dalam berkendara atau menyetir turut mempengaruhi transmisi, jadi jangan asal mainkan transmisi.

Baca Juga : Intip REMAP Innova Diesel Bikin Mobil Jadi Raja Jalanan

3. Suara Bising Ketika ON

Permasalahan lainnya timbul dari suara mesin ketika baru saja dinyalakan. Hal ini cukup menganggu bagi penggunanya.

Bunyi bisa disebabakan dari modul ABS untuk memastikan apakah kinerja mesin baik-baik saja atau sebaliknya. Jika sedang bermasalah, maka lampu engine akan menyala.

4. Timbul Asap Putih dari Selang Saluran Udara

Untuk gejala ini, sebenarnya adalah hal wajar. Namun jika banyak asap yang keluar, maka terdapat masalah pada pcv valve, oli, serta coolant. Jika komponen tersebut dalam keadaan bagus, asap tetap akan keluar namun tidaklah banyak

Cobalah untuk mengecek pcv valve yang berada di belakang selang apakah terdapat tumpukan kotoran. Sebaiknya bersihkan dengan carburator celaner. Setelah selesai dibersihkan, silahkan pasang lagi dengan hati-hati jangan sampai pecah.

Timbulnya asap putih juga disebabkan oleh penguapan pada jenis oli yang digunakan.  Demikian juga dengan air radiator. Jika coolant yang dipakai sudah menurun kualitasnya, maka tingkat penguapan semakin tinggi dan mesin menjadi lebih panas dan timbul asap.

5. Bunyi Gesekan Besi Setelah Mengganti DownPipe

Permasalahan lainnya yang kerap muncul yakni muncul bunyi bising seperti gesekan besi ketika berada di rpm 3500.

Hal ini perlu mengecek kembali downpipe. Bisa saja Downpipe sedang dalam tidak keadaan wajar, atau istilah lainnya “nyangkut/ngganjel”. Cobalah untuk kembali melakukan pengecekan downpipe ditempat anda memasang part tersebut.

6. Visco Fan Bunyi Bising

Mobil yang sudah diatas 100.000km pasti menimbulkan gejala pada part mesin, salah satunya visco fan. Baik bunyi kecil hingga keras sangat disarankan untuk melakukan servis visco fan. Jangan lupa radiator juga perlu untuk ditinjau servis, dan tak terlepas dari pemilihan coolant yang bagus.

Penjelasan lengkap lainnya simak dibawah ini

Selesai sudah ulasan mengenai masalah mobil innova diesel. Yuk berikan perwatan terbaik untuk mobil innova diesel anda agar masalah dapat terhindari sejak dini.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button