Posted by Aditya Dokter Mobil Uncategorized

Cara Memperbaiki AC Mobil Sesuai Penyebab Kerusakannya

memperbaiki AC mobil

Sebagai pemilik kendaraan, kerusakan AC mobil mengurangi kenyamanan berkendara. Maka, Anda wajib tahu bagaimana cara memperbaiki AC mobil yang mengalami kerusakan. Akibatnya, kenyamanan dalam berkendara akan terganggu karena AC mobil bermasalah yang menyebabkan kabin mobil terasa panas. Apabila tidak segera ditangani, maka dapat membuat menurunkan konsentrasi dalam berkendara.

Memang, memperbaiki komponen AC mobil ini lebih disarankan untuk langsung ke bengkel spesialis. Hanya saja, di musim pandemi corona ini menyebabkan banyak bengkel mobil tutup.

Sehingga, Anda dituntut untuk memperbaiki kerusakan pada komponen AC mobil secara mandiri. Namun,  Anda wajib tahu bagaimana cara memperbaiki kerusakannya. Sebelum melakukan langkah perbaikan, maka ketahui terlebih dahulu penyebab-penyebab kerusakan pada komponen AC mobil.

Penyebab Kerusakan pada Komponen AC Mobil

kerusakan AC mobil ini disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari penggunaan yang tidak wajar, faktor human error, dan usia penggunaan komponen. Oleh sebab itu, ini dia beberapa penyebab komponen AC mobil rusak. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Kehabisan Gas Freon

Apabila suhu AC mobil kurang dingin, maka periksa kadar gas freon mobil Anda. Apabila gas freon habis, maka kompresor tidak dapat menghasilkan suhu dingin untuk didistribusikan hingga ke blower AC mobil. Akibatnya, kabin mobil akan terasa panas karena AC mobil tidak menghasilkan suhu dingin.


  1. Melemahnya Fungsi Extra Fan

Jika udara AC mobil hanya keluar sedikit, maka hal tersebut bisa saja disebabkan karena melemahnya fungsi extra fan. Melemahnya komponen extra fan ini menyebabkan kondensor tidak dapat mengolah cairan freon dari kompresor.

Akibatnya, cairan dari kondensor tidak diolah secara sempurna. Sehingga, suhu dingin yang dihasilkan tidak terlalu maksimal. Untuk memperbaiki AC mobil dengan kendala seperti ini, maka Anda hanya perlu mengganti extra fan lama dengan yang baru.

  1. Kompresor AC Mobil Bocor

Kompresor AC mobil yang mengalami kebocoran menjadi salah satu masalah yang cukup berat. Kebocoran pada kompresor ini disebabkan kerusakan AC mobil karena adanya gesekan dengan komponen lainnya. Sehingga, kerusakan tersebut menimbulkan bunyi yang cukup mengganggu dan suhu AC yang dihasilkan tidak terlalu dingin.

  1. Kerusakan pada Komponen Magnetic Clutch

Ketika AC mobil hanya mengeluarkan suhu panas saja, maka silahkan cek bagian magnetic clutch mobil Anda. Bisa saja komponen tersebut mengalami aus, berkarat, atau bahkan pecah.

Sehingga, AC mobil hanya mengeluarkan udara panas disertai dengan munculnya suara-suara bising dari dalam blower AC mobil. Apabila tidak ditangani segera, maka kerusakan komponen AC mobil akan semakin parah.

baca juga : Pentingnya Carbon Cleaner Mobil Beserta Tips Memilihnya

Tips Memperbaiki AC Mobil Secara Mandiri Dirumah

Untuk mengatasi masalah kerusakan AC mobil secara mandiri dirumah, maka pemilik kendaraan wajib tahu tentang dunia otomotif. Untuk melakukan langkah servis AC mobil yang bermasalah, maka ketahui terlebih dahulu penyebab kerusakannya. Anda dapat melakukan tune up AC mobil untuk mengetahui penyebab kerusakan secara akurat.

Apabila tidak memiliki alat untuk melakukan tune up AC mobil, maka kenali kerusakannya dengan melakukan analisa sederhana agar Anda tahu ciri-ciri kerusakan pada komponen AC mobil.

Setelah itu, Anda dapat melakukan langkah servis sesuai dengan penyebab kerusakan. Selain itu, Anda juga wajib memiliki peralatan standar bengkel. Sebab, peralatan tersebut digunakan untuk membongkar mobil guna memperbaiki bagian AC.

Bagi Anda yang tidak memiliki peralatan standar bengkel, maka ada baiknya untuk tidak memperbaiki kerusakan AC mobil secara mandiri. Anda disarankan untuk membawa mobil ke bengkel spesialis. Sebab, bengkel spesialis ini mampu dan sanggup memperbaiki AC Mobil yang mengalami kerusakan.

Untuk itu, segera bawa mobil Anda ke Dokter Mobil cabang terdekat untuk memperbaiki kerusakan pada komponen AC mobil. Sebab, Dokter Mobil merupakan rekomendasi bengkel spesialis tune up dan servis komponen AC mobil tanpa bongkar. Disini, Anda dapat melihat langsung cara kerja dari tim Dokter Mobil bekerja untuk memperbaiki komponen AC mobil.

Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi dengan tim kami untuk mendapatkan tips agar komponen AC mobil tidak rusak kembali. Maka dari itu, segera kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat apabila Anda ingin melakukan perbaikan AC mobil yang mengalami kerusakan.

 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *