Posted by Mekanik Juan Uncategorized

Mengatasi Masalah AC Mobil Mendadak Tidak Dingin

Service AC Mobil Mendadak Tidak Dingin

Adanya masalah pada kompresor dapat menyebabkan masalah AC mobil mendadak tidak dingin dan mati. Namun kerusakan lain pada spare part mobil anda juga dapat menyebabkan munculnya masalah ini. Bagaimana solusinya?

Ada banyak sekali masalah yang berhubungan dengan AC mobil. Namun pada dasarnya, masalah pada AC mobil hanya terbagi menjadi 4 yaitu :

  • Ac mobil tidak dingin
  • Ac mobil bau
  • Ac mobil berisik
  • Ac mobil tidak bisa atau sulit dihidupkan

Untuk AC mobil tidak dingin sendiri, ada berbagai macam jenis masalah yang seringkali ditemukan, seperti AC mobil tidak dingin saat macet, pada siang hari, saat berjalan pelan, ataupun AC mobil mendadak tidak dingin setelah beberapa menit. Solusi dari masalah ini sendiri cukup beragam, namun pada umumnya berkisar pada :

  • Perbaikan kompresor ataupun spare part AC
  • Penggantian kompresor ataupun spare part AC
  • Perbaikan sebagian spare part AC dan penggantian sebagian spare part AC
  • Isi ulang freon AC mobil
  • Ganti oli kompresor AC mobil

Bagaimana dengan anda sendiri? Bagaimana cara anda mengatasi masalah AC mobil mendadak tidak dingin?

Penyebab AC Mobil Mendadak Tidak Dingin

Masalah AC mobil mendadak tidak dingin disebabkan oleh banyak faktor. Perlu pengecheckan secara mendalam untuk mencari tahu penyebab masalah ini. Namun beberapa penyebab yang menjadi alasan munculnya masalah AC umumnya disebabkan hal-hal seperti :

Terjadi kebocoran/retak yang menyebabkan habisnya freon

Umumnya terjadi karena adanya tekanan yang berlebihan pada kompresor AC di saat kondensor sudah keropos ataupun sudah retak.Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mencari spare part yang rusak atau bocor dan menggantinya dengan yang baru. Tidak lupa mengisi ulang freon AC mobil dengan volume yang sesuai.

Putusnya Fan Belt

Fan belt merupakan penghubung antara putaran pada mesin dengan kompresor AC mobil. Saat fan belt putus, kompresor AC mobil akan tetap menyala namun tidak berputar/tidak bekerja. Akibatnya kompresor AC mobil tidak akan bekerja memompa freon AC.Putusnya fan belt ini akan menyebabkan freon AC tidak tersalurkan dan menyebabkan hawa yang dikeluarkan tidak membawa hawa dingin.Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengganti fan belt yang putus dengan fan belt baru yang memiliki kualitas yang lebih baik.

Masalah pada Magnetic Clutch

Seperti halnya fan belt, rusaknya magnetic clutch dapat menyebabkan putara pada kompresor AC mobil menjadi bermasalah. Akibatnya adalah kompresor AC tidak dapat memompa freon untuk menghasilkan hawa dingin.Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengganti magnetic clutch.

Hilangnya kualitas freon AC mobil

Freon AC dapat berkurang atau hilang kualitasnya disebabkan masalah-masalah seperti :
a. Menerima panas berlebih dari knalpot ataupun panas mesin
b. Terkontaminasi zat-zat tertentu
c. Berkurangnya jumlah atau volume freon AC mobil

Untuk mengatasi masalah ini, cara paling umum yang dilakukan adalah dengan melakukan penggantian atau isi ulang freon AC mobil. Namun perlu diperhatikan untuk mengatasi penyebab hilangnya kualitas freon AC mobil tersebut.Beberapa cara mengatasi penyebab hilangnya kualitas freon tersebut adalah :
– mencari letak kebocoran
– melapisi saluran freon AC mobil dengan plastik lapisan

Bagaimana Pencegahan yang Baik?

Setelah mengetahui penyebab AC mobil mendadak tidak dingin, sangat penting menjaga dan merawat AC mobil agar tidak sampai mengalami masalah tersebut. Beberapa tindakan yang dapat membantu mencegah munculnya masalah tersebut adalah :

1.Tidak Merokok di Dalam Mobil

Asap rokok tidak hanya menyebabkan AC mobil menjadi bau, namun juga menyebabkan kebocoran pada kompresor AC mobil.Asap rokok yang masuk ke dalam saluran kompresor dapat mengendap dan menjadi asam yang bersifat korosif dan menyebabkan kompresor AC menjadi berkarat dan retak. Akibatnya, kompresor AC dapat jebol dan menyebkan AC mobil mendadak tidak dingin.

2. Makan dan Minum di Dalam Mobil

Seperti halnya merokok di dalam mobil, makan dan minum di dalam mobil juga dapat meyebabkan jebolnya kompresor dan kondensor AC mobil. Jikalaupun terpaksa untuk makan dan minum di dalam mobil, pastikanlah remah dan cairan minuman tidak sampai masuk ke dalam saluran AC. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan di anda makan dan minum di dalam mobil.

3. Melakukan Perawatan Berkala pada AC Mobil

Dengan melakukan perawatan berkala pada AC mobil, anda dapat setidaknya menjaga usia AC selama lebih dari 2 tahun. Selain itu, melakukan perawatan berkala dapat menjadikan anda tahu kondisi mesin kompresor dan terutama kondisi fan belt serta magnetic clutch.Fan belt dan magnetic clutch yang sudah berumur dan memiliki tanda-tanda dapat rusak setiap saat sudah sebaiknya diganti dengan yang baru. Hal ini sangat penting agar kerusakan pada dua spare part ini tidak terjadi saat anda sedang mengemudikan mobil.

Nah, itulah ulasan terkait Mengatasi Masalah AC Mobil Mendadak Tidak Dingin. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil yang menyediakan jasa service AC secara profesional, jujur, cepat, dan dengan hasil terbaik.

Dokter Mobil memiliki berbagai kelebihan jika dibandingkan bengkel AC lainnya, di antaranya :

  • Service AC mobil tanpa bongkar
    Dengan service tanpa bongkar, service AC mobil di Dokter Mobil dapat dilakukan dengan cepat dan hanya memakan waktu kurang dari 1 jam.Bandingkan dengan service AC lainnya yang memerlukan proses bongkar pasang dengan estimasi proses pengerjaan paling cepat memakan waktu 8 jam?
  • Pengerjaan yang Jujur
    Dokter Mobil melakukan service AC mobil berdasarkan dengan data. Sebagai contoh, jika AC mobil mengalami kebocoran, Dokter Mobil akan memberikan data di mana saja letak kebocorannya dan tindakan apa yang sebaiknya dilakukan.

Jika anda ingin mendapatkan informasi atau artikel lebih lanjut mengenai masalah AC mobil anda. Silahkan hubungi Dokter Mobil.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *