fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Grand Livina Pincang

Masalah mobil grand Livina pincang bisa dialami oleh siapapun. Terutama jika anda jarang melakukan perawatan rutin. Lantas apa solusi mengatasinya? Dan tentunya, bagaimana cara mencegah munculnya masalah ini?

Pada kesempatan kali ini, Dokter Mobil akan menjelaskannya secara lengkap dan gamblang. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Penyebab Mesin Mobil Grand Livina Pincang

Kebanyakan pemilik mobil tampaknya sudah pasrah dengan masalah pincang di mobil Grand Livina. Ya, masalah ini sering muncul terutama saat stasioner, brebet ketika berakselerasi, maupun masalah ndut-ndutan saat jalan.

Solusi masalah ini sangat bergantung pada penyebab masalah. Beda penyebab, beda juga solusi yang bisa diambil. Adapun penyebab masalah ini dibagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu:

  1. Sistem Bahan Bakar Bermasalah

    Hal paling sering yang terjadi adalah karena bahan bakar tercampur dengan air, atau dengan zat lainnya. Misalnya karena anda mencampur bahan bakar dengan cairan lain (yang mengklaim bisa menjadikan mobil lebih bertenaga dan irit BBM).

    Selain itu masalah pada bahan bakar juga terjadi karena Livina mengalami pembakaran yang tidak sempurna. Misalnya karena menggunakan bahan bakar dengan RON rendah (di bawah 91).

    Ada juga kasus di mana masalah pincang terjadi karena sistem katup bahan bakar tidak terseting dengan benar. Jika ini masalahnya, solusinya sangat mudah. Cukup dengan melakukan seting katup pada saluran pembakaran.

  2. Sistem Kompresi Bermasalah

    Kebocoran pada sistem kompresi menyebabkan terjadinya masalah pembakaran yang tidak sempurna. Hal ini menyebabkan gejala seperti mesin mobil Livina mengalami masalah pincang atau brebet.

    Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kebocoran pada kompresi Livina. Namun kebanyakan kebocoran ini terjadi karena mobil mengalami overheat. Oleh sebab itu, menggunakan air coolant berkualitas adalah salah satu langkah terbaik untuk mencegah munculnya faktor penyebab mesin grand livina pincang ini.

  3. Sistem Pengapian Bermasalah

    Penyebab masalah pincang selanjutnya adalah adanya cacat di sistem pengapian. Di sistem ini, komponen yang paling sering bermasalah adalah koil dan busi. Kedua komponen ini jika sudah tidak berfungsi dengan semestinya akan menyebabkan kepincangan pada mesin mobil.

    Untuk mengatasi masalah ini, cara termudah adalah dengan melakukan penggantian busi dan koil. Namun tentunya harus dilakukan pengetestan apakah setelah penggantian komponen masalah sudah beres. Atau muncul masalah lainnya.

Demikianlah beberapa penyebab mobil grand Livina pincang serta cara mengatasinya. Semoga menja panduan terbaik untuk mengatasi masalah yang sedang anda hadapi. Senang rasanya jika Dokter Mobil menjadi solusi untuk masalah anda.

Tags: , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *