fbpx
 
Posted by Mekanik Juan AC

Cara Mengatasi Gerah Akibat Blower AC Mobil Kurang Kencang

Biasanya blower AC mobil kurang kencang adalah pertanda adanya masalah pada spare part. Jika dibiarkan, kerusakan bisa makin parah dan serius. Part-part lain di mobil bisa ikut mengalami kerusakan.

Untuk menghindari kerusakan yang lebih parah, perbaikan perlu segera dilakukan. Namun untuk hasil perbaikan maksimal, seluruh penyebab munculnya masalah ini perlu dicari dan diantisipasi.

Penyebab Hembusan Blower AC Mobil Kurang Kencang

Banyak pemilik mobil yang walaupun sudah service berulang-ulang kali, ternyata kembali mengalami masalah yang sama. Biasanya hal ini terjadi karena ternyata service yang dilakukan tidak menyentuh penyebab masalah.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi penyebab masalah ini. Dengan demikian, lebih mudah menentukan solusi terbaik apa yang bisa dilakukan. Adapun beberapa penyebab blower AC mobil kurang kencang di antaranya adalah:

  1. Evaporator Mobil Kotor

    Kotornya evaporator menjadi salah satu penyebab utama blower AC mobil kurang kencang atau lemah. Ketika evaporator kotor, aliran udara dan aliran freon menjadi lemah. Hal ini menyebabkan udara yang dihembuskan blower menjadi kurang kencang. Pada beberapa kasus, hembusan blower masih kencang namun tidak dingin dan hanya terasa angin saja.

    SOLUSI
    Untuk mengatasi masalah ini, pembersihan atau cuci evaporator wajib dilakukan. Namun jika lendir sudah mengeras ataupun sudah menyebabkan karat, penggantian evaporator menjadi hal yang wajib dilakukan.

    Lihat Juga: Cara Mudah Membersihkan Sendiri Evaporator AC Mobil

  2. Beku pada Saluran AC Mobil

    Terlalu Sering Frosting Berbahaya Bagi Mobil Karena Dapat Menyebabkan Beban pada Part Lainnya

    Pembekuan bisa saja terjadi. Baik freon membeku, maupun air hasil pengembunan yang kemudian membeku. Es hasil pembekuan ini bisa menyebabkan sumbatan pada saluran AC mobil. Khususnya pada evaporator. Pembekuan inipun menyebabkan udara yang dihembuskan blower terasa kurang kencang.

    SOLUSI
    Pada kasus frosting atau pembekuan ini, bisa diselesaikan dengan penggunaan cairan freon yang berkualitas lebih baik. Selain itu, perawatan berkala AC mobil bisa mencegah dan mengatasi terjadinya frosting di saluran AC mobil.

  3. Kerusakan pada Part Blower AC Mobil

    Hembusan Kurang Terjadi Seringkali Karena Blowernya Memang Sudah Bermasalah ataupun Kotor
    Kerusakan blower bisa jadi sumber masalah. Biasanya terjadi karena faktor usia spare part. Namun masalah seperti kelistirkan mobil yang kurang stabil juga bisa menjadi sumber masalah. Selain itu, kotoran di sekitar blower juga bisa jadi penghalang.

    SOLUSI
    Blower AC mobil yang rusak sebaiknya diganti dengan part baru. Namun sangat diwajibkan untuk mencari tahu apa yang menjadi penyebab kerusakan blower. Apakah karena usia spare part, terjadi keausan, atau sebab-sebab lainnya.

  4. Kompresor AC Mobil Bermasalah

    Masalah pada Kompresor AC Seringkali Bukan Hanya Soal Kerusakan Namun Juga Masalah Oli Kompresor dan Faktor Lainnya
    Hal lain yang kerap jadi masalah adalah adanya kerusakan pada kompresor AC mobil. Hal tersebut menyebabkan dorongan hembusan angin terasa kurang. Biasanya hal ini ditandai dengan adanya gejala AC mobil terasa tidak dingin walaupun sudah ada hembusan angin.

    SOLUSI
    Untuk masalah pada kompresor, pengecheckan kondisi kompresor wajib dilakukan. Entah itu tekanan atasnya, maupun tekanan bawahnya. Selain itu flushing perlu dilakukan untuk membantu mengembalikan kondisi kompressor AC kembali seperti baru.

  5. Kipas Radiator Dipasang Terbalik

    Kipas Radiator Mempengaruhi Performa AC Mobil dan Dapat Menyebabkan Hembusan Blower Menjadi Lebih Lemah
    Kipas radiator kerap terpasang terbalik. Hal ini kerap terjadi ketika terjadi bongkar di bengkel dengan mekanik yang kurang berkompeten. Akibatnya, kinerja AC mobil berkurang dan menyebabkan hembusan dari blower menjadi lebih lemah. Oleh sebab itu, jika setelah service muncul masalah-masalah baru, sebaiknya segera lakukan komplain.

    SOLUSI
    Kipas yang dipasang terbalik cukup dikembalikan ke kondisi yang seharusnya. Walaupun harus kembali melakukan bongkar, namun cara tersebut merupakan satu-satunya cari paling efektif dan paling mudah dilakukan..

Selain kelima penyebab hembusan blower terasa lemah di atas, masih ada beberapa hal lain lagi yang menyebabkan munculnya masalah ini. Oleh sebab itu, pengecheckan menyeluruh oleh teknisi profesional sebaiknya dilakukan.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab blower AC mobil kurang kencang atau lemah. Dan solusi-solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kita semua. Dan jika ada hal yang dirasa mengganjal atau hendak ditanyakan, silahkan mengirimkannya melalui kolom komentar di bawah ini. Atau dengan menchat kami dengan mengklik tombol di kanan bawah.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *