Posted by imam developer AC, Masalah AC Mobil Tidak Dingin, Masalah dan Solusi Mobil, masalah mobil, solusi, tips

Mengapa AC Mobil Keluar Air?

bocornya kondensor AC mobil

Apabila AC mobil keluar air di bagian ventilasi, maka jangan pernah anggap remeh masalah tersebut. Sebab, keluarnya air dari ventilasi AC mobil ini menjadi salah satu ciri kerusakan parah. Jika dibiarkan tanpa adanya tindakan solutif, maka dapat dipastikan jika komponen AC mobil akan mengalami kerusakan secara permanen.

Untuk menghindari kerusakan pada bagian komponen AC mobil secara permanen, maka Anda wajib tahu hal-hal yang menyebabkan keluarnya air dari bagian ventilasi. Setelah mengetahui penyebab kerusakannya, maka pemilik kendaraan dapat mencari tahu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Ini Dia Penyebab AC Mobil Keluar Air di Bagian Ventilasi

Terkadang, beberapa pemilik kendaraan tidak mengetahui bahwa AC mobil mengeluarkan tetesan air dari bagian ventilasi. Tercatat, ada 3 hal yang menyebabkan keluarnya air dari ventilasi AC mobil. Maka dari itu, ini dia 3 hal yang menjadi penyebab utama dari keluarnya air pada ventilasi blower AC mobil. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Intensitas Penggunaan AC Mobil

Apabila Anda sering berkendara dalam jangka waktu cukup lama dengan menyalakan AC mobil, maka hal tersebut menjadi salah satu penyebab munculnya air di bagian ventilasi.

Intensitas penggunaan AC mobil berlebih ini dapat menyebabkan air keluar dari bagian ventilasi. Sebab, komponen AC mobil dipaksa bekerja ekstra untuk memproduksi dan menyalurkan suhu dingin ke kabin mobil.

Kerusakan di Bagian Evaporator

Kerusakan di bagian evaporator menjadi salah satu penyebab AC mobil keluar air di bagian ventilasi. Evaporator merupakan komponen AC mobil yang berguna untuk menampung suhu dingin yang telah diproduksi dari kompresor hingga expansion valve.

Apabila evaporator rusak, maka suhu dingin AC mobil akan berubah menjadi tetesan air yang kemudian masuk ke sela-sela ventilasi mobil Anda. Oleh sebab itu, Anda disarankan segera membawa kendaraan ke bengkel spesialis AC mobil untuk mengatasi kerusakan tersebut.

Tersumbatnya Saluran Drain Hose

Dan penyebab terakhir dari keluarnya air dari ventilasi AC mobil ini karena tersumbatnya saluran drain hose atau saluran pembuangan. Saluran pembuangan ini bisa saja tersumbat oleh kotoran yang terbawa oleh suhu dingin AC mobil. Akibat tersumbatnya saluran drain hose ini, maka air hasil pengolahan AC mobil tidak dapat terbuang secara sempurna.

Sehingga, air tersebut akan menggenang di bagian ventilasi mobil Anda. Apabila masalah muncul nya tetesan air di bagian ventilasi tidak segera diatasi, dapat dipastikan jika hal tersebut dapat merusak komponen AC mobil.

Mengatasi Kerusakan AC Mobil yang Mengeluarkan Air

Untuk mengatasi keluarnya air di bagian ventilasi mobil akibat kerusakan komponen AC, maka ada beberapa cara untuk mengatasinya. Cara pertama, jangan menggunakan AC mobil untuk beberapa saat. Bisa saja kerusakan pada komponen AC yang mengeluarkan air ini disebabkan intensitas penggunaan.

Cara kedua, segera lakukan pembongkaran di bagian komponen AC mobil. Kemudian cek bagian evaporator mobil Anda. Apabila komponen evaporator terlalu kotor, maka segera membersihkan komponen tersebut menggunakan cairan pembersih khusus untuk AC mobil.

Cara ketiga, cek pula bagian saluran kondensasi. Apabila saluran tersebut tersumbat karena adanya debu dan kotoran, maka segera lakukan pembersihan. Silahkan membersihkan saluran tersebut dari debu dan kotoran.

Jika saluran tersebut mengalami kerusakan, maka Anda wajib melakukan penggantian komponen. Apabila Anda tidak memiliki keahlian bongkar AC mobil, maka disarankan untuk ke bengkel Dokter Mobil untuk melakukan service akibat AC mobil keluar air.

baca juga : Kisaran Harga Oli Mobil Xenia Transmisi Manual dan Matic

 inilah Alasan Dokter Mobil Sebagai Bengkel Service Kerusakan AC Kendaraan

Ada beberapa alasan mengapa Anda disarankan untuk memilih Dokter mobil sebagai bengkel service kendaraan yang mengalami kerusakan di bagian komponen AC, terutama untuk masalah AC mobil yang mengeluarkan air.

Disini, kami melayani konsumen dengan sepenuh hati. Untuk mengetahui kerusakan yang menyebabkan AC mobil keluar air, maka kami akan melakukan tune up terlebih dahulu. Proses tune up ini cukup cepat dan mudah. Sebab, kami menggunakan tune up secara digital. Jadi, semua kerusakan dapat diketahui tanpa membongkar bagian AC mobil.

Setelah itu, kami akan melakukan langkah service yang dibutuhkan sesuai dengan penyebab kerusakannya. Jadi tunggu apalagi, segera hubungi admin Dokter Mobil cabang terdekat untuk reservasi atau langsung saja ke cabang terdekat agar kerusakan AC mobil keluar air dapat segera diatasi.

 

Tags:

About Author