Posted by Aditya Dokter Mobil Uncategorized

Cara Memperbaiki AC Mobil Yang Tidak Dingin Secara Mandiri

memperbaiki AC mobil yang tidak dingin

Setiap pemilik kendaraan wajib memperbaiki AC mobil yang tidak dingin di siang hari. Sebab, jika Anda tidak menservice AC mobil tidak dingin di siang hari ini menjadi salah satu pertanda bahwa kendaraan Anda tengah mengalami masalah parah di bagian komponen pendingin.

Akan tetapi, komponen pendingin tetap dapat digunakan secara normal di malam hari. Maka tak heran bila Anda wajib melakukan langkah-langkah perbaikan agar AC mobil dapat digunakan secara normal, baik di siang maupun malam hari. Untuk mengetahui kerusakan pada komponen pendingin mobil lebih lanjut, silahkan datang ke cabang Dokter Mobil terdekat guna tune up kendaraan tanpa bongkar komponen.

Daftar Kerusakan AC Mobil yang Dapat Diperbaiki Secara Mandiri

Memang, kerusakan AC mobil ini harus dikerjakan oleh montir dan teknisi berpengalaman. Sebab, memperbaiki kerusakan pada komponen AC mobil secara mandiri dirumah akan menyebabkan kerusakan berbahaya lainnya. Salah satunya adalah menservice AC mobil tidak dingin di siang hari secara mandiri ini tidak diperbolehkan. Sebab, perlu tindakan tune up terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab kerusakannya.

Selain itu, Anda harus memiliki keahlian bongkar AC mobil untuk dapat menentukan tindakan solutif terkait masalah tersebut. Maka dari itu, ini dia daftar kerusakan komponen pendingin mobil yang dapat diperbaiki secara mandiri dirumah. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :


  1. AC Mobil Mengeluarkan Suara Mendecit

Apabila mobil Anda mengeluarkan bunyi mendecit ketika menghidupkan AC, maka hal tersebut disebabkan karena fan belt mobil putus atau kendor. Sehingga, pulley mobil bekerja secara ekstra.

Akibatnya, mobil Anda mengeluarkan bunyi mendecit cukup kencang. Untuk mengatasinya, Anda wajib mengganti fan belt mobil lama dengan yang baru. Pastikan Anda menggunakan fan belt original atau asli pabrikan dari merk mobil yang digunakan.


  1. Memperbaiki AC Mobil yang Tidak Dingin di Siang Hari

Pemilik kendaraan juga wajib tahu bagaimana langkah-langkah untuk menservice AC mobil tidak dingin di siang hari secara mandiri dirumah. Sebab, kerusakan tersebut memang dapat diperbaiki secara mandiri dirumah.

Asalkan Anda tahu penyebabnya. Umumnya AC mobil tidak dingin di siang hari ini disebabkan karena extra fan mati atau saringan filter mobil tidak dapat menyaring udara lebih banyak. Akibatnya, proses kondensasi di komponen kondensor tidak dapat berjalan sempurna

Maka dari itu, pemilik kendaraan yang memiliki keahlian di bidang service mobil dapat mengganti extra fan mobil atau membersihkan saringan filter mobil sebagai salah satu cara memperbaiki AC mobil yang tidak dingin di siang hari.


  1. AC Mobil Belakang Mati

AC mobil belakang mati menjadi jenis kerusakan komponen pendingin yang dapat diperbaiki secara mandiri dirumah. Kendala ini biasanya dialami oleh pemilik kendaraan yang menggunakan AC double blower. Umumnya, AC mobil belakang mati disebabkan karena putusnya sambungan blower di bagian belakang.

Selain itu, kerusakan pada komponen resistor juga menjadi penyebab AC mobil bagian belakang mati total. Akibatnya, kabin bagian tengah hingga belakang menjadi kurang dingin.

Untuk cara memperbaiki AC mobil tidak dingin di bagian kabin belakang, maka Anda harus segera bongkar area double blower mobil untuk mengetahui sambungan yang terputus. Selain itu, segera ganti resistor lama dengan resistor yang baru agar AC mobil belakang dapat normal kembali.

baca juga : Daftar Komponen Mobil Avanza yang Wajib Diberi Perawatan Secara Berkala

Pentingnya Peran Bengkel Spesialis AC Mobil untuk Mengatasi Masalah Komponen Pendingin

Salah satu resiko melakukan service AC mobil secara mandiri dirumah adalah rusaknya komponen secara permanen. Sebab, seseorang yang tidak memiliki basic kemampuan service AC mobil justru kerap melakukan kesalahan fatal.

Sehingga, menimbulkan kecacatan permanen pada komponen tersebut. Alhasil, biaya kerusakan komponen secara permanen tentu lebih mahal. Maka dari itu, segera bawa mobil ke bengkel terpercaya seperti Dokter Mobil untuk meminimalisir kerusakan para komponen AC mobil.

Dokter Mobil merupakan salah satu bengkel terpercaya yang menerima service dan perawatan AC mobil tanpa perlu bongkar mesin mobil. Sebab, semua kerusakan akan dicek menggunakan peralatan digital. Bahkan, alat untuk memperbaiki AC mobil ini cukup canggih.

Sehingga, kerusakan apapun dapat diperbaiki segera. Maka dari itu, jika Anda mencari rekomendasi bengkel untuk memperbaiki AC mobil yang tidak dingin, maka segera hubungi Dokter Mobil cabang terdekat.

 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *